20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)

Anime sebagai media seni dan budaya telah berkembang pesat dan bahkan menurut opini penulis beberapa layak dapat Oscar. Inilah daftar Anime yang dianggap penulis layak dianggap terbaik sepanjang masa


5

Monogatari


monogatari anime terbaik

Monogatari adalah anime tentang manusia, bukan manusia kebanyakan, tapi manusia tak sempurna, manusia yang tanpa dia sadari menyakiti yang orang lain saat berusaha membangun hubungan. Manusia yang berusaha mengedepankan kelemahan sebagai sesuatu yang indah.

Anime ini juga paham bahwa justru hal yang paling rentan dalam hidup kita lah yang mendefinisikan kita. Untuk menggambarkan topik ini, Monogatari membungkus tema menarik tersebut dalam cerita berburu roh (yang sama menariknya) tanpa ketinggalan inti ceritanya–tentang definisi manusia itu sendiri.

Dan lebih jauh dari sekedar metafora tersebut, anime ini menawarkan karakter yang mempesona, dialog yang lain daripada yang lain, penceritaan visual yang bervariasi dari season ke season. Monogatari juga merupakan salah satu anime yang sangat sukses memotret “gelapnya” karakter protagonis namun malah menjadikan kita mencintai karakter tersebut (karena gelapnya).


4

FLCL


FLCL anime terbaik

FLCL adalah cerita tentang remaja kelas pekerja yang beranjak dewasa. Dengan tema mecha dan sains fiksi di setting semesta alternatif dimana robot raksasa muncul tiba tiba dari jidat, gitar bisa dipakai sebagai kapak, slapstik visual yang acak dan momen romantika yang canggung.

Anime ini juga bercerita bahwa tumbuh jadi dewasa tak seindah yang dibayangkan dan susah mencari role model yang bisa ditiru. Apalagi dengan perkembangan jaman (disini dengan industrialisasi) yang begitu cepat

Walaupun menggunakan kombinasi elemen yang gila gilaan, FLCL tetap mengedepankan tokoh paling membumi yang pernah saya temukan di anime didukung oleh visual yang berwarna warni, animasi yang halus (dengan budget besar) dan soundtrack paling ikonik sepanjang masa. Anime ini menunjukkan bahwa walaupun tidak selalu nyaman, tumbuh dewasa adalah pengalaman yang menyenangkan.


3

Revolutionary Girl Utena


utena anime terbaik

Dekat dengan puncak daftar, saya memilih Revolutionary Girl Utena dengan alasan sulit untuk membayangkan ada anime yang mampu menyamai hal yang sudah dicapai oleh Utena.

Utena sendiri merupakan cerita tentang pubertas, seksualitas, identitas serta gender, hebatnya semua hal tersebut adalah bagian setiap individu. Dengan keberaniannya mengeksplorasi politik gender pada banyak episodenya–namun tetap sopan, rapih dan politically correct.

Anime ini merajut ribuan pola visual dan mencampuradukkan dalam satu frame dengan indah, Utena juga mampu membawa pemirsanya mengikuti perjalanan emosional dari puluhan karakter — dan bahkan di akhir ceritanya pun sebagian besar masih menyimpan misteri.

Walaupun dengan standar visual yang sudah ketinggalan dibandingkan standar 2010 an, Utena masih merupakan salah satu mahakarya yang pantas dilihat dan dijadikan standar anime kedepannya.


2

Neon Genesis Evangelion + End of Evangelion


evangelion anime terbaik

Neon Genesis Evangelion adalah anime yang mengusung cerita tentang dunia pasca kiamat karena dihancurkan oleh “penciptanya” melalui “angel” yang asal muasalnya sebenarnya sama dengan manusia.

Dengan tema agama samawi, Evangelion menggunakan beberapa jargon populer seperti Lance of Longinus, Angel dan bahkan Eva dan Adam untuk memberikan nuansa apokaliptik yang kental.

Saya menganggap anime ini adalah maestro karena mampu memahami manusia seutuhnya termasuk dengan kelemahan dan rasa kemanusiaannya itu sendiri. Shinji dan Kaworu sendiri merupakan tokoh yang menurut saya paling memikat dalam cerita ini. Disamping itu, latar belakang tokoh lain seperti Rei, Asuka dan Gendou jelas merupakan contoh bagaimana hubungan antar karakter yang sudah “rusak” dari awal bisa memperumit keadaan (yang awalnya sudah rumit)

Sayang, penciptaan cerita ini masih memiliki kelemahan dalam membangun pokok pikiran, terlalu lambat membangun plot dan tokohnya terlalu “abnormal”. Belum lagi anime ini perlu menyodorkan beberapa “reboot/retell” yang beberapa diantaranya saling mementahkan argumen (yang kadang sudah pakem) dari serial yang sebelumnya. Walaupun manusiawi — seperti inti ceritanya sendiri. Hal ini sangat menyebalkan dan membuang waktu.


1

Puella Magi Madoka Magica


madoka magica anime terbaik

Dari ratusan judul anime yang sudah pernah saya tonton, Madoka adalah yang paling apik dalam semua aspek, dimulai dari karakter yang unik, visual yang menarik (dan relatif baru), soundtrack yang menimbulkan inspirasi serta plot yang sulit ditandingi.

Madoka menceritakan cerita yang disusun dengan cerdas nan mengigit tentang persahabatan, pengorbanan, silkus kehidupan dan kematian serta semangat kemanuasiaan yang agung. Menggunakan narasi mirip orkestra yang rapih, Indah namun masih memungkinkan kita menggunakan intreprestasi lain.

Anime ini juga dengan sukses mengartikulasikan ekspresi marah dan harapan dalam jantung ceritanya — serta pemahaman terhadap sifat alamiah yang menjadikan manusia menjadi utuh.  Intinya Madoka adalah mahakarya terbaik, berdiri lebih tinggi setidaknya satu kilometer dari anime “bagus” diluar yang saya sebutkan dan setidaknya sejengkal dari yang top 20 — dengan kata lain. Paling sempurna !!

 

Referensi dari : wrong every time, Top 10 List

[ads_pokkt]

TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.