Chaos Rings III Dirilis di Android dan iPhone, RPG Keren Dari Pencipta Wild ARMs

Chaos-Rings-III-1

Chaos Rings Terbaru Makin Cantik

Chaos Rings cukup berhasil memesona para gamer mobile RPG. Kali ini akan rilis sekuel ketiganya
Baca Juga

Agustus 2014 lalu, Square Enix mengkonfirmasikan Chaos Rings III, seri keempat dari game RPG populer mereka untuk platform mobile yang pertama kali dirilis tahun 2010 lalu, dan diklaim sudah terjual / diunduh di platform mobile hingga mencapai 1.1 juta kopi. Game yang masih dikembangkan oleh developer yang identik dengan RPG legendaris Wild ARMs, yaitu Media Vision tersebut sudah dirilis di Jepang 16 Oktober 2014 lalu untuk Android, iOS, dan untuk pertama kalinya, juga masuk PS Vita. Khusus untuk PS Vita, Square Enix memaketkan tiga prekuelnya Chaos Rings, Chaos Rings Omega, dan Chaos Rings II, dengan judul Chaos Rings III: Prequel Trilogy – sebatas kode saja sih, karena ketiganya tetap harus diunduh melalui PSN.

Chaos-Rings-III-2

Tidak perlu menunggu lama, versi translasinya untuk Android dan iOS dirilis kemarin melalui Play Store dan App Store. Seperti game RPG mobile dari Square Enix lainnya, Chaos Rings III dijual dengan harga yang aduhai mahalnya, mencapai US $19.99, atau sekitar Rp. 265 ribuan di Android, dan Rp. 230 ribuan di iOS. Selain itu, karena memang ditampilkan dalam grafis 3D, tidak heran jika resource yang dibutuhkan juga cukup besar, mencapai 2.3 GB. Namun yang kami sukai, untuk platform dengan diversifikasi spesifikasi yang begitu beragam, kalian tidak membutuhkan Android mahal untuk memainkannya. Cukup dengan Android sejutaan yang setidaknya memiliki prosesor quad-core dan RAM 1 GB, game ini bisa dijalankan dengan baik tanpa lag. Apalagi Media Vision selaku developer juga memberikan opsi untuk memilih kualitas visualnya, resolusi rendah, menengah atau tinggi. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan hardware yang digunakan.

Chaos Rings III Debut Trailer

Chaos Rings III Dirilis di Android dan iPhone, RPG Keren Dari Pencipta Wild ARMs

Mungkin kalian sudah bosan menantikan hadirnya Final Fantasy terbaru, nih Square Enix punya solusi RPG keren lainnya sebagai selingan sembari menunggu FF XV!

Abaikan

Chaos Rings III mengambil setting di sebuah dunia dimana para petualang percaya jika mereka menjelajahi dunia untuk mencapai Neo Pascal. Sebuah tempat yang diyakini menjadi pintu masuk ke surga, sebuah planet mitos yang dikenal sebagai Marble Blue (juga disebut-sebut sebagai blue star). Kalian mengendalikan beberapa diantara petualang tersebut, dan juga mengetahui apa yang menjadi alasan mereka melakukan ziarah ke Marble Blue tersebut. Karakter utamanya, Nazca, memimpikan Paradise, misteri terbesar Marble Blue, dan dia ingin pergi ke sana, sekaligus untuk mencari tahu misteri ayahnya yang menghilang di Marble Blue. Karakter lainnya, Leary, bertualang ke sana dengan harapan menemukan ayahnya, yang dipercaya telah diculik dan dibawa ke sana oleh seseorang misterius.

Chaos-Rings-III-3

Perjalanan mereka dimulai di sebuah benua melayang yang dikenal sebagai New Paleo. Petualang dari banyak wilayah berkumpul di kota yang menjadi semacam pusat sebelum mereka melanjutkan perjalanan mencapai Marble Blue. Selain para karakter yang kalian kendalikan dan memiliki alasan khusus mencari Marble Blue tersebut, blue star juga dipercaya dipenuhi dengan harta karun, monster, dan legenda. Segala hal yang diharapkan para petualang ada di sana.

Banyak nuansa Media Vision ditemui di sini. Seperti setting yang memadukan nuansa fantasi dan fiksi ilmiah, dengan adanya pesawat luar angkasa, pertarungan turn-based yang santai namun sarat strategi dan efek skill karakter, ada senjata karakter yang mengingatkan pada ARMs-nya Wild ARMs, dan yang kami sukai, suara karakter dipertahankan dalam bahasa Jepang (ya, untuk menghemat waktu dan uang juga sih, daripada menyuarakannya dalam bahasa Inggris). Sayangnya beberapa translasinya kurang rapi, seperti adanya teks yang sampai menembus kotak dialog.

Chaos-Rings-III-4

Kalian yang menyukai tipikal RPG klasik Square Enix (cerita generik, battle turn-based), dan juga merindukan sentuhan Media Vision, bisa mencoba game ini, yang menurut penulis cukup worth it dibeli dengan kualitas yang diberikan, dan menurut kami juga lebih baik dari tipikal RPG mobile lainnya. Dan ya, ini RPG Square Enix yang bukan Final Fantasy — jika kalian sudah mulai bosan dengan Final Fantasy. Btw, jika kalian merasakan hal yang sama, tapi memang karakter utamanya mirip banget dengan Sora dalam Kingdom Hearts! Mungkin kebetulan!

Chaos Rings III: English Trailer

Chaos Rings III Dirilis di Android dan iPhone, RPG Keren Dari Pencipta Wild ARMs

Mungkin kalian sudah bosan menantikan hadirnya Final Fantasy terbaru, nih Square Enix punya solusi RPG keren lainnya sebagai selingan sembari menunggu FF XV!

Abaikan

REVIEW OVERVIEW
Review Game Mobile

SHARE
Previous articleKate Upton, Lili Simmons, Dakota Fanning Dibidik untuk Trilogi Baru Film J.K. Rowling
Next articleThe Last Airbender Jelek? Ini Pembelaan dari M. Night Shyamalan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.