Kehadiran tokoh yang satu ini memang fenomenal, dengan hanya berbekal storyboard dengan nama anonim One, One Punch Man (Saitama) mampu menarik perhatian global dengan ratusan juta download dalam tahun terakhir.

Kesuksesan ini yang kemudian menarik perhatian komikus Eyeshield, Yusuke Murata untuk menjadi ilustrator komik One Punch Man.

Cerita komik ini sebenarnya sederhana dan anti mainstream, saat biasanya semua komik di Jepang mengedepankan tokoh yang menjadi kuat karena kerja keras dan pengorbanan. Saitama ini dari awal komiknya sudah sangat kuat-bahkan bisa mengalahkan musuh dari penjuru galaksi dengan sekali pukul.

Saking kuatnya, Saitama menjadi depresi karena tidak ada lawan yang mampu bertahan dari satu pukulan dari tokoh ini. Bahkan seringkali Saitama mempertanyakan alasan dari kenapa dia harus sekuat ini.

Nah, diawali komik fans yang “mempertandingkan” antara Vegeta dan Saitama, banyak fans yang kemudian membayangkan bagaimana jika ternyata Saitama bertarung dengan Son Go Ku, yang sering disebut sebagai tokoh manga/anime Jepang terkuat.

Lalu, bagaimana jawabannya ? sepertinya kami punya jawaban sendiri, yaitu Son Go Ku bakalan dihabisi oleh Saitama, Loh kok bisa ? inilah beberapa alasannya !!


7

Saitama Menggambarnya Gampang


saitama menggambarnya gampang

Keunggulan utama dari Saitama dibanding Son Go Ku (dan semua karakter anime lain) adalah kemudahan menggambarnya, karakter Saitama sering digambar style “flat”, malas malasan dan ala gambar anak kecil.

Padahal, karakter dalam manga lain biasanya digambar dengan detail lebih dibanding karakter lain. Karena mudah menggambarnya, tidaklah aneh kalau nantinya akan lebih banyak komik Saitama dibanding karakter lainnya.

Dengan banyaknya komik Saitama, tentu akan lebih mudah mudah mencapai kesuksesan yang sama (atau melebihi) serial Dragon Ball Z yang mengusung Son Go Ku.


6

Sampai Saat Ini Belum Ada Yang Bisa Melukai Saitama (Secara Serius)


saitama lord boros

Berbeda dengan Son Go Ku yang selalu terluka (bahkan mati) dalam pertarungannya melawan musuh utama. Saat ini Saitama belum pernah terluka serius dalam pertarungannya dengan tokoh apapun.

Hanya dalam pertarungannya melawan Lord Boros, petarung terkuat di Alam semesta, Saitama merasakan seperti “digigit semut” saat diserang dengan kekuatan lawannya ini.

Bahkan kekuatan Saitama bisa dibandingkan dengan Superman pun yang rentan terhadap ilmu sihir dan Kriptonite, sampai saat ini belum ada zat apapun yang terbukti mampu membuat Saitama lebih lemah.

Bisa dibilang bahwa bahkan dengan kondisi sekarang pun, batasan dari kekuatan Saitama belum kelihatan, berbeda dengan Son Go Ku yang harus berlatih untuk meningkatkan batasan kekuatannya.


5

Saitama (Mungkin) Tidak Punya Keluarga


Saitama-Genos

Son Go Ku diceritakan sebagai tokoh yang welas asih dan selalu mengedepankan keselamatan orang lain dibanding dirinya. Bahkan sering dalam pertarungan dia mengajak musuhnya bertarung di tempat yang jauh dari keramaian.

Sifat welas asih ini yang kemudian seringkali mempengaruhi keputusan Son Go Ku dalam bertarung, seperti keputusannya untuk “ikut mati” bersama Cell yang bunuh diri (yang berakibat Cell hidup lagi dengan lebih kuat).

