5 Film Post Apocalypse Yang Harus Kamu Coba!

Film Post Apocalypse - Explosion

Mad Max: Fury Road sudah dirilis sejak pekan lalu, menampilkan visi masa depan yang menarik dari George Miller. Cari film sejenis sambil menunggu bisa nonton? Atau sudah menontonnya dan sekarang kamu bersemangat ingin melihat lebih banyak film post apocalypse? Jangan khawatir, daftar film post apocalypse di bawah ini dijamin bisa memuaskan dahaga kamu akan film-film serupa!


1

Mad Max 2: The Road Warrior


Film Post Apocalypse - Mad Max 2

Review Mad Max Fury Road – Salah Satu Film Aksi Terbaik Tahun Ini!

Max Rockatansky kembali! Apakah filmnya sebagus trilogi sebelumnya? Silakan lihat pembahasannya di review Mad Max Fury Road ini!
Baca Juga

Yak, Mad Max: Fury Road memang adalah salah satu film aksi terbaik di dekade ini. Tapi tidak ada salahnya kamu mengunjungi kembali judul sebelumnya, yang mengawali tren tersendiri di genre film post apocalypse: Mad Max 2: The Road Warrior.

Filmnya sendiri bercerita tentang konflik antara geng buas, yang dipimpin oleh sosok perkasa dan karismatik bernama Lord Humungus, yang mencoba merebut sisa persediaan minyak dari sebuah kilang minyak. Masalahnya, kilang minyak ini sudah terlebih dahulu dihuni oleh sejumlah pengungsi. Walau Humungus menjanjikan keselamatan bila penghuni kilang mau menyerahkan persediaan minyak mereka, tak satu pun penghuni kilang yang percaya.

Max Rockatansky, yang awalnya mengunjungi kilang hanya untuk kebutuhan pribadinya, justru terseret konflik dengan kedua pihak ini, yang pada akhirnya mungkin tak akan menguntungkannya sama sekali.

Pengaruh dari satu judul ini terasa ke banyak judul di berbagai media. Hokuto no Ken? Lihat pemandangan kehancurannya, penampilan preman-premannya, bahkan premis seorang penyendiri berkelana di tanah gersang pasca perang nuklir, dan kamu akan merasakan pengaruh Mad Max 2: The Road Warrior di anime/manga yang satu itu. Untuk game, lihat Fallout dan Borderlands. Bahkan salah satu pelindung badan di Fallout (leather jacket) selalu dibuat menyerupai kostum Max klasik ini.  Kita lihat saja apa Fury Road mampu meninggalkan efek di pop culture seperti Road Warrior.


2

Threads


Film Post Apocalypse - Threads

Dirilis 3 tahun setelah Mad Max 2, film post apocalypse yang satu ini memiliki pandangan yang jauh berbeda tentang dunia pasca perang nuklir.

Konflik antara Amerika Serikat dan Soviet memanas di Threads, dimulai dari kudeta yang didukung oleh pihak pro Amerika di Iran, berujung kepada “barter” nuklir antara blok Barat dan blok Timur. Sekitar 210 megaton mendarat di Inggris, mengawali kisah kelam Threads. Sepanjang film, kamu akan disuguhi upaya warga kota Sheffield, yang harus bertahan dari kesulitan pasca ledakan nuklir: tak ada listrik, krisis obat dan air, dan ancaman dari penyakit akibat radiasi.

Kamu mencari hiburan? Kalau begitu, jangan tonton Threads. Film ini akan menyerap emosi positif kamu, meninggalkan keputusasaan, rasa frustrasi, dan depresi. Kamu akan diberondong oleh nuansa kelam dari awal. Alih-alih membaik, semakin mendekati klimaks nuansa kelam ini semakin kuat hingga terasa mencekik.

Tapi, kalau kamu ingin mendapat gambaran realistis tentang efek perang nuklir, atau ingin mencari film yang bisa dijadikan bahan pembelajaran, maka film ini wajib ditonton. Tak heran, karena film post apocalypse yang satu ini dibuat untuk menunjukkan efek nyata dari kejadian seperti itu!

Lanjut ke halaman 2….

1
2

SHARE
Previous articleBlade & Soul Keluar Asia, Server Amerika dan Eropa Disiapkan!
Next article2 Domainnya Ditutup Swedia, The Pirate Bay Berubah Jadi Hydra!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.