Tips Membuat Press Release agar Game-mu Diulas di Media Internasional!

tips membuat press release - casual connect asia 2015
Di hari pertama Casual Connect Asia 2015 ini, Spencer Yip dari Siliconera membagikan tips membuat press release agar media-media barat melirik dan mengulas game-mu di media mereka!

Casual Connect Asia 2015, Mengintip Miniatur dan Perkembangan Industri Game Kasual

Ini adalah tahun ketiga Duniaku mengikuti Casual Connect Asia. Bagaimana suasana di hari pertama dari Casual Connect Asia 2015 ini? Simak liputannya!
Baca Juga

Kamu sudah memiliki tim dan berhasil menelurkan satu game. Langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh tentu adalah mengabarkannya kepada seluruh dunia minimal agar mereka tahu tentang game-mu, atau bahkan men-download dan memainkannya. Nah, di sini kamu perlu mengirimkan press release kepada media-media agar mereka bisa mengulas game-mu di media mereka. Untuk media lokal mungkin sudah sering kamu lakukan. Nah, bagaimana caranya agar media internasional juga melirik game-mu dan mengulasnya di media mereka?

Di hari pertama Casual Connect Asia 2015 hadir Spencer Yip, Editor in Chief dari Siliconera yang memberikan berbagai macam tips membuat press release yang benar untuk pitching game-mu kepada media internasional lewat materi Protips on Pitching to Western Press. Untuk tips membuat press release dan pitching ke media ini, Spencer mengingatkan pentingnya developer untuk melihat jadwal event game tahunan. Jadi, kamu harus tahu kapan E3 diselenggarakan, kapan TGS dan sebagainya. Karena pada saat-saat tersebut media dibanjiri dengan berita-berita event tersebut. Jika kamu mengirimkan press release atau pitching game pada saat-saat “sibuk” tersebut, maka kecil kemungkinan game yang kamu buat akan dilirik oleh media barat.

tips membuat press release

Kapan saat yang tepat? Spencer memberikan contoh sekitar bulan April-Mei atau November-Desember setelah game-game AAA dirilis. Ya, game AAA seringkali dirilis pada kuartal ketiga sekitar Oktober-November. Jadi kamu harus menghindari pitching di waktu-waktu tersebut.

Mengirim email pun ada tata cara tersendiri yang harus diperhatikan agar email yang kamu kirim diperhatikan. Salah satunya adalah dengan menggunakan subyek email yang singkat, padat, dan jelas mengenai game yang ingin kamu kenalkan, termasuk apa keistimewaan dari game tersebut. Bikin subjek email yang menarik minat media agar mengeklik dan membaca email yang kamu kirimkan. Sebisa mungkin hindari untuk menulis Press Release, atau Trailer di dalam subjek email yang kamu kirim. Jangan lupa dalam email sertakan media kit dan juga link menuju trailer game-mu.

tips membuat press release - casual connect asia 2015

Tips membuat press release lain yang diberikan Spencer adalah jangan terlalu mengikuti tren. Jangan sampai kamu mengumumkan game baru bersamaan dengan banyak game lain, bahkan berdekatan dengan perilisan game AAA. Penting untuk menyiapkan strategi kapan merilis game dan kapan harus pitching ke media beberapa bulan sebelumnya. Media sosial juga penting untuk mempromosikan game-mu ke lebih banyak gamer. Sebaiknya, share berita di media sosial tersebut pada sore hari region yang ingin kamu target.

Nah, bagi kamu yang sekarang tengah bersiap untuk merilis game, bikin press release sebaik mungkin dan ikuti tips-tips dari Spencer di atas ya!

 


SHARE
Previous articleBanyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali
Next articleAkatsuki Juga Manusia, Punya Rasa Punya Hati…
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.