Berbeda dengan Saitama, walaupun dia sering nampak melindungi mahkluk lain, dia (sepertinya) tidak punya keluarga dekat. Satu satunya tokoh yang mempunyai ikatan emosional dengan Saitama hanya Genos, muridnya yang sama tidak jelasnya (dan gampang hidup lagi walaupun sudah tercabik cabik.)

Dengan tidak memiliki ikatan emosional, harusnya Saitama akan lebih bisa memfokuskan diri untuk mengalahkan lawan lawannya (dengan sekali pukul) dan tanpa ampun.


4

Saitama Tidak Perlu Bertarung Menggunakan Strategi


saitama king

Sampai saat ini, kita belum pernah Saitama bertarung menggunakan strategi apapun, dan hanya menggantungkan kekuatan sekali pukulnya. Padahal kita tahu bahwa dengan menggunakan strategi dan taktik, kekuatan petarung bisa berlipat ganda.

Cara ini sering kita lihat saat Son Go Ku menggunakan taktik supaya bisa mengeluarkan Genki Dama saat melawan Vegeta, Frieza atau Bhu. Son Go Ku perlu bantuan Z Fighter lainnya untuk mengalihkan perhatian lawan utamanya.

Padahal kita tahu bahwa Saitama sama sekali tidak bodoh bahkan cenderung jenius. Bisa kita lihat saat dia memergoki King yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan Hero kelas S. Nah, sepertinya Saitama merasa bahwa tanpa strategi pun dia bisa menang, apalagi dengan taktik, tentu bakalan overkill!!.


3

Latihan Saitama Biasa Biasa Saja


saitama training

Beda dengan para Z Fighter termasuk Son Go Ku yang perlu berlatih dengan kondisi kondisi ekstrem seperti gravitasi ratusan kali lipat. Ruang dan waktu rahasia atau bahkan latihan bersama raja surga dan neraka. Latihan Saitama sangat biasa biasa saja.

Sering disebutkan bahwa latihan Saitama hanya 100 push-ups, 100 sit-ups, 100 squats dan lari 10 kilometer setiap hari, selain itu Saitama juga menyebutkan bahwa dia makan makanan sehat dan tidak pernah menggunakan AC untuk membina mental.

Bisa dibayangkan kalau Saitama berlatih dengan cara cara Son Go Ku, bisa jadi kekuatannya akan jauh lebih kuat lagi dibanding Son Go Ku


2

Saitama Kebal Gravitasi dan Ruang Angkasa


saitama-moon

Saat Saitama digebuk sampai ke bulan oleh Lord Boros, dia kembali ke bumi hanya dengan meloncat saja (dan menghancurkan setengah bulan). Padahal kita tahu bahwa di bulan gravitasi berbeda dengan bumi, dan diantara bumi dan bulan ada ruang Angkasa.

Di sisi lain, Son Go Ku diceritakan tetap perlu oksigen sehingga tidak bisa hidup di luar angkasa dan terpengaruh oleh Gravitasi yang kuat atau lemah. Terbukti dalam pertarungannya lawan Frieza dan Cell

Sehingga dalam aspek ini jelas Saitama bisa mengalahkan Son Go Ku dengan telak.


1

Saitama Kebal Serangan Benda Tajam


saitama benda tajam

Tubuh Saitama diceritakan sering diserang oleh bermacam tipe serangan, mulai dari pukulan, sihir, sinar laser sampai senjata tajam.  Bahkan pernah sekali bola mata Saitama diserang menggunakan pedang.Semua serangan itu semua berdampak sama terhadap tubuh Saitama yaitu tidak ada efeknya.

Berbeda dengan Son Go Ku, sering diceritakan benda tajam mampu merobek kulit Son Go Ku dan melukainya lebih buruk dari serangan benda tumpul. Contohnya adalah Son Go Ku kesakitan saat digigit oleh Frieza.

Sebagai perbandingan lain, Luffy yang memiliki tubuh karet saja tidak bisa tahan senjata tajam. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa Son Go Ku (dan semua karakter Anime / Manga lain kalah kebal dibanding Saitama).