5 Alasan Life Is Strange Lebih Baik dari Telltale Games

Life-is-Strange-2

SPOILER ALERT!

Life Is Strange memberikan inovasi yang tidak kalah menarik dibandingkan game Telltale

Banyak genre game yang tersedia di dunia video game. Salah satu genre yang menarik adalah genre point and click adventure, dimana genre ini menawarkan petualangan memilih pilihan, dan tiap pilihan ada konsekuensinya tersendiri. Dari berbagai developer yang membuat game ber-genre point and click ini, salah satu yang terkemuka adalah Telltale Games, dimana developer ini telah berpengalaman menggarap game point and click dari Monkey Island, Sam & Max, hingga game tie-in dengan judul film atau TV terkemuka seperti The Walking Dead bahkan Game of Thrones. Bahkan genre ini suka disebut sebagai genre Telltale-like game, karena Telltale memang seolah-olah sudah menancapkan pakemnya di genre ini.

Life-is-Strange-Episode-2-1

Namun Telltale harus waspada, karena ada game dengan genre yang sama yang sepertinya akan melebihi kelebihan-kelebihan dari game Telltale selama ini. Mungkin beberapa dari pembaca sudah bisa menebak, bahwa pesaing serius game Telltale adalah Life Is Strange, yang juga merupakan game buatan Dontnod Entertainment dan di publish oleh Square-Enix. Mengapa Life Is Strange bisa menjadi pesaing potensial bagi Telltale Games? Berikut adalah beberapa hal yang membuat Life Is Strange layak menjadi pesaing, bahkan melebihi Telltale Games.


1

Grafis Menawan


Life-Is-Strange-6

Life Is Strange menggunakan grafis Unreal Engine. Itulah yang membuat grafis di game ini terlihat halus dan fotorealistik. Teksturnya memang tidak detail, agak terlihat kartun, tapi tetap terlihat keren. Sedangkan grafis dari Telltale Games memang terlihat khas, dengan desain lebih terlihat seperti animasi, Frame rate dari Telltale Games juga termasuk rendah. Dan ini tidak mengalami peningkatan signifikan di game-game selanjutnya.

Life-is-Strange-1

Tentu saja grafis ini merupakan ciri khas Telltale Games. Namun jika dibandingkan dengan Life Is Strange, tentu semestinya Telltale bisa bikin game yang grafisnya makin baik, atau setidaknya ada perbaikan pada frame rate yang tidak sehalus Life Is Strange


2

Interface yang Gokil


Sekali lagi, interface di Telltale Games memang khas, contohnya seperti pada Game of Thrones berikut ini.

What Telltale Could Learn From Life is Strange

Coba dibandingkan dengan interface di Life Is Strange.

What Telltale Could Learn From Life is Strange

Interface di Life Is Strange terasa lebih luwes dan eye catching. Seolah-olah Max mencorat-coret lingkungan sekitarnya untuk memberi petunjuk pada player. Pada Telltale Games, kita terpaksa menyorot kursor pada objek-objek untuk memunculkan interaksi, sedangkan pada Life Is Strange, interface ini akan muncul secara pop-up sehingga memperkecil kemungkinan untuk luput.

life is strange

Dengan interface seperti ini kita jadi seperti memahami bagaimana cara berpikir Max, tentunya dilengkapi narasi dialog batin dari Max itu sendiri. Memang interface di game tipikal point and click akan mengalami masalah yang mirip, yaitu terkadang luput dari mata. Namun pada Life Is Strange, interface ini berusaha lebih catchy agar enak dilihat.

Beberapa interface Life Is Strange juga memperlihatkan sketsa, seolah-olah itulah yang akan ditulis Max pada jurnal pribadinya. Hal ini membuat interface dan tools di Life Is Strange saling terhubung sehingga jadi menarik. Interface monoton ala Telltale memang perlu belajar dari ini.

life is strange (2)

Tidak cuma grafis dan interface, masih banyak hal menarik dari Life Is Strange di halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleReview It Follows: Film Unik Buat Penggemar Genre Horror!
Next articleSetelah Human Torch, Kini Robot Transformer Wanita Bertarung di Arena Microsoft
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.