Heboh Suara Terompet dari Langit. Fakta atau Hoax?

Suara Terompet Dari Langit - End of the World

Kamu-kamu yang aktif di media sosial pasti sudah melihat posting-an soal suara terompet dari langit memenuhi timeline atau wall. Nyatakah fenomena ini? Ataukah hanya mengada-ngada?

Tak heran kalau berita-berita soal suara terompet dari langit ini membuat orang takut. Orang muslim pasti tahu kalau suara sangkakala dari malaikat Israfil menandakan datangnya hari akhir. Yang nasrani juga mungkin sudah mendengar tentang tujuh sangkakala dalam kitab wahyu , yang kira-kira bermakna sama.

Tidak tanggung-tanggung, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional sampai ikut-ikutan memberi pendapat tentang fenomena ini, seperti yang kamu bisa lihat di artikel Detik. Jadi… apakah ini benar?

Pertama-tama, kita lihat dulu respons Lapan tentang fenomena ini. Dalam artikel Detik di atas, asal suara terompet dari langit ini malah dinyatakan BUKAN datang dari luar angkasa. Apapun yang menyebabkan suara itu berasal dari planet ini.

Ini juga bukan pertama kalinya suara-suara seperti ini terdengar. Tahun 2012 lalu, saat dunia sedang ramai-ramainya mengkhawatirkan akhir dunia karena berakhirnya penanggalan suku Maya, kamu-kamu yang sering mengunjungi situs paranormal seperti /X-nya 4chan pasti sudah melihat video seperti ini juga. Ini kompilasinya:

Heboh Suara Terompet dari Langit. Fakta atau Hoax?

Dunia kembali dihebohkan oleh suara terompet dari langit yang misterius! Apakah ini fenomena nyata, hoax, ataukah ada penjelasan ilmiah di baliknya?

Abaikan

Dan ini adalah salah satu contoh kemunculan suara terompet dari langit di tahun 2015.

Heboh Suara Terompet dari Langit. Fakta atau Hoax?

Dunia kembali dihebohkan oleh suara terompet dari langit yang misterius! Apakah ini fenomena nyata, hoax, ataukah ada penjelasan ilmiah di baliknya?

Abaikan

Jadi, apa sebenarnya asal suara-suara ini?

mungkin dia penyebabnya
Mungkin dia penyebabnya

Elchin Kalilov sudah memberi jawaban atas fenomena serupa di tahun 2012 lalu, seperti yang bisa kamu baca di situs SOTT.

Suara Terompet Dari Langit - Elchin Khalilov

Khalilov berpendapat kalau suara terompet dari langit ini tergolong infrasonik, dan yang didengar oleh manusia hanya sebagiannya saja. Salah satu kemungkinan penyebabnya, seperti yang tertulis di atas, adalah akibat energi dari badai matahari. Kalau kamu tidak tahu, di tahun 2012 memang terjadi badai matahari luar biasa, seperti yang ditulis di situs resmi NASA, sehingga tak heran kalau fenomena seperti ini bisa terpicu.

Tapi ada juga kemungkinan sumber suara justru berasal dari inti planet bumi. Dalam artikel SOTT di atas, Khalilov menjelaskan,

“There is one more possible cause of these sounds and it may lie at the Earth’s core. The fact is that the acceleration of the drift of the Earth’s north magnetic pole which increased more than fivefold between 1998 and 2003 and is at the same level today points to intensification of energy processes in the Earth’s core, since it is processes in the inner and outer core that form the Earth’s geomagnetic field. Meanwhile, as we have already reported, on November 15, 2011 all ATROPATENA geophysical stations which record three-dimensional variations of the Earth’s gravitational field almost simultaneously registered a powerful gravitational impulse. The stations are deployed in Istanbul, Kiev, Baku, Islamabad and Yogyakarta, with the first and last one being separated by a distance of about 10,000 km. Such a phenomenon is only possible if the source of this emanation is at the Earth’s core level. That huge energy release from the Earth’s core at the end of the last year was some kind of a start signal indicating the transition of the Earth’s internal energy into a new active phase.”

Penjelasan di atas juga tidak berlawanan dengan hasil analisa Lapan, kalau suaranya berasal dari bumi, bukan dari luar angkasa.

Jadi gimana nih? Fenomena suara terompet dari langit ini fakta atau hoax? Fakta atau hoax, fenomena ini sepertinya lebih sering terjadi di daerah orang bule (Amerika, Kanada, Eropa, Australia). Analisa Khalilov juga masih dipertanyakan oleh forum skeptis, sehingga jawabannya pun tidak bisa dijadikan patokan. Kesimpulan sementara: fenomena ini masih belum bisa diteliti secara tuntas karena masih kurang sampel. Tapi setidaknya penjelasan Khalilov sudah cukup memuaskan.

Lagi pula, kalau suara terompet dari langit ini berasal dari malaikat Israfil, inilah yang seharusnya terjadi: Tiupan pertama akan menghancurkan dunia beserta isinya, tiupan kedua akan mematikan para malaikat dan tiupan ketiga akan membangkitkan orang-orang yang telah mati dan mengumpulkan mereka di Padang Mahsyar. 

Yep, kalau suara terompet dari langit itu adalah sangkakala malaikat Israfil, seharusnya dunia sudah berakhir. Jadi santai saja. Saat Israfil benar-benar meniup sangkakalanya, kita bahkan tidak akan punya waktu untuk spekulasi. Jadi jangan gunakan fenomena ini untuk gontok-gontokan dengan orang lain, baik di media sosial maupun di dunia nyata.

Bila kamu sudah mendengar fenomena ini juga, silakan sampaikan dengan lengkap di kolom komentar di mana kamu mendengarnya, kapan, dan bagaimana suaranya.