13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Apa saja alasannya ? kenapa penulis begitu yakin ?

13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Naruto Gaiden menunjukkan beberapa kejutan baru, salah satunya adalah kehadiran tokoh berjubah misterius, Muncul pada awal awal arc ini, keberadaan tokoh ini langsung menimbulkan banyak tanda tanya. Mulai dari afiliasinya dengan clan Uchiha sampai mata Sharingannya.

Namun jika kita mau cermat, kita bisa menganalisa beberapa fakta yang sudah ada dan mencoba menarik kesimpulan tentang identitas asli karakter ini. Karena banyaknya fakta pendukung, penulis merasa karakter ini adalah tokoh yang sudah lama hilang - Uchiha Shisui.

Sebelum beranjak ke pembahasan mari kita sedikit flashback siapa Shisui itu. Uchiha Shisui adalah anggota clan Uchiha yang dianggap sangat berbakat. Bersama dengan kawan satu clan dan sama sama anggota Anbu - Itachi mereka membentuk tali persahabatan dan bahkan beberapa kali melatih Sasuke.

Suatu saat, Shisui mengetahui rencana pemberontakan clan Uchiha dan karena loyalitasnya dia melaporkan hal ini pada Hokage saat itu - Hiruzen Sarutobi. Shisui yang merupakan salah satu Shinobi paling berbakat di masa itu berusaha menghentikan pemberontakan itu dengan menggunakan jutsu Koto Amatsukami ke pemimpin pemberontak Uchiha Ryuga.

Danzo yang percaya bahwa mempengaruhi pemimpin pemberontakan ini saja tidak cukup, berusaha turun tangan dengan mengambil mata Shisui untuk menghentikan rencana pemberontakan dengan daya upaya ini sendiri.

Shisui yang sudah terluka kemudian mempercayakan segala urusan ini - dan mata nya yang tersisa kepada Itachi untuk menghindarkan pemberontakan sekaligus menjaga nama baik Uchiha. Setelah itu, dia diduga bunuh diri dan menghilangkan tubuhnya.

Upaya menghilangkan tubuh ini cukup sukses, karena saat Anbu berusaha mencari tubuhnya, mereka tidak menemukan tubuh Shisui. Bahkan saat Kabuto pun gagal menghidupkan karakter ini dengan Edo Tensei.

Nah dengan latar belakang dan beberapa fakta yang sudah diungkap, yuk kita analisa beberapa alasan kenapa karakter Akatsuki misterius ini merupakan Uchiha Shisui.


[page_break no="13" title="Elemen Uchiha Shin Sama Dengan Shishui"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Jika kita perhatikan lagi pertempuran antara Uchiha Shin dan Sasuke, ada hal yang menurut saya menarik untuk kita cermat. Kita tahu bahwa Uchiha Shin diserang oleh Sasuke menggunakan segel petir. Namun, herannya Shin pulih seketika (dan bahkan berhasil melarikan diri) setelah diserang.

Berdasarkan analisa kami sebelumnya bisa jadi Uchiha Shin menguasai elemen angin dengan baik (untuk menetralisir efek jutsu petir). Nah, coba tebak elemen apa yang dikuasai Uchiha Shisui secara alamiah ? jika kamu menebak angin maka tebakanmu benar. Berdasarkan informasi resmi, kita ketahui bahwa Shisui menguasai beberapa elemen, termasuk angin.

Walaupun belum pernah ada informasi resmi, kita tahu bahwa pasangan ayah dan anak di Naruto selalu memiliki kemampuan elemen yang sama. Contohnya Naruto dan Minato, Shikamaru dan ayahnya - Shikaku, dan semua pasangan bapak anak yang kita tahu ada di Naruto.


[page_break no="12" title="Itachi Pun Tidak Yakin Kalau Shisui Telah Mati"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Sampai saat ini pakem yang menjadi paham yang diterima adalah Shisui bunuh diri dengan menceburkan diri di sungai pasca memberikan matanya ke Itachi.

Namun, jka kita melihat dengan hati hati beberapa perkataan Itachi (yang terakhir bertemu Shisui) tidak yakin kalau Shisui telah mati, termasuk rumor terbaru bahwa Shisui sebenarnya beraliansi dengan Danzou "menggoyang" pakem ini.

Tentunya, ini bukan kali pertama Kishimoto menunjukkan karakter yang "terlihat" mati, namun bangkit lagi kemudian, baik karena edo tensei atau sebenarnya belum mati.

Tinggal kita saja sebagai fans, akan termakan "jebakan" kedua kali, atau sudah "mempan" dengan trolling dari Mashashi Kishimoto.


[page_break no="11" title="Orochimaru Masih Berkeliaran (Dan Mungkin Bikin Ulah Lagi)"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Dari percakapan Kakashi dan Naruto kita ketahui bahwa Orochimaru masih masuk dalam "daftar pengawasan" dari Konoha. Tentunya masuknya Orochimaru disana bukan tanpa alasan, Sannin ini termasuk ninja yang dulu pernah berulah dan patut diduga masih punya "hobi" yang sama.

Kita juga perlu cermati kembali bahwa tujuan Orochimaru sendiri adalah untuk hidup abadi dengan merebut tubuh ninja berbakat lain, dan saya ragu bahwa keinginan ini sudah hilang pasca perang dunia ninja ke 4.

Lagipula, Orochimaru and the gang (Kabuto dan Team Taka) termasuk salah satu pihak yang paling "utuh" pasca perang dunia ninja ke 4 dibandingkan desa lain yang hancur berantakan.

Namun, rasanya kemungkinan Orochimaru terlibat masih 50:50, mengingat semua karakter disini sudah "diperas" habis latar belakang dan motifnya (mungkin kecuali Karin). Sehingga tidak terlalu menarik lagi untuk ditelusuri lebih jauh. Tapi, siapa tahu Mashashi ada "trik" yang belum pernah kita lihat


[page_break no="10" title="Karakter Ini Seumuran Itachi (Dan Shisui)"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/16/naruto-gaiden-bab-3-uchiha-shin/" title="Naruto Gaiden Chapter 703 : Uchiha Shin"]

Dari Naruto Gaiden chapter terbaru, kita tahu bahwa karakter Akatsuki misterius ini merupakan ayah dari Uchiha Shin. Shin sendiri nampaknya lebih tua beberapa tahun daripada Sarada dan Coco.

Perbedaan profil usia ini menjadi penting karena dengan demikian karakter Akatsuki ini seumuran Itachi. Nah, siapa lagi kira kira ninja seumuran Itachi di dunia Naruto dan memiliki latar belakang misterius ? sepertinya hanya Shisui lah orang nya.


[page_break no="9" title="Plot Ceritanya Sudah Disiapkan Dari Lama"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/16/8-karakter-naruto-keren-yang-terlupakan/" title="Karakter Karakter Ini Dilupakan Mashashi Kishimoto"]

Kita tahu bahwa Kishimoto sering memunculkan karakter karakter yang belum jelas mati atau tidak. Salah satunya adalah Tobi. Walaupun kita tahu bahwa pada masa lalu dia mempercayakan separuh matanya pada Kakashi setelah tertimpa batu besar. Rupanya dia berhasil hidup karena diselamatkan Zetsu dan Madara.

Contoh lain adalah pada Madara, walaupun sudah dikalahkan oleh Hashirama, rupanya dia bisa hidup lagi karena menggunakan DNA dari Hashirama, sampai akhirnya menjadi salah satu lawan pamungkas dalam perang dunia ninja ke 4.

Apa kesamaan antara kedua tokoh tersebut ? salah satunya adalah ada rentang waktu yang cukup panjang dimana kedua karakter mengalami dilema moral yang berujung mereka menjadi jahat (dalam kasus Madara jadi lebih jahat)

Besar kemungkinan "kebiasaan" ini diulang oleh Kishimoto pada karakter "Shisui" ini. Tinggal buat beberapa alasan dan cerita yang disisipkan untuk menjadikan Shisui yang awalnya baik menjadi jahat.


[page_break no="8" title="Sharingan-nya Ditempelkan di Kelopak Mata"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/06/13-kekkei-genkai-jutsu-eksklusif-terunik-dalam-naruto/" title="Kekkai Genkai (Jurus Mata) Dalam Dunia Naruto"]

Karakter Akatsuki misterius ini sepertinya memiliki penampilan yang khas yaitu mata Sharingan yang dijahit di kelopak matanya.

