Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Square Enix tahu banyak yang ga sabar menunggu Kingdom Hearts III. Mereka pengertian, karena itulah prekuelnya ini diberikan dulu langsung di genggaman tangan kalian!

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Melalui media Jepang Famitsu, Square Enix mengkonfirmasikan seri Kingdom Hearts terbaru yang berjudul Kingdom Hearts: Unchained χ / Kingdom Hearts Unchained Chi. Dan platform yang mereka pilih di luar dugaan adalah smartphone, platform game yang akhir-akhir ini makin banyak mendapatkan dukungan dari developer Jepang.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/06/02/tren-video-game-model-pemasaran-free-to-play-mulai-masuk-ke-konsol/" title="Tren Game, Game Free-to-Play Mewabah"]

Game spin-off Kingdom Hearts pertama untuk smartphone ini (sebelumnya ada Kingdom Hearts coded dan Kingdom Hearts Mobile, namun hanya eksklusif ponsel NTT DoCoMo) bakal disedikan sebagai game download akhir tahun ini. Judulnya itu sendiri juga familiar, karena memang sekadar menjadi port dari game versi PC (browser game) game Kingdom Hearts χ[chi] yang sudah dirilis 18 Juli 2013 lalu di Jepang. Port Kingdom Hearts Chi ini diperbarui dengan sistem baru untuk smartphone, serta tentu saja karena gratisan, bakal ada banyak IAP penjualan item melalui micro-transaction.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Kingdom Hearts Unchained Chi merupakan prekuel dari semua cerita Kingdom Hearts yang pernah ada, mengambil setting selema Keyblade War (event yang berujung pada berdirinya organisasi dari dunia Kingdom Hearts yang kalian kenal saat ini), ketika perselisihan antara para pengguna Keyblade dengan Light yang menciptakan dunia, berujung pada perang antara Light dan Darkness, serta memicu bencana yang mengakibatkan dunia Kingdom Hearts menjadi seperti yang dikenal saat ini -- berujung pada berdirinya organisasi dari dunia Kingdom Hearts yang kalian kenal sekarang.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Sebelum perang berlangsung, seorang Keyblade Master yang tidak dikenal memberikan buku yang disebut Tome of Prophecy kepada lima dari enam muridnya sebelum dia menghilang. Buku tersebut memiliki kemampuan memprediksikan dan bahkan mewujudkan obyek serta seseorang dari masa depan. Kelima murid mengetahui adanya ramalan yang menceritakan kembali jika dunia akan jatuh pada kuasa Darkness serta Light dihancurkan. Untuk mencegahnya, setiap murid memutuskan mencegah ramalan tersebut terjadi.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2013/05/12/masa-depan-industri-game-ada-di-tangan-mobile-gaming/" title="Masa Depan Industri Game di Tangan Mobile Gaming"]

Sebagai bagian usahanya, mereka menggunakan buku tersebut untuk mewujudkan warrior yang sangat kuat dari masa depan sebagai Fragment. Mereka kemudian mulai mengumpulkan potongan Light dari monster yang dikenal sebagai Lux, dan setiap murid mendirikan faction sendiri yang menggunakan tema menurut ikon binatang yang mereka gunakan, yaitu Ursus, Anguis, Unicornus, Leopardus, dan Vulpes. Kalian sendiri mengendalikan seorang Keyblade Wielder yang baru terbangun, dan bisa memilih mendukung salah satu faction, serta berusaha untuk memastikan supremasi faction tersebut dibandingkan faction lainnya, bertarung untuk menguasai Light yang terbatas dan tersisa di dunia.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Keseluruhan plot game ini berujung pada Kingdom Hearts III nantinya, yang juga sejauh ini masih belum ada kabar lanjutannya. Kemudian judul game ini, menunjuk pada χ-blade / chi-blade legendaris, senjata yang menjadi pusat keseluruhan cerita serial Kingdom Hearts.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/16/dunia-wreck-it-ralph-frozen-dan-star-wars-eksis-dalam-kingdom-hearts-iii/" title="Dunia Terbaru Disney Dalam Kingdom Hearts III"]

Dibandingkan seri lainnya, Kingdom Hearts Unchained Chi yang memang ditujukan untuk pasar sosial, didesain menawarkan pengalaman bermain yang bisa dengan mudah dipahami para pemain baru. Digambarkan sebagai cerita dongeng (dengan artwork karakter yang dibuat lebih kecil imut-imut) dibandingkan Kingdom Hearts yang kita kenal sebelumnya, yang oleh Square Enix dianggap sulit diterapkan untuk platform sosial. Namun untuk smartphone / mobile game, Kingdom Hearts Unchained Chi masih masuk di tengah pasarnya, yang memang dipenuhi para gamer sosial. Tetsuya Nomura dan Yoko Shimomura, kedua veteran serial ini juga kembali menjadi sutradara dan komposernya.

Untuk gameplay-nya, Kingdom Hearts Unchained Chi masih menghadirkan konsep yang sama, namun tidak seaktif sebelumnya, karena kesan action dikurangoi. Kini lebih cocok disebut role-playing video, dimana kalian mengendalikan karakter di tengah dunia yang terinspirasi karakter Disney, sampai mengalahkan monster yang dikenal sebagai Heartless dan Lux.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Di awal permainan, kalian membuat karakter, mengkustomisasi jenis kelamin, rambut, keyblade dan baju mereka, serta juga memilihkan aksesoris yang bernuansa dunia Square Enix serta Disney yang sudah dikenal selama ini melalui seri Kingdom Hearts handheld dan konsol. Progress permainan terbagi menjadi mission, dengan story mission terbuka setelah kalian berhasil menyelesaikan cukup konten sebelumnya sudah tersedia. Kalian bergerak di sekitar area cukup dengan menyentuh layar.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/10/06/rahasia-terbesar-kingdom-hearts-hd-2-5-remix-terungkap/" title="Mengungkap Rahasia Terbesar Kingdom Hearts 2.5D Remix!"]

Karena dibuat sebagai game gratisan, maka jangan heran jika banyak ditawarkan item in-app purchase sebagai bagian microtransaction. Aksi dasar kalian memerlukan AP, yang bisa dipulihkan seiring waktu dengan menunggu, atau membayar agar AP bisa segera diisi kembali. Kemudian juga melalui item langka seperti kartu spesial menjadi bagian IAP-nya. Selain mode single-player, Square Enix juga menawarkan mode multiplayer dimana kalian bisa bergabung dengan pemain lainnya untuk melawan boss.

Lanjut ke halaman 2... untuk kepastian versi translasinya!

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS! Di atas merupakan desain koleksi avatar yang bisa kalian temui dalam versi smartphone ini, dan dibawa dari game browser-nya.[/caption]

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/06/02/tren-video-game-menegaskan-peran-smartphone-dan-tablet-sebagai-second-screen/" title="Tren Game, Tegaskan Peran Smartphone Sebagai 2nd Screen"]

Tipikal RPG tradisional Jepang, musuh terlihat di layar, dan bisa mulai bertarung dengannya cukup dengan menyentuhnya. Setelah mengalahkan mereka, kalian mendapatkan experience point dan Munny, mata uang dalam game. Kalian juga bisa mendapatkan Fragments, kartu yang dihiasi para karakter serial Kingdom Hearts. namun memiliki property khusus bergantung pada karakter yang tergambar di sana, seperti bisa mendukung serangan physical atau elemental karakter. Kartu bisa kalian gabungkan, dan dinaikkan levelnya, untuk memperkuat karakter kalian. Kemudina kalian juga bisa memperkuat keyblade menggunakan material yang ditemukan selama bertualang, dengan keyblade baru didapatkan seiring cerita berjalan.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Apa yang sangat berguna untuk permainan mobile adalah yang disebut sistem “1-turn Finish”, dimana kalian bisa menyelesaikan pertarungan dengan cepat, hanya dalam beberapa turn saja.

Sejauh ini Kingdom Hearts Unchained Chi yang disiapkan untuk smartphone Android dan iOS ini belum diketahui kapan bakal dirilis. Namun mereka menjelaskan apa makna tambahan judul Unchained. Bukan sekadar arti kata "melepaskan" saja, dengan X (chi, atau bisa dibaca sebagai “kunci”), namun juga mewakili maksud bahwa kalian pemain bakal dilepaskan dari batasan bermain hanya di depan PC saja, dan bisa memainkan Kingdom Hearts χ[chi] dimana saja menggunakan smartphone. Kemudian Square Enix juga bakal menyiapkan bonus bagi kalian yang memainkan kedua versinya, karena memang kedua versi game ini berbagai satu server.

Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Dan mengenai kepastian versi translasinya.... ya, Kingdom Hearts Unchained Chi dipastikan bakal keluar Jepang. Tetsuya Nomura sendiri mengkonfirmasikan game iOS dan Android ini tengah diuji coba oleh para penguji di Amerika Utara. Namun menurut Nomura, saat ini pihaknya berencana mengganti pertarungannya yang berbasis kartu dengan sesuatu yang baru, yang lebih menarik.

Sumber: [outbound_link text="Official Website" link="http://www.square-enix.co.jp/kingdom/uc/"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU