Akhir Penantian PS4 Jailbreak! Konsolnya Dibajak, Lagi-lagi Sony Kebobolan!

PS4-Jailbreak-1

Bisa jadi beberapa diantara kalian menunggu berita ini, PS4 Jailbreak. Meskipun proses hack yang baru ditemukan ini belum bisa dikatakan sebagai Jailbreak. Baru-baru ini ada hacker Brazil yang berhasil menemukan cara baru untuk meng-hack konsol game Sony, PlayStation 4. Laman asal Brazil, UOL Jogos, memastikan jika para pembajak berhasil menjalankan game PS4 kopian tidak resmi yang sudah dikopikan ke dalam konsol Sony tersebut dengan bantuan hack baru ini.

PS4-Jailbreak-4

Ini Lho Game PS4 Terbaik!

Apa saja? Simak daftarnya di dalam!
Baca Juga

Menurut laman tersebut, mereka mendapatkan PS4 yang sudah ter-hack melalui sebuah toko elektronik di Sao Paulo, dan di dalamnya sudah ter-install 10 Itu saja sudah sekitar Rp. 15 – 25 jutaan sendiri… Lho, mahal amat nilainya!? Ya, karena rata-rata harga game PS4 di Brazil sekitar 600 Real (dan harga konsolnya sendiri mencapai Rp. 20 jutaan), namun menurut sumber kami, toko dimana mereka membeli PS4 tersebut juga menawarkan 10 game PS4 ter-install ke dalam HDD PS4 hanya dengan harga 300 hingga 400 Real, atau sekitar Rp. 1,3 – 1,7 jutaan saja. Jika ingin mendapatkan tambahan game, tinggal membayar sekitar Rp. 65 ribuan saja. Mereka sudah menjual kopian murah tersebut selama sebulan belakangan, dan kabarnya Sony yang sudah mengendus bakal menyiapkan update firmware untuk mengatasinya (yang jelas metode hack sebelumnya sudah ditangkis Sony melalui update firmware 2.51 yang dirilis Sony April 2015 kemarin).

PS4-Jailbreak-2

PS4 vs Xbox One, Mana yang Lebih Baik Untuk Gamer?

Ajang Electronic Entertainment Expo 2013 menjadi awal dibukanya perang terbuka dua konsol baru yang rencananya akan dirilis akhir tahun nanti, PlayStation 4 dan Xbox One. Memang masih jauh, namun kami mencoba membandingkan keduanya, dan menyimpulkan mana yang terbaik untuk menjadi incaran gamer sejati.
Baca Juga

Sumber kami menyebutkan jika game-game yang dijalankan melalui PS4 Jailbreak tersebut bekerja dengan baik. Berbeda dengan “account sharing exploit” yang sudah dikenal sebelumnya. Namun proses hack-nya menggunakan teknik lama yang sama seperti exploit PS3, serta juga memanfaatkan Raspberry Pi. Hacker membuat “dump” konten dari game yang bakal dikopikan, konten Hard Drive dan juga BIOS/NAND-nya, serta menumpuknya ke dalam konsol yang akan di-hack melalui Raspberry Pi. Sehingga game kopian tadi bisa berjalan tanpa hambatan. Karena prosesnya yang berbeda, exploit ini masih belum bisa dikategorikan PS4 Jailbreak, dan juga tidak bisa digunakan untuk tujuan pengembangan homebrew.

PS4-Jailbreak-3

Sumber kami juga menyebutkan, dalam percobaan mereka menjalankan konsol yang sudah ter-hack tersebut, mereka mendapati adanya dua akun teregister di sana, yang memang dibutuhkan dalam proses kloningnya, serta juga syarat agar gamenya bisa dijalankan. Cara yang sebelumnya digunakan para pembajak adalah mengakali kebijakan Sony, kita bisa mengaktifkan satu akun untuk beberapa konsol. Jadi hacker mengakalinya dengan membagi akun tersebut sebagai bagian dari proses hack.

Tips PS4, Pahami Fungsi Dasar Hardware dan Softwarenya!

Penting nih, untuk para nubitol yang baru beli PlayStation 4...
Baca Juga

Jika sebelumnya tetap ada batasan berapa banyak satu akun di-share ke konsol lain, maka untuk teknik yang baru kali ini tidak ada batasan berapa banyak PS4 dimana akun tersebut bisa direplikasi. Sebuah bisnis yang menggiurkan, karena mereka yang menjual dump game PS4 bisa mendapatkan keuntungan 100%. Di sisi gamer Brazil sendiri, dengan harga yang sangat murah dibandingkan game orisinalnya, jelas mereka lebih memilih game versi bajakan tersebut.

PS4-Jailbreak-5

Kenali Optical Drive Emulator PS4

Melalui Optical Drive Emulator, PS3 Super Slim bisa menjalankan Homebrew, sehingga dapat digunakan untuk memainkan game kopian, tanpa harus memerlukan Blu-ray Disc orisinal.
Baca Juga

Mungkin perlu ada kebijakan baru ya di Brazil untuk menekan usaha pembajakan seperti ini, seperti menurunkan harga jual konsol dan gamenya yang selangit. Dan kita di Indonesia, seharusnya masih bisa bersyukur karena PS4 dan gamenya di Indonesia ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga di Brazil, serta cukup tidak perlu melanjutkan impian segera terwujudnya PS4 Jailbreak. Semoga saja proses hack dari Brazil ini tidak makin meluas, serta Sony bisa segera merilis patch baru untuk menanggulanginya.

PS4 Jailbreak Rumors Continue From Brazil

Akhir Penantian PS4 Jailbreak! Konsolnya Dibajak, Lagi-lagi Sony Kebobolan!

Semoga cara hack PS4 ini ga sampai ke Indonesia, agar game original tetap laku, dan mereka yang nyari nafkah dari menyewakan game, atau jual beli game 2nd ga kena imbasnya!

Abaikan

Sumber: UOL Jogos