Kelopak matanya sendiri sepertinya nampak sudah lama tertutup sehingga harus "dipaksa" supaya bisa menampung bola mata sharingan baru.

Shusui sendiri kehilangan mata Sharingannya setelah dicuri Danzo dan memberikan mata yang satunya lagi kepada Itachi agar niat pemberontakan dari Clan Uchiha tidak terlaksana.

Mengenai asal Sharingannya sendiri agak misterius karena Danzo sudah menghancurkan semua mata Sharingan yang sudah dimilikinya dan milik Tobi sudah lenyap.

Salah satu kemungkinan yang ada adalah itu merupakan mata Sharingan dari Madara yang tewas dalam perang dunia Shinobi ke 4 dan mungkin dikubur secara normal.


[page_break no="7" title="Garis Uchiha Diturunkan Dari Ayah"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/08/spoiler-kenalkan-generasi-baru-naruto/" title="Inilah Generasi Baru Naruto"]

Dalam chapter 703 disebutkan bahwa Shin menyebut tokoh Akatsuki yang memerintahnya sebagai Ayah. Padahal kita tahu bahwa garis keturunan Uchiha sendiri diturunkan dari ayah (Seperti dalam kasus SasuSaku).

Sehingga kemungkinannya adalah tokoh ini adalah Uchiha masih hidup yang lama tidak muncul. Siapakah dia ? kemungkina besar adalah Uchiha Shisui.


[page_break no="6" title="Dendam Kepada Sasuke Memberikan Petunjuk"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/01/100-kata-kata-mutiara-dalam-naruto/" title="100 Petuah Dalam Naruto ini Bakalan Menghapus Dendam"]

Kita tahu bahwa Itachi bergabung sebagai anggota Akatsuki setelah membantai Clah Uchiha dan menjadi double agent di organisasi kriminal berbahaya ini.

Nah, Akatsuki sendiri sebenarnya merupakan suatu gerakan yang tujuannya sendiri adalah perdamaian abadi, mungkin ini juga merupakan tujuan dari Itachi walaupun caranya berbeda.

Dengan matinya Itachi (pertama kali) di tangan Sasuke, bisa jadi "Shisui" marah kepada Sasuke. Karena dulu dia bunuh diri supaya Itachi bisa menggantikannya memberikan perdamaian.


[page_break no="5" title="Jutsu Body Flicker Adalah Andalan Shisui"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/25/25-jutsu-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="25 Jutsu Terkuat Dalam Dunia Naruto"]

Dari Naruto 702 kita tahu kalau Uchiha Shin berhasil lolos dari Sasuke menggunakan Jutsu Body Flicker. Dalam dunia Naruto ada beberapa karakter yang memiliki Jutsu ini, seperti Kakashi, Gaara dan bahkan Raikage (yang mengkombinasikannya dengan jutsu listrik).

Mengingat Uchiha Shin adalah anak dari karakter Akatsuki misterius ini. Tidaklah aneh kalau asal jutsu ini diturunkan dari ayah ke anak. Dan kita tahu persis bahwa Shinobi yang paling menguasai Jutsu ini adalah Uchiha Shisui.


[page_break no="4" title="Sarada Mungkin Menjadi Kunci Kebangkitan Clan Uchiha"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Dalam Naruto 703 kita tahu bahwa karakter Akatsuki ini memerintahkan Uciha Shin untuk menculik Sarada. Namun ada bagian penting yang banyak dilewatkan. Nama Shin sendiri berarti "baru" atau kebangkitan. Tentu nama ini ada maksudnya, mungkin Shin diharapkan jadi generasi baru Uchiha.

Kita juga tahu bahwa Sarada mungkin merupakan satu satunya keturunan Uchiha perempuan yang ada di dunia Naruto sekarang

Sangat mungkin kalau motif dari penculikan ini bukan sekedar membalas dendam kepada Sasuke, tapi juga menjadikan anaknya menjadi ibu dari keturunan Clan Uchiha selanjutnya (tentunya Shin sebagai ayahnya)

Dengan demikian motif dendam kepada Sasuke sekaligus rencana untuk membangkitkan clan Uchiha bisa dilakukan dengan sekali kerja.

Kelemahan dari teori ini adalah Sarada sendiri masih terlalu muda untuk bereproduksi, namun mungkin dengan genjutsu atau Tsukuyomi Sarada bisa dibuat "tidur" selama bertahun tahun sampai siap.


