20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)

Anime sebagai media seni dan budaya telah berkembang pesat dan bahkan menurut opini penulis beberapa layak dapat Oscar. Inilah daftar Anime yang dianggap penulis layak dianggap terbaik sepanjang masa


10

Shinsekai Yori


Shinsekai Yori Anime Terbaik

Kalau kamu fans dari novel fantasi dan sains fiksi, anime ini seperti setelan jas atau gaun yang dibuatkan penjahit mahal buat kamu seorang dan sungguh pas.

Menghabiskan cukup banyak waktu untuk menjelaskan dunia dan hasrat manusia yang tinggal didalamnya, demi tujuan mengembangkan cerita dalam skala yang mengagumkan. Dengan tema cerita masyarakat distopian di masa depan, kamu akan dibawa dalam narasi yang mungkin hanya sedikit cerita lain (non anime sekalipun) mampu menyajikan yang sepadan.

Keindahan cerita ini dibantu dengan beberapa karakter yang tiba tiba “menghilang” dalam proses cerita hanya untuk muncul lagi dengan tindakan yang memperkaya cerita – sungguh menarik.


9

Toradora


Toradora Anime Terbaik

Toradora jelas bukan anime school life kebanyakan, dengan karakter multi fasad dibumbui aspek kehidupan sekolah yang manusiawi serta dihias dengan momen momen monumental. Ceritanya secara utuh muncul alamiah karena adanya tokoh tokoh yang ada didalamnya, bukan karena motif aneh yang dibuat buat.

Ceritanya sendiri dibuka dengan premis yang lucu, seorang murid SMA bernama Ryuji – walaupun berhati lembut sulit mendapat cewek karena matanya yang mirip pembunuh berantai. Untungnya, Ryuji (Dragon) ditempatkan di kelas yang sama dengan sasarannya Minori. Untuk membumbui kisah ini ada Taiga (Tiger) — anak perempuan yang hanya bisa digambarkan sebagai “binatang buas” dan sayangnya merupakan teman baik Minori.

Tentunya karena sifat alamiah antara Dragon dan Tiger yang selalu bermusuhan, tidaklah heran kalau cerita dalam anime ini berfokus tentang konflik lucu antara kedua karakter ini.

Yang paling penting adalah cerita ini ditulis oleh orang yang benar memahami romantika remaja (yang dialami kita semua). Saya berharap lebih banyak anime school life sebagus Toradora.


8

Shiki


Shiki anime terbaik

Sungguh sulit mencari anime horror yang bagus. Alasannya adalah anime cenderung sulit menggambarkan intensitas film horror melalui medium ini. Untungnya, Shiki sukses menjadi salah satu yang berhasil keluar ke permukaan.

Cara Shiki melakukan ini adalah dengan menggunakan atmosfer cerita yang sungguh menekan, musik yang intens tapi tidak murahan, dan cenderung memfokuskan cerita lebih pada bejatnya manusia – bukan pada monsternya.

Dengan cerita yang berjalan amat lambat, Shiki menceritakan tercerai berainya suatu komunitas yang terdiri atas beberapa puluh karakter yang diceritakan dengan detail. Disinilah saya melihat beberapa karakter yang awalnya merupakan orang baik menjadi jahat perlahan karena tekanan keadaan.

Tentu ada monster di dalam cerita ini, tapi dengan kesegaran dan kontekstual modern, dan pembawaan yang elegan, Shiki membawamu ke kemungkinan terburuk setelah nonton film horror, susah tidur.


7

Ping Pong The Animation


ping pong anime terbaik

Walaupun bertema olahraga, Ping Pong bukanlah anime bertema olahraga biasa seperti Slam dunk dan Tsubasa. Tentu saja, Ping Pong banyak menyuguhkan pertandingan yang sangat seru dan liga liga yang tidak kalah intens dari Slam Dunk — tapi pesan sebenarnya tentang anime ini adalah tentang manusia.

Ping Pong meyuguhkan pengembangan karakter yang tumbuh secara apik, lengkap dengan cela, ambisi dan perasaan cinta yang tampak manusiawi dan mudah dicerna.

Anime ini berhasil membawa diskursus dalam beberapa setting — bukan hanya di lapangan pertandingan saja. Namun tetap menempatkan pertandingan ping pong sebagai sebagai pengantar yang lembut untuk masuk ke topik utamanya.

Ping Pong merupakan bukti bahwa konflik sederhana bisa menjadi penting dan intens — jika melibatkan empati dari karakter yang terlibat, dan lebih jauh lagi, anime ini sukses menggambarkan dengan indahnya hal tersebut. Kalaupun kamu bukan fans dari anime bertema olahraga, melihat Ping Pong merupakan rekomendasi pribadi saya.


6

Kino's Journey : the Beautiful World


kino journey anime terbaik

Seperti namanya, Kino’s Journey adalah tentang perjalanan. Lebih tepatnya perjalanan ke banyak negara dengan budaya dan kebiasaanya yang berbeda satu sama lain. Supaya tidak “terlalu nyaman” dan menetap di salah satu kota, Kino membatasi kunjungannya hanya dalam 3 hari 2 malam.

Dalam perjalanan Kino ditemani sepeda motornya, Hermes dan membawa berbagai senjata api dan pisau untuk perlindungan dirinya. Untuk menajamkan kemampuan bela diri nya, Kino selalu berlatih menggunakan senjatanya setiap hari sebelum malam.

Dalam perjalanan ke setiap negara yang aneh dan cendrung mistis, anime ini pada dasarnya menunjukkan bahwa “hadiah” utama dari perjalanan panjang ini adalah pemahaman lebih mendasar tentang — bagaimana cara kerja masyarakatnya, kenapa masyarakat melakukan itu dan apa yang diharapkan oleh masing masing orang. Tentu tidak ada jawaban yang mudah untuk proses ini

Dengan plot cerita yang mengalir dengan kadar yang mengagumkan, animasi lembut nan indah, anime ini tidak boleh anda lewatkan.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.