Naruto Gaiden menunjukkan beberapa kejutan baru, salah satunya adalah kehadiran tokoh berjubah misterius, Muncul pada awal awal arc ini, keberadaan tokoh ini langsung menimbulkan banyak tanda tanya. Mulai dari afiliasinya dengan clan Uchiha sampai mata Sharingannya.

Namun jika kita mau cermat, kita bisa menganalisa beberapa fakta yang sudah ada dan mencoba menarik kesimpulan tentang identitas asli karakter ini. Karena banyaknya fakta pendukung, penulis merasa karakter ini adalah tokoh yang sudah lama hilang – Uchiha Shisui.

Sebelum beranjak ke pembahasan mari kita sedikit flashback siapa Shisui itu. Uchiha Shisui adalah anggota clan Uchiha yang dianggap sangat berbakat. Bersama dengan kawan satu clan dan sama sama anggota Anbu – Itachi mereka membentuk tali persahabatan dan bahkan beberapa kali melatih Sasuke.

Suatu saat, Shisui mengetahui rencana pemberontakan clan Uchiha dan karena loyalitasnya dia melaporkan hal ini pada Hokage saat itu – Hiruzen Sarutobi. Shisui yang merupakan salah satu Shinobi paling berbakat di masa itu berusaha menghentikan pemberontakan itu dengan menggunakan jutsu Koto Amatsukami ke pemimpin pemberontak Uchiha Ryuga.

Danzo yang percaya bahwa mempengaruhi pemimpin pemberontakan ini saja tidak cukup, berusaha turun tangan dengan mengambil mata Shisui untuk menghentikan rencana pemberontakan dengan daya upaya ini sendiri.

Shisui yang sudah terluka kemudian mempercayakan segala urusan ini – dan mata nya yang tersisa kepada Itachi untuk menghindarkan pemberontakan sekaligus menjaga nama baik Uchiha. Setelah itu, dia diduga bunuh diri dan menghilangkan tubuhnya.

Upaya menghilangkan tubuh ini cukup sukses, karena saat Anbu berusaha mencari tubuhnya, mereka tidak menemukan tubuh Shisui. Bahkan saat Kabuto pun gagal menghidupkan karakter ini dengan Edo Tensei.

Nah dengan latar belakang dan beberapa fakta yang sudah diungkap, yuk kita analisa beberapa alasan kenapa karakter Akatsuki misterius ini merupakan Uchiha Shisui.


13

Elemen Uchiha Shin Sama Dengan Shishui


elemen naruto

Jika kita perhatikan lagi pertempuran antara Uchiha Shin dan Sasuke, ada hal yang menurut saya menarik untuk kita cermat. Kita tahu bahwa Uchiha Shin diserang oleh Sasuke menggunakan segel petir. Namun, herannya Shin pulih seketika (dan bahkan berhasil melarikan diri) setelah diserang.

Berdasarkan analisa kami sebelumnya bisa jadi Uchiha Shin menguasai elemen angin dengan baik (untuk menetralisir efek jutsu petir). Nah, coba tebak elemen apa yang dikuasai Uchiha Shisui secara alamiah ? jika kamu menebak angin maka tebakanmu benar. Berdasarkan informasi resmi, kita ketahui bahwa Shisui menguasai beberapa elemen, termasuk angin.

Walaupun belum pernah ada informasi resmi, kita tahu bahwa pasangan ayah dan anak di Naruto selalu memiliki kemampuan elemen yang sama. Contohnya Naruto dan Minato, Shikamaru dan ayahnya – Shikaku, dan semua pasangan bapak anak yang kita tahu ada di Naruto.


12

Itachi Pun Tidak Yakin Kalau Shisui Telah Mati


shisui

Sampai saat ini pakem yang menjadi paham yang diterima adalah Shisui bunuh diri dengan menceburkan diri di sungai pasca memberikan matanya ke Itachi.

Namun, jka kita melihat dengan hati hati beberapa perkataan Itachi (yang terakhir bertemu Shisui) tidak yakin kalau Shisui telah mati, termasuk rumor terbaru bahwa Shisui sebenarnya beraliansi dengan Danzou “menggoyang” pakem ini.

Tentunya, ini bukan kali pertama Kishimoto menunjukkan karakter yang “terlihat” mati, namun bangkit lagi kemudian, baik karena edo tensei atau sebenarnya belum mati.

Tinggal kita saja sebagai fans, akan termakan “jebakan” kedua kali, atau sudah “mempan” dengan trolling dari Mashashi Kishimoto.


11

Orochimaru Masih Berkeliaran (Dan Mungkin Bikin Ulah Lagi)


Orochimaru Team Taka

Dari percakapan Kakashi dan Naruto kita ketahui bahwa Orochimaru masih masuk dalam “daftar pengawasan” dari Konoha. Tentunya masuknya Orochimaru disana bukan tanpa alasan, Sannin ini termasuk ninja yang dulu pernah berulah dan patut diduga masih punya “hobi” yang sama.

Kita juga perlu cermati kembali bahwa tujuan Orochimaru sendiri adalah untuk hidup abadi dengan merebut tubuh ninja berbakat lain, dan saya ragu bahwa keinginan ini sudah hilang pasca perang dunia ninja ke 4.

Lagipula, Orochimaru and the gang (Kabuto dan Team Taka) termasuk salah satu pihak yang paling “utuh” pasca perang dunia ninja ke 4 dibandingkan desa lain yang hancur berantakan.

Namun, rasanya kemungkinan Orochimaru terlibat masih 50:50, mengingat semua karakter disini sudah “diperas” habis latar belakang dan motifnya (mungkin kecuali Karin). Sehingga tidak terlalu menarik lagi untuk ditelusuri lebih jauh. Tapi, siapa tahu Mashashi ada “trik” yang belum pernah kita lihat


10

Karakter Ini Seumuran Itachi (Dan Shisui)


uchiha Shisui

Naruto Gaiden Chapter 703 : Uchiha Shin

Nama ninja misterius pengguna Sharingan ternyata Uchiha Shin, dan akhirnya dia bertemu dengan Sarada!
Baca Juga

Dari Naruto Gaiden chapter terbaru, kita tahu bahwa karakter Akatsuki misterius ini merupakan ayah dari Uchiha Shin. Shin sendiri nampaknya lebih tua beberapa tahun daripada Sarada dan Coco.

Perbedaan profil usia ini menjadi penting karena dengan demikian karakter Akatsuki ini seumuran Itachi. Nah, siapa lagi kira kira ninja seumuran Itachi di dunia Naruto dan memiliki latar belakang misterius ? sepertinya hanya Shisui lah orang nya.


9

Plot Ceritanya Sudah Disiapkan Dari Lama


akatsuki

Karakter Karakter Ini Dilupakan Mashashi Kishimoto

Karakter-karakter Naruto ini sedikit terlupakan, padahal mereka tidak kalah hebat dan keren. Kalian masih ingat tidak?
Baca Juga

Kita tahu bahwa Kishimoto sering memunculkan karakter karakter yang belum jelas mati atau tidak. Salah satunya adalah Tobi. Walaupun kita tahu bahwa pada masa lalu dia mempercayakan separuh matanya pada Kakashi setelah tertimpa batu besar. Rupanya dia berhasil hidup karena diselamatkan Zetsu dan Madara.

Contoh lain adalah pada Madara, walaupun sudah dikalahkan oleh Hashirama, rupanya dia bisa hidup lagi karena menggunakan DNA dari Hashirama, sampai akhirnya menjadi salah satu lawan pamungkas dalam perang dunia ninja ke 4.

Apa kesamaan antara kedua tokoh tersebut ? salah satunya adalah ada rentang waktu yang cukup panjang dimana kedua karakter mengalami dilema moral yang berujung mereka menjadi jahat (dalam kasus Madara jadi lebih jahat)

Besar kemungkinan “kebiasaan” ini diulang oleh Kishimoto pada karakter “Shisui” ini. Tinggal buat beberapa alasan dan cerita yang disisipkan untuk menjadikan Shisui yang awalnya baik menjadi jahat.


8

Sharingan-nya Ditempelkan di Kelopak Mata


Uchiha Shisui

Kekkai Genkai (Jurus Mata) Dalam Dunia Naruto

Kekkei Genkai adalah jutsu yang unik dan eksklusif dimiliki oleh shinobi tertentu. Kekkei Genkai manakah yang menurutmu paling unik?
Baca Juga

Karakter Akatsuki misterius ini sepertinya memiliki penampilan yang khas yaitu mata Sharingan yang dijahit di kelopak matanya.

Kelopak matanya sendiri sepertinya nampak sudah lama tertutup sehingga harus “dipaksa” supaya bisa menampung bola mata sharingan baru.

Shusui sendiri kehilangan mata Sharingannya setelah dicuri Danzo dan memberikan mata yang satunya lagi kepada Itachi agar niat pemberontakan dari Clan Uchiha tidak terlaksana.

Mengenai asal Sharingannya sendiri agak misterius karena Danzo sudah menghancurkan semua mata Sharingan yang sudah dimilikinya dan milik Tobi sudah lenyap.

Salah satu kemungkinan yang ada adalah itu merupakan mata Sharingan dari Madara yang tewas dalam perang dunia Shinobi ke 4 dan mungkin dikubur secara normal.