Jadi Sebenarnya Kemana Komik Indonesia?

kemana komik indonesia

Kemana Komik Indonesia? Pertanyaan ini baru-baru ini mencuat kembali. Kita dihadapkan pada kenyataan bahwa komik-komik Indonesia terbenam oleh serbuan komik-komik luar, seperti manga maupun komik barat. Atau bahkan ada yang meragukan komik Indonesia saat ini yang berbau kebarat-baratan ataupun yang kemanga-mangaan.

Namun apakah semua itu patut dipermasalahkan? Mengapa komik Indonesia saat ini bisa menjadi krisis identitas? Memang sebenarnya kemana komik Indonesia ke depannya? Untuk itu mari kita runutkan sebenarnya kemana komik Indonesia hingga saat ini.


Kemana Komik Indonesia Dulu?


Di Indonesia, cara bercerita menggunakan gambar sudah dikenal sejak zaman kerajaan-kerajaan di Nusantara. Salah satu contoh, cara bercerita menggunakan gambar pada masa purbakala adalah relief-relief yang terdapat pada candi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

komik indonesia (2)

Komik dikenal di Indonesia dimulai sejak 1930-an yang hadir di media massa Belanda seperti De Java Bode dan D’orient. Kho Wan Gie  membuat karakter Put On, yang merupakan seorang peranakan Tionghoa. Dan ini adalah karakter komik Indonesia yang pertama, terbit rutin di surat kabar Sin Po. Sementara itu di Solo, Nasroen A.S membuahkan karya komik stripnya yang berjudul Mentjcari Poetri Hidjaoe melalui mingguan Ratu Timur.

Di awal tahun 1950-an, salah satu pionir komik bernama Abdulsalam menerbitkan komik strip heroiknya di harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta. Salah satunya berjudul “Kisah Pendudukan Jogja”, bercerita tentang agresi militer Belanda ke kota Yogyakarta. Komik ini kemudian dibukukan oleh harian “Pikiran Rakyat” dari Bandung.

Sekitar akhir tahun 1940-an, hadir Siaw Tik Kwei menampilkan komik adaptasi dari legenda pahlawan Tiongkok “Sie Djin Koei”. Komik ini berhasil melampaui popularitas Tarzan di kalangan pembaca lokal.

Kemudian pada 1955-an muncul R.A. Kosasih, yang nantinya dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia, memulai karirnya dengan membuat karakter pahlawan wanita bernama Sri Asih. Terdapat banyak lagi karakter pahlawan super yang diciptakan oleh komikus lainnya, di antaranya adalah Siti Gahara, Puteri Bintang, Garuda Putih and Kapten Comet.

komik indonesia (3)

Tahun 1968 didominasi oleh komik cerita silat. Studio-studio film kala itu banyak mendapat keuntungan dari film yang diproduksi berdasar cerita dari komik misalnya film Panji Tengkorak yang berasal dari komik Panji Tengkorak. Namun semakin lama keterkaitan film dan komik berkembang, sehingga tidak mesti menunggu kesuksesan komik untuk difilmkan, kadangkala kesuksesan film diikuti dengan membuat versi komiknya.

komik indonesia (1)

sumber: Sejarah Komik Indonesia

Lantas kemana komik Indonesia sekarang? Lihat kenyataannya di halaman berikutnya…

1
2
3

SHARE
Previous articleNuansa Retro yang Seksi di Variant Cover DC Comics Bombshells
Next articleArslan Senki x Musou, Untuk Pertama Kalinya Game Musou Bergaya Anime
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.