[page_break no="3" title="Mendidik Anak Ninjutsu (Dari Sangat Muda) Adalah Kebiasaan Clan Uchiha"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/20/15-karakter-terkuat-dalam-naruto/" title="17 Karakter Terkuat di Dunia Naruto"]

Dalam pertarungan Shin vs Sasuke kita tahu bahwa karakter baru ini sudah sangat mahir menggunakan berbagai Ninjutsu. Bahkan dia berani bertarung melawan Sasuke yang merupakan salah satu karakter terkuat di dalam Naruto yang masih hidup.

Dengan demikian, bisa diasumsikan bahwa Shin sudah sangat mahir dengan Ninjutsu walaupun berusia relatif muda. Selain genius, tidak dipungkiri bahwa untuk mencapai kemahiran ini diperlukan latihan dari sangat belia.

Kita ingat bahwa walaupun semua clan di Konoha mendidik anaknya dengan ninjutsu sedini mungkin. Hanya Clan Uchiha yang mendidik keturunannya sangat awal. Hal ini bisa kita lihat pada keahlian Itachi (dan Sasuke) yang sudah sangat hebat pada usia sangat belia.


[page_break no="2" title="Hanya Uchiha Yang Berani Menyerang Konoha (Dalam Group Kecil)"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

Dengan pengecualian Pain (yang memiliki mata Rinnegan) amat jarang ada karakter yang berani datang (dan menyerang) Konoha, terutama dalam group kecil. Dalam sejarah hanya ada Madara, Obito, Itachi dan Sasuke yang berusaha menyerang.

Melihat pola tersebut, kita bisa berasumsi bahwa kalau ada yang menyerang Konoha, hampir dipastikan dia merupakan anggota Clan Uchiha.

Tindakan tokoh Akatsuki misterius dan Uchiha Shin yang berada di sekitar Konoha inilah yang menguatkan teori bahwa tokoh ini adalah anggota Uchiha (terutama Shisui).


[page_break no="1" title="Karakter Ini Sepertinya Mewarisi Curse of Hatred"]


13 Petunjuk Bahwa Tokoh Akatsuki Misterius Adalah Uchiha Shisui.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/03/20-kage-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="Kage Terkuat Dalam Dunia Naruto"]

Curse of Hatred adalah ideologi yang diturunkan dari Indra Otsusuki - Primogen dari Clan Uchiha kepada banyak keturunannya. Sebab musabab dari ideologi ini berasal dari Hagoromo, yang pada saat ajalnya memilih Asura sebagai penerusnya padahal Indra merupakan anak pertama : Asura yang percaya bahwa cinta adalah hal yang diperlukan untuk mencapai kedamaian atau Indra yang menggunakan kekuatan untuk mencapai kedamaian.

Karena dendam ini, Indra yang dimanipulasi oleh Zetsu hitam memulai perang melawan saudaranya dan memulai siklus yang melewati waktu untuk kedua keturunannya yaitu Clan Uchiha dan Senju.

Anggota Uchiha sendiri merupakan clan yang mengabdikan diri untuk cinta dan pershabatan sampai dia kehilangan sesuatu yang dicintainya dimana sikap ini berubah jadi dendam yang luar biasa. Perubahan ini yang kemudian menjadikan Uchiha memiliki sikap yang tidak masuk akal begitu dia kehilangan sesuatu.

Contohnya adalah Uchiha Madara yang menjadi korban kutukan ini setelah dia memutuskan tali pershabatan dengan Hashirama Senju dan mengobarkan perang yang akhirnya berujung kekalahannya. Contoh lain dari korban kutukan ini adalah Itachi yang mau membunuh keluarganya karena dia merasa bahwa keluarganya akan menyerang Konoha - yang lebih dicintainya.

Profil dendam berkepanjangan ini yang kemudian bisa jadi merupakan motif utama dari tindakan dari Akatsuki / Shisui. Mengetahui bahwa Itachi (yang didukungnya dengan mata Sharingan) mati di tangan Sasuke. Dia menjadi tidak rasional dan berusaha membalas dendam (walaupun sebenarnya dunia sudah dalam keadaan damai).

[ads_pokkt]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU