Hati-hati! Ada Backer yang Trolling di Detik-detik Terakhir Kampanye Kickstarter!

Dimension Drive
Dimension Drive
Backer ini melakukan trolling di detik-detik terakhir kampanye dengan menarik dana yang disetorkannya di Kickstarter.

Mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan karya hingga menjadi produk jadi tentu menjadi satu keinginan terbesar developer yang membawa produk mereka berkampanye di Kickstarter. Jadi sudah tentu developer yang berhasil dalam kampanye Kickstarter bakal sangat senang, mengingat perjuangan mereka selama kampanye sudah terbayar lunas. Apalagi saat mereka mencapai target pendanaan saat kampanye tinggal beberapa jam lagi, dan mendapatkan satu orang backer “malaikat” yang mau menggelontorkan uang sesuai dengan sisa target dana yang dicanangkan.

Hal itulah yang “sempat” dirasakan 2Awesome Studio, developer yang mengembangkan Dimension Drive saat berhasil mencapai target pendanaan 30,000 Euro hanya beberapa jam jelang kampanye Kickstarter mereka berakhir. Padahal sebelumnya, mereka masih kurang sekitar 7000 Euro dari target pendanaan, sebelum akhirnya datang seorang “malaikat” bernama Jonathan Galvez yang menggelontorkan dana sebesar itu sehingga game ini pun akhirnya mencapai targetnya. Target dicapai, 2Awesome Studio pun senang bukan kepalang.

Namun hal buruk terjadi. Jonathan ternyata melakukan trolling dengan menarik dana yang sudah di-pledge untuk proyek tersebut di detik-detik terakhir kampanye. Tentu saja dengan berkurangnya 7,000 Euro dari Jonathan, Dimension Drive pun tidak bisa mencapai target dana yang dicanangkan. Hal ini langsung membuat mental para punggawa 2Awesome Studio drop. Bagaimana tidak, mimpi mereka untuk mewujudkan game ini setelah target pendanaan tercapai harus sirna di detik-detik terakhir kampanye karena ulah tak bertanggung jawab dari Jonathan ini.

“Jujur, kami tidak tahu apa yang harus kami katakan,” ungkap Alejandro Santiago, salah satu punggawa studio tersebut seperti dikutip dari Kotaku. “Tim kami benar-benar hancur saat ini. Malam ini seperti roller coaster bagi kami,” lanjutnya. Alejandro sendiri mengungkapkan, bahwa pledge tersebut ditarik oleh Kickstarter sekitar 31 menit sebelum kampanye berakhir karena Jonathan dianggap melakukan “penipuan” dengan melakukan pledge tersebut.

Rupanya aksi Jonathan tidak berhenti begitu saja. Jonathan rupanya juga baru-baru ini menyalurkan dana untuk salah satu game buatan Artoncode Indonesia yang saat ini sedang hot di Kickstarter, Winterflame: The Other Side. Bukan hanya Winterflame saja, tetapi ada juga beberapa game lain yang di-back olehnya. Hal ini terlihat dari halaman profil Jonathan berikut ini.

jonathan kickstarter

Duniaku sudah mengkonfirmasikan hal ini kepada pihak Artoncode. Dan memang benar, Jonathan sudah melakukan pledge sebesar 8,000 CAD (Canadian Dollar) untuk proyek Winterflame: The Other Side. Sampai saat artikel ini ditulis, kampanye Winterflame: The Other Side sudah mengumpulkan sekitar 50,000 CAD dari total 68,000 CAD yang dicanangkan dengan sisa waktu 14 hari. Jumlah sebesar itu termasuk dana dari Jonathan sebesar 8,000 CAD tadi.

Ambil reward yang ULTIMA!
Ambil reward yang ULTIMA!

jonathan kickstarter

Kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side Berhasil Capai Setengah Targetnya!

Jangan lupa juga untuk mendukung kampanyenya di Steam Greenlight dengan memberikan vote "YES"
Baca Juga

Melihat rekam jejak Jonathan yang melakukan trolling di Dimension Drive, kita berharap semoga hal tersebut tidak dilakukan kembali di Winterflame: The Other Side dan juga game-game lain yang sudah di-back olehnya. Seperti dilansir dari Kotaku, kabarnya akun dari Jonathan sendiri akan di-banned dari Kickstarter. Apa yang dilakukan oleh Jonathan ini bisa menjadi semacam “warning” bagi para developer yang akan berkampanye di Kickstarter agar lebih hati-hati terhadap kemungkinan terjadinya kasus seperti ini di masa yang akan datang.