Kingdom Hearts Unchained Chi, Pertama Untuk Android dan iOS!

Kingdom-Hearts-Unchained-Chi 1

Melalui media Jepang Famitsu, Square Enix mengkonfirmasikan seri Kingdom Hearts terbaru yang berjudul Kingdom Hearts: Unchained χ / Kingdom Hearts Unchained Chi. Dan platform yang mereka pilih di luar dugaan adalah smartphone, platform game yang akhir-akhir ini makin banyak mendapatkan dukungan dari developer Jepang.

Tren Game, Game Free-to-Play Mewabah

Apa saja yang akan menjadi tren di dunia game setelah kehadiran konsol game terbaru setengah tahun belakangan? Berikut yang akan menjadi tren dalam industri game menurut prediksi Duniaku.
Baca Juga

Game spin-off Kingdom Hearts pertama untuk smartphone ini (sebelumnya ada Kingdom Hearts coded dan Kingdom Hearts Mobile, namun hanya eksklusif ponsel NTT DoCoMo) bakal disedikan sebagai game download akhir tahun ini. Judulnya itu sendiri juga familiar, karena memang sekadar menjadi port dari game versi PC (browser game) game Kingdom Hearts χ[chi] yang sudah dirilis 18 Juli 2013 lalu di Jepang. Port Kingdom Hearts Chi ini diperbarui dengan sistem baru untuk smartphone, serta tentu saja karena gratisan, bakal ada banyak IAP penjualan item melalui micro-transaction.

Kingdom-Hearts-Unchained-Chi 7

Kingdom Hearts Unchained Chi merupakan prekuel dari semua cerita Kingdom Hearts yang pernah ada, mengambil setting selema Keyblade War (event yang berujung pada berdirinya organisasi dari dunia Kingdom Hearts yang kalian kenal saat ini), ketika perselisihan antara para pengguna Keyblade dengan Light yang menciptakan dunia, berujung pada perang antara Light dan Darkness, serta memicu bencana yang mengakibatkan dunia Kingdom Hearts menjadi seperti yang dikenal saat ini — berujung pada berdirinya organisasi dari dunia Kingdom Hearts yang kalian kenal sekarang.

Kingdom-Hearts-Unchained-Chi 8

Sebelum perang berlangsung, seorang Keyblade Master yang tidak dikenal memberikan buku yang disebut Tome of Prophecy kepada lima dari enam muridnya sebelum dia menghilang. Buku tersebut memiliki kemampuan memprediksikan dan bahkan mewujudkan obyek serta seseorang dari masa depan. Kelima murid mengetahui adanya ramalan yang menceritakan kembali jika dunia akan jatuh pada kuasa Darkness serta Light dihancurkan. Untuk mencegahnya, setiap murid memutuskan mencegah ramalan tersebut terjadi.

Kingdom-Hearts-Unchained-Chi 5

Masa Depan Industri Game di Tangan Mobile Gaming

Jawaban atas pertanyaan judul artikel ini sebenarnya sudah ada, walaupun belum 100%. Apa benar industri game konsol makin dipengaruhi perkembangan game mobile? Satu yang pasti, Nintendo mengakui jika penjualan mereka menurun karena iPhone. Bagaimana dengan yang lain?
Baca Juga

Sebagai bagian usahanya, mereka menggunakan buku tersebut untuk mewujudkan warrior yang sangat kuat dari masa depan sebagai Fragment. Mereka kemudian mulai mengumpulkan potongan Light dari monster yang dikenal sebagai Lux, dan setiap murid mendirikan faction sendiri yang menggunakan tema menurut ikon binatang yang mereka gunakan, yaitu Ursus, Anguis, Unicornus, Leopardus, dan Vulpes. Kalian sendiri mengendalikan seorang Keyblade Wielder yang baru terbangun, dan bisa memilih mendukung salah satu faction, serta berusaha untuk memastikan supremasi faction tersebut dibandingkan faction lainnya, bertarung untuk menguasai Light yang terbatas dan tersisa di dunia.

Kingdom-Hearts-Unchained-Chi 4

Keseluruhan plot game ini berujung pada Kingdom Hearts III nantinya, yang juga sejauh ini masih belum ada kabar lanjutannya. Kemudian judul game ini, menunjuk pada χ-blade / chi-blade legendaris, senjata yang menjadi pusat keseluruhan cerita serial Kingdom Hearts.

Dunia Terbaru Disney Dalam Kingdom Hearts III

Kingdom Hearts III juga dikabarkan bakal dirilis tahun 2016 mendatang!
Baca Juga

Dibandingkan seri lainnya, Kingdom Hearts Unchained Chi yang memang ditujukan untuk pasar sosial, didesain menawarkan pengalaman bermain yang bisa dengan mudah dipahami para pemain baru. Digambarkan sebagai cerita dongeng (dengan artwork karakter yang dibuat lebih kecil imut-imut) dibandingkan Kingdom Hearts yang kita kenal sebelumnya, yang oleh Square Enix dianggap sulit diterapkan untuk platform sosial. Namun untuk smartphone / mobile game, Kingdom Hearts Unchained Chi masih masuk di tengah pasarnya, yang memang dipenuhi para gamer sosial. Tetsuya Nomura dan Yoko Shimomura, kedua veteran serial ini juga kembali menjadi sutradara dan komposernya.

Untuk gameplay-nya, Kingdom Hearts Unchained Chi masih menghadirkan konsep yang sama, namun tidak seaktif sebelumnya, karena kesan action dikurangoi. Kini lebih cocok disebut role-playing video, dimana kalian mengendalikan karakter di tengah dunia yang terinspirasi karakter Disney, sampai mengalahkan monster yang dikenal sebagai Heartless dan Lux.

Kingdom-Hearts-Unchained-Chi 3

Di awal permainan, kalian membuat karakter, mengkustomisasi jenis kelamin, rambut, keyblade dan baju mereka, serta juga memilihkan aksesoris yang bernuansa dunia Square Enix serta Disney yang sudah dikenal selama ini melalui seri Kingdom Hearts handheld dan konsol. Progress permainan terbagi menjadi mission, dengan story mission terbuka setelah kalian berhasil menyelesaikan cukup konten sebelumnya sudah tersedia. Kalian bergerak di sekitar area cukup dengan menyentuh layar.

Mengungkap Rahasia Terbesar Kingdom Hearts 2.5D Remix!

Sembari menunggu versi US-nya, tidak ada ruginya kok menikmati spoiler!
Baca Juga

Karena dibuat sebagai game gratisan, maka jangan heran jika banyak ditawarkan item in-app purchase sebagai bagian microtransaction. Aksi dasar kalian memerlukan AP, yang bisa dipulihkan seiring waktu dengan menunggu, atau membayar agar AP bisa segera diisi kembali. Kemudian juga melalui item langka seperti kartu spesial menjadi bagian IAP-nya. Selain mode single-player, Square Enix juga menawarkan mode multiplayer dimana kalian bisa bergabung dengan pemain lainnya untuk melawan boss.

Lanjut ke halaman 2… untuk kepastian versi translasinya!

1
2

SHARE
Previous articleInilah Kesempatan Terakhirmu untuk Dapatkan Tiket Peserta GDG 2015!
Next articleAsa Butterfield Dilaporkan Terpilih Menjadi Pemeran Spider-Man!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.