IN.GAME, Event Keren dari Developer Game Indonesia untuk Sambut Hari Kemerdekaan!

IN.GAME

Developer game indie dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul di Yogyakarta selama empat hari penuh dalam IN.GAME untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia!

Agenda para developer game Indonesia tahun ini dipastikan akan semakin padat. Selain event terbesar Game Developers Gathering (GDG) 2015 yang akan diadakan di empat kota di Jawa, satu lagi event untuk para developer game Indonesia siap digelar. Bertajuk IN.GAME alias Indonesia Indie Game Festival, event ini siap digelar untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2015 mendatang. IN.GAME rencananya akan digelar selama empat hari, mulai tanggal 13 Agustus hingga 16 Agustus 2015 yang akan datang di Jogja Digital Valley (JDV), Jl. Kartini No.7 Sagan – Yogyakarta.

Event ini pertama kali dicetuskan oleh Komunitas Game Developer Yogyakarta atau yang dikenal dengan GameLan, salah satu komunitas developer game di Indonesia yang dikenal sangat aktif dalam menyelenggarakan dan “mengompori” terselenggaranya event-event di Indonesia. Lantas, ide dari GameLan ini pun mendapatkan dukungan dari komunitas developer di regional lain seperti Game Developer Arek Suroboyo (Surabaya), Game Developer Semarang, Game Developer Bandung, Game Developer Malang dan Game Developer Bali.

IN.GAME

Mungkin kamu penasaran, seperti apa sih format acara dalam IN.GAME ini? IN.GAME adalah event berkumpulnya game developer independen Indonesia baik digital maupun non digital dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Tujuan dari IN.GAME adalah sebagai wadah untuk unjuk karya, networking, dan berbagi ilmu antar developer game indie di Indonesia. Format acaranya sendiri secara garis besar terbagi menjadi dua, hari pertama merupakan Expo alias pameran game dimana developer bisa menunjukkan karyanya kepada masyarakat dan tiga hari selanjutnya adalah Game Jam, yaitu event membuat game secara bersama-sama selama 48 jam penuh.

“Ini acaranya kan deket 17-an, semangat utamanya merayakan kemerdekaan dengan berkarya, unjuk karya dan kolaborasi. Kayaknya itu yang bisa bawa industri ini semakin maju,” ungkap Frida Dwi atau yang akrab disapa dengan Ube, salah satu “pentolan” komunitas GameLan saat ditanyai latar belakang diselenggarakannya acara ini. “Kalau soal indie-nya, kita pengen nyebar semangat kreator, semangat berkarya, semangat menciptakan hal-hal yang baru, yang sesuai sama keinginan kita, karena itu adalah nafas dari industri kreatif. Karena itu kita pengen ngumpulin game developer lintas daerah selama empat hari. Harapannya sih banyak ide kreatif yg bisa dikolaborasikan selama empat hari itu atau malah setelah event berakhir,” tambahnya.

IN.GAME

Ketika ditanya mengenai persiapannya, Ube juga mengungkapkan saat ini mereka sudah mengamankan tanggal dan lokasi acaranya. Kamu bisa memantau terus perkembangan dari IN.GAME di Duniaku atau kunjungi dan Like Fanpage Facebook resminya.


SHARE
Previous articleIni Dia Studio yang Lolos Seleksi Startup Clinic dan Showcase GDG 2015 Surabaya!
Next articleBloodstained: Ritual of the Night, Cukup Sehari Untuk Koji Igarashi Membobol Kickstarter!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.