7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Ada yang menyadari kemiripan-kemiripan ini?

7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Kemiripan-kemiripan antara film Avengers dan Avengers 2 seolah-olah saling mengaitkan kedua film ini!

SPOILER ALERT

Film Avengers 2 telah tayang pada April lalu. Walaupun hampir sebulan berlalu, film ini masih menarik untuk diperbincangkan. Karena film Avengers 2 meninggalkan kesan yang seru dan memicu pembahasan di berbagai forum dan media. Bahkan melalui film Avengers 2 ini, para fans lanjut membincangkan kelanjutan kisah semesta Marvel ini yang akan berlanjut pada Ant-Man di bulan Agustus nanti, bahkan mulai membahas film yang baru tayang tahun depan yaitu Captain America: Civil War! Semesta Marvel yang saling terkait  menjadi benang merah bagi para fans untuk selalu diungkap tanpa henti.

Kali ini Duniaku mencoba membahas hal menarik terkait Avengers 2. Film ini merupakan kelanjutan dari Avengers pertama, namun tentunya diselingi dengan film-film superhero lainnya sebagai penghubung alur cerita utama di Marvel cinematic universe (MCU). Avengers 2 yang bertajuk Avengers: Age of Ultron sendiri merupakan bagian dari MCU phase 2, sedangkan Avengers adalah penutup dari phase 1.

Namun walaupun berbeda phase, ternyara antara Avengers dan Avengers 2 memiliki kemiripan satu sama lain. Entah kemiripan ini sebagai penyambung cerita, atau bisa jadi merupakan kreativitas sutradara yang mengulang "sensasi" dari film pertama. Kemiripan terebut antara lain adalah:


[page_break no="" title="Roster yang sama"]


7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Antara film Avengers dan Avengers 2 sama-sama menampilkan susunan anggota yang sama, setidaknya hingga separuh bagian film. Superhero yang beraksi di Avengers adalah Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow, didampingi oleh Nick Fury. Formasi ini bertahan setidaknya hingga sebagian besar  Avengers 2 yang diakhiri beberapa anggota yang keluar dan tambahan rekrutmen baru.

the_avengers-wide


[page_break no="" title="Melibatkan Infinity Stone"]


avengers (6)

Pada Avengers muncul sebuah infinity stone berupa Tessarect. Tessarect yang merupakan space gem bisa membuka portal luar angkasa sebagai jalan bangsa Chitauri menginvasi Bumi. Sedangkan di Avengers 2, infinity stone yang muncul adalah Scepter yang berisi mind gem, dimana saat ini gem ini berada di kepala Vision. Sebenarnya Scepter ini juga sudah muncul di film Avengers yang digunakan oleh Loki sehingga kedua film ini bisa dibilang sama-sama melibatkan Scepter (mind gem).

7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2


[page_break no="" title="Pertarungan Antar Avengers"]


7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Hal lainnya yang terdapat pada Avengers dan Avengers 2 adalah adanya perkelahian antar anggota Avengers. Percekcokan antar anggota Avengers dianggap sebagai salah satu kelemahan tim Avengers ini, sehingga pertentangan biasa terjadi terutama di kedua film. Belum lagi saat satu-dua anggota Avengers pikirannya dikendalikan oleh antagonis, maka peperangan seperti serangan Hawkeye ke Helicarrier ataupun Hulk vs Hulkbuster pun terjadi.

7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2 Hulk vs Hulkbuster[/caption]

Lanjut ke halaman 2... 


[page_break no="" title="Ada Protagonis yang Mati"]


7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Baik di Avengers maupun Avengers 2 sama-sama terdapat protagonis yang gugur. Dalam Avengers, Agent Coulson mati saat melawan Loki dan menyebabkan Avengers yang terpecah-belah jadi bersatu kembali. Sedangkan Quicksilver mengorbankan dirinya saat menyelamatkan Hawkeye dan seorang anak di Sokovia.

Jika Coulson dianggap karakter yang hidup kembali -ia hidup kembali di Agents of S.H.I.E.L.D karena Project T.A.H.I.T.I-, maka di Avengers 2 pun terdapat karakter yang gugur namun hidup kembali. Ya, JARVIS yang dikira dibunuh Ultron pada awal film ternyata berhasil bersembunyi, dan bahkan ia kembali menjadi Vision!

7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2


[page_break no="" title="Bogem Bersahabat"]


7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Salah satu yang unik adalah adegan bogem bersahabat. Maksud Penulis adalah adegan ketika Avengers memukul temannya sendiri hingga terpental, sehingga membuat adegan ini terlhat konyol. Di Avengers kita melihat Hulk entah kenapa memukul Thor hingga terpental keluar pandangan layar. Sedangkan adegan serupa terjadi lagi, namun kali ini Hulk yang dipukul Iron Man (dalam armor Hulkbuster) hingga terpental keluar pandangan layar.


[page_break no="" title="Sponsor"]


7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Jika diperhatikan, antara Avengers dan Avengers 2 terdapat product placement sponsor yang sangat jelas. Salah satunya adalah keberadaan mobil Audi yang biasa dikendarai oleh Tony Stark. Keberadaan mobil-mobil Audi ini kembali terasa dan semakin banyak di Avengers 2.


[page_break no="" title="Thanos di Credit Scene"]


7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Keunikan lainnya antara Avengers dan Avengers 2 adalah kemunculan Thanos sang tiran galaksi. Walaupun ia -seperti- belum melakukan apa-apa, namun keberadaannya tentu menggemparkan fans Marvel. Jika di film pertama ia hanya menoleh setelah menerima laporan anak buahnya, maka di film kedua ia tampak mengambil Infinity gauntlet. Sepertinya ia akan turun langsung memburu keenam infinity stone. Sebuah ancaman tersembunyi yang akan mengantar kita ke Avengers 3.

7 Kemiripan Film Avengers dan Avengers 2

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU