Konami Paksa Franchise PES Tamat. Benarkah?

PES tamat
Carut marut di tubuh Konami memaksa developer dan publisher Jepang tersebut untuk menghentikan pengembangan beberapa franchise-nya, salah satunya adalah Pro Evolution Soccer (PES). Benarkah PES tamat dan tidak akan ada judul baru lagi di masa yang akan datang?

Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi Konami saat ini memang sedang carut marut. Ada banyak indikasinya, mulai dari intrik dengan Hideo Kojima yang berujung kepada hilangnya eksistensi Kojima dari game-game Metal Gear Solid (MGS), hingga dibatalkannya kolaborasi epik antara Kojima dengan Guillermo del Toro untuk mengembangkan Silent Hills. Hal ini pun membuat resah banyak penggemar franchise game-game Konami, salah satunya Pro Evolution Soccer (PES). Kabarnya, carut marut ini membuat Konami harus memaksa franchise PES tamat, alias tidak ada game-game PES lain di masa yang akan datang. Benarkah?

Isu mengenai franchise PES tamat ini sudah bergulir sejak beberapa hari lalu. Awalnya, isu ini muncul setelah Konami merilis performa finansial dan juga prediksi keuangan di tahun 2015 ini. Dalam laporan tersebut, tidak ada judul PES 2016 dalam daftar game yang akan dirilis di konsol tahun 2015 ini. Hanya ada satu judul konsol global yang muncul dalam daftar tersebut, tidak lain adalah MGS V: The Phantom Pain. Hal ini pun membuat penggemar PES cemas, apakah PES benar-benar akan tamat?

PES tamat

Isu ini pun semakin diperkuat dengan tidak adanya kabar sama sekali dari PES 2016 sampai akhir Mei ini. Padahal, EA sudah mengkonfirmasikan FIFA 16 akan hadir tidak lebih dari bulan September 2015 mendatang. Memang, masih ada kesempatan game ini akan dikonfirmasikan dalam E3 2015 bulan depan, namun tidak adanya kabar sama sekali dari Konami mengenai PES 2016 membuat fans khawatir bahwa hidup PES benar-benar akan tamat.

Tidak mau para penggemarnya larut dalam kekhawatiran, Community Manager dari PES Adam Bhatti pun mengklarifikasinya via Twitter. Klarifikasi ini bermula dari pertanyaan seorang penggemar mengenai apakah benar franchise PES tamat karena tidak muncul dalam prediksi judul yang akan dirilis Konami dan juga tidak ada kabar mengenai “keberadaannya” sampai saat ini.

https://twitter.com/Adam_Bhatti/status/598457368515575808

Lebih lanjut, Bhatti menghimbau para fans agar tetap tenang dan mengklarifikasi bahwa franchise PES tidak tamat ataupun dibatalkan perilisannya.

https://twitter.com/Adam_Bhatti/status/598589231943053313

Konami Bakal Pensiun Bikin Game Konsol, Lebih Fokus ke Game Mobile!

Konami Bakal Pensiun Bikin Game Konsol, Lebih Fokus ke Game Mobile, Download game mobile, game mobile.apk, game mobile terbaru, game mobile iphone
Baca Juga

Apakah klarifikasi dari Bhatti ini cukup melegakan? Yang jelas, sampai saat ini masa depan PES bisa dikatakan masih buram. Apalagi, Konami beberapa waktu lalu juga mengkonfirmasikan bahwa mereka ke depannya akan lebih fokus untuk mengembangkan game mobile dibandingkan game-game AAA semacam MGS. Jika benar PES tamat, maka tentu saja FIFA pun akan melaju “sendirian” dan tidak memiliki pesaing kuat di genre sepak bola.

Atau jangan-jangan, PES tidak tamat melainkan berubah menjadi game mobile? Kita tunggu saja klarifikasi resmi dari Konami.

Sumber: Lazygamer