Ini Lho Arti Kata FINAL dalam Final Fantasy Yang Sebenarnya!

Ini Lho Arti Kata FINAL dalam Final Fantasy Yang Sebenarnya!

Final-Fantasy[read_more id="219160"]

Kebanyakan orang percaya bahwa arti kata Final dalam Final Fantasy adalah karena game itu adalah game ‘terakhir’ yang akan dibuat jika game tersebut tidak sukses. Apakah memang itu artinya?

Bagi kamu yang belum familiar dengan sejarah dari developer video game Square (yang kini bernama Square Enix), nama dari Final Fantasy terdengar begitu ironis. Meskipun memiliki kata ‘Final’ yang berarti ‘akhir’, nyatanya game Final Fantasy tidak berakhir dan terus bermunculan mulai dari I hingga XV –bahkan sampai ada sekuel seperti X-2, XIII-2 hingga spinoff seperti Final Fantasy Tactics dan Final Fantasy Record Keeper. Jadi, apakah arti kata Final dalam Final Fantasy yang sebenarnya?

Beberapa gamers termasuk fans pasti akan langsung menjawab bahwa arti dari kata Final dalam Final Fantasy adalah karena jika game tersebut tidak sukses, maka keuangan Square akan memburuk dan mereka terpaksa gulung tikar. Oleh karena itu, arti kata Final dalam Final Fantasy bisa berarti game tersebut adalah game ‘terakhir’ buatan Square. Beberapa gamer dan fans lainnya mungkin akan membantah bahwa sebenarnya arti kata Final dari Final Fantasy adalah karena Hinoboru Sakaguchi, otak dari penciptaan game Final Fantasy mengancam akan berhenti dari industri game jika Final Fantasy tidak sukses dipasaran.

Ini Lho Arti Kata FINAL dalam Final Fantasy Yang Sebenarnya! Logo Final Fantasy pertama[/caption]

[read_more id="195530"]

Lantas, manakah arti Final dalam Final Fantasy dari kedua teori diatas yang benar? Sakaguchi pun menjawab bahwa kedua teori tersebut tidaklah benar. Sakaguchi mengatakan bahwa dia dan tim-nya ingin membuat game yang memiliki judul yang bisa disingkat dengan mudah dalam huruf latin. Mereka juga ingin sebuah judul yang memiliki empat suku kata –dan FF (dibaca “efu efu” dalam bahasa Jepang), masuk ke dalam kedua kriteria tersebut.

Karena genre dari game tersebut adalah Fantasy, maka tentu saja huruf salah satu huruf F dalam FF berarti Fantasy. Tetapi bagaimana dengan yang satunya lagi. Sebenarnya, kata Final bukanlah pilihan utama dari tim developer. Sakaguchi mengatakan bahwa ide awal adalah memberi judul game tersebut Fighting Fantasy. Akan tetapi ide tersebut dengan cepat mereka buang setelah mengetahui ada sebuah board game bernama Fighting Fantasy. Nah, karena judul Fighting Fantasy tidak bisa dipakai, Sakaguchi dan tim-nya akhirnya memakai judul Final Fantasy.

Ini Lho Arti Kata FINAL dalam Final Fantasy Yang Sebenarnya! fighting fantasy[/caption]

Sakaguchi mengatakan bahwa memang saat itu mereka sedang dalam krisis saat mengembangkan game Final Fantasy, akan tetapi kata apapun yang diawali dengan F bisa digunakan untuk judulnya. Jadi begitulah, arti kata Final dalam Final Fantasy tidak seperti yang dipercaya oleh banyak orang –meskipun memang benar saat itu tim developer-nya tengah dalam krisis.

Sumber: RocketNews

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU