Rockstar Membawa BBC Ke Meja Hijau Karena Film GTA!

Film GTA

Kamu mungkin masih ingat film GTA dari BBC, yang mengangkat perseteruan Jack Thompson dengan Sam Houser? Ya, film yang direncanakan akan dibintangi Daniel Radcliffe dan Bill Paxton ini rupanya membuat Rockstar gerah. Mereka pun membawa BBC ke meja hijau!

Daniel Radcliffe Setuju Main Di Film Grand Theft Auto!

Setelah sebelumnya dirumorkan dalam proses negosiasi, dikabarkan Daniel Radcliffe setuju untuk membintangi film Grand Theft Auto!
Baca Juga

Sejauh ini, BBC sebenarnya sudah cari aman. Mereka dikatakan tidak akan mengangkat proses pembuatan game GTA. Mereka juga sudah mengganti judul film GTA ini menjadi Game Changer. (Dan itu pun judul sementara, jadi mereka mungkin akan menggantinya lagi). Namun rupanya Rockstar Games tetap kesal terhadap BBC. Kenapa? Yah, karena hingga sekarang mereka tidak dilibatkan sama sekali dalam proses pembuatan film ini. Padahal inti film ini adalah pergelutan antara perusahaan mereka dengan Jack Thompson.

Ini alasan yang disampaikan oleh Rockstar Games.

“Take-Two Interactive has filed suit against the BBC for trademark infringement based on their movie currently titled ‘Game Changer’ as it relates to Rockstar Games’ Grand Theft Auto video game series. 

“While holders of the trademarks referenced in the film title and its promotion, Rockstar Games has had no involvement with this project. Our goal is to ensure that our trademarks are not misused in the BBC’s pursuit of an unofficial depiction of purported events related to Rockstar Games. We have attempted multiple times to resolve this matter with the BBC without any meaningful resolution. It is our obligation to protect our intellectual property and unfortunately in this case litigation was necessary.”

Intinya: walau memegang hak atas merek game yang konfliknya ingin dibahas BBC, Rockstar Games sama sekali tidak dilibatkan dalam proses pembuatan filmnya. Sekarang, Rockstar ingin “memaksa” lebih keras untuk melindungi franchise pendulang uang milik mereka ini.

GTA BBC - Daniel Radcliffe Sam Houser

Aneh juga sebenarnya kalau BBC membuat film GTA namun tidak melibatkan Rockstar sama sekali. Berarti ada implikasi mereka tidak berkomunikasi juga dengan Sam Houser, yang menjadi tokoh sentral di film mereka. Apa lagi mereka juga tidak mungkin melibatkan Jack Thompson dalam filmnya, mengingat betapa… eksentriknya mantan pengacara yang satu itu. Kalau begitu, materi apa yang mereka gunakan untuk membuat filmnya? Transkrip pengadilan dan liputan media?

Kalau Rockstar dan BBC masih bersikukuh, bisa jadi Game Changer tidak akan lagi menjadi film GTA, namun akan menyajikan game yang diperdebatkan Jack Thompson dan Sam Houser sebagai sebuah game generik. Itu juga kalau Sam Houser masih menjadi tokoh film ini. Sulit untuk mengambil tema film GTA kalau perusahaan yang memiliki lisensinya tidak terima.

Bagaimana pendapat BBC tentang kabar ini? Jawaban mereka singkat.

“We do not comment on legal matters.”

Yah, kita lihat saja apa efek konflik hukum Rockstar Games dengan BBC ke film Game Changer. Filmnya sendiri sudah mulai proses syuting sejak tanggal 20 April, dan direncanakan di rilis tahun ini.


SHARE
Previous articleSiapkan Cosmo Melawan Para Gold Saints Dalam Saint Seiya: Soldiers’ Soul
Next articleMatthew McConaughey Diincar Untuk Peran Green Goblin?
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.