Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Ternyata ga butuh duit sejutaan kok untuk mainkan Batman Arkham Knight! Bahkan lebih murah... kalau mau main yang complete, kalian hanya butuh satu ini saja: SABAR!

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/31/ini-baru-lelaki-batman-hadapi-ratusan-drone-arkham-knight-sendirian/" title="Ini Baru Laki! Batman Hadapi Ratusan Drone Sendirian!"]

Gamers, yang juga penggemar Batman, pasti sudah menantikan game terbarunya ini, Batman Arkham Knight. Selain itu, Warner Bros. Interactive Entertainment juga cukup bijak memberi jeda waktu sebulan dari The Witcher 3, yang memang butuh waktu panjang untuk memainkannya. Namun tetap saja, seperti tipikal game AAA lainnya, entah kalian membeli Batman Arkham Knight secara pre-order atau memilih menunggu review-nya, dan membeli langsung nanti setelah dirilis, Rocksteady Studios dan Warner Bros. sudah memastikan, kalian tidak akan bisa membeli keseluruhan kontennya langsung saat dirilis nanti.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/29/batman-arkham-knight-season-pass/" title="Arkham Knight Season Pass Ini Bisa Bikin Kantong Kalian Bolong!"]

Konten telah disebar ke banyak retailer, memesan awal memang memberi bonus khusus (seperti yang terbaru, bonus kostum lainnya di bawah), namun tetap saja kalian bakal dipaksa membeli beberapa paket kopian yang ditawarkan di beberapa retailer tersebut jika ingin mengoleksi semuanya. Menyebar bonus pemesanan awal ke banyak retailer seakan menjadi kedok bagi publisher untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dengan cara diversifikasi konten. Mereka menarget hardcore gamer, early adopter, yang tidak peduli apakah ada faktor gamble ketika membeli game di masa awal perilisannya, yang mungkin saja penuh lag dan perlu di-patch ulang. Yang paling parah, ternyata ketika dimainkan, tidak sebaik impresi melalui video trailer yang dirilis sebelumnya.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/22/batman-arkham-knight-dual-play-detailed/" title="Detail Terbaru Aksi Dark Knight"]

Sebelumya kita sudah mengulas mengenai Season Pass untuk Batman Arkham Knight yang harganya cukup aduhai, kemudian minggu lalu kita juga mengetahui ada collector’s edition Batman: Arkham Knight untuk versi XOne dan PS4, yang disebut sebagai Serious Edition. Bundle dengan harga US $70, atau sekitar Rp. 920 ribuan tersebut berisi gamenya, in-game skin (“Batman First Appearance”), dan eksklusif untuk bundle ini, berupa graphic novel Batman untuk memperingati 25 tahun Batman yang peryama kali diterbitkan pada tahun 1989, Arkham Asylum: A Serious House on Serious Earth. Selain itu, pembeli bundle ini juga berhak atas Banyak DLC, termasuk Season Pass-nya.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/08/vampire-the-twilight-perankan-batgirl-dalam-game-batman/" title="Vampire The Twilight Saga Perankan Batgirl"]

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Berlanjut kemarin, Warner Bros. kembali membuat gamer penggemar Batman tergiur, menawarkan perk baru melalui skin pack "Gotham's Future" pada para pemesan awal. Kami menemukannya dalam database game ini di Steam, yang memberi kalian bonys sepasang skin, salah satunya diadaptasi dari serial animasi Batman Beyond, dan yang satunya menggunakan desain Batman dalam The Dark Knight Returns. Sejauh ini bonus pre-order Gotham's Future baru dikonfirmasikan untuk PC saja, sedangkan bonus pre-order lainnya yang sudah dipastikan Maret lalu (setelah dikonfirmasikan pada akhir Juli 2014), bisa dimainkan untuk semua platform, memungkinkan kalian memainkan Harley Quinn dalam sebuah misi DLC.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Skin Batman yang diadaptasi dari The Dark Knight Returns-nya Frank Mille memang tidak ada yang aneh. Namun Batsuit dari Batman Beyond, dalam Batman Arkham Knight ini diperlihatkan berbeda dari sebelumnya (sepertinya tidak sebaik desain dalam game sebelumnya). Bisa dilihat di atas perbandingannya, kostum Batman Beyond dari Batman: Arkham City (berdiri paling kiri). Kostum tersebut dijual sebagai bagian DLC pack seharga US $5 berisi kostum lainnya, seperti Earth One Batman, 1970s Neal Adams Batman, hingga kostum Batman dari Batman the Animated Series. Sedangkan berdiri tepat di kanan kostum Batman Beyond adalah kostum Dark Knight Returns yang diberikan dalam Batman Arkham City, yang masih bisa diterima, karena mirip dengan dalam Batman Arkham Knight ini.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/06/batgirl-dalam-season-pass-batman-arkham-knight/" title="Perlu Duit Sejutaan Untuk Main Arkham Knight?"]

Aksi Harley Quinn terpusat di dalam Blüdhaven Police Department, selama dia mengacaukan lokasi tersebut untuk menyelamatkan Poison Ivy, dengan setting sebelum event Batman Arkham Knight. Kalian bisa memerankan Harley Quinn di tengah empat map challenge, sambil menggunakan senjata, gadget dan ability uniknya (ya, termasuk tongkat baseball-nya itu).

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Tidak ketinggalan skin kostum, skin Batmobile, hingga misi tambahan dari Scarecrow yang eksklusif PlayStation 4, kami saja sudah bingung ketika mau membeli game ini. Namun konten tersebut setidaknya hanya ada di PS4 sampai akhir tahun saja kok! Bukan kali ini saja Sony berhasil mengamankan konten eksklusif, sebelumnya mereka juga mendapatkan untuk Destiny. Konten eksklusif juga menjadi salah satu strategi Sony dalam membuat platform mereka menjadi lebih menarik di mata gamer. Berikut trailer konteneksklusif tersebut yang baru dirilis beberapa hari lalu:

Batman Arkham Knight - PS4 Exclusive Content Trailer

[youtube_embed id="Vn3f9tRiVTg"]

Mau bermain di platform yang mana, karena semuanya menawarkan konten yang jelas collectible di mata penggemar Batman. Itu baru beberapa saja lho, masih banyak yang lainnya, dan bisa kalian lihat di halaman kedua artikel ini daftarnya.

Lanjut ke halaman 2...

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Berikut yang kalian dapatkan jika membeli [outbound_link text="bundle Limited Edition" link="http://www.gamestop.com/browse?nav=16k-3-Batman+Arkham+Knight+Limited+Edition,28zu0"] termahal Batman Arkham Knight seharga US $99.99, atau sekitar Rp. 1,4 jutaan melalui GameStop.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Dan berikut yang agak murahan, [outbound_link text="Serious Edition" link="http://www.amazon.com/Batman-Knight-Serious-Bundle-PlayStation-4/dp/B00WZYABJ4/ref=sr_1_2?s=videogames&ie=UTF8&qid=1432916854&sr=1-2&keywords=arkham+knight"] dari Amazon yang dijual seharga $69.99, atau sekitar Rp. 950 ribuan.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Sedangkan daftar lengkap bonus pre-order apa saja yang sudah dikonfirmasikan sejauh ini, bisa kalian simak di bawah:

Bisa diakses semua region/semua platform

  • Harley Quinn Story Pack

    • Mengakses story mission Harley Quinn, dimana kalian bisa memainkan Harley Quinn di sini.

GameStop Exclusive

  • Red Hood Story Pack

    • Mengakses story mission Red Hood, dimana kalian bisa memainkan Red Hood di sini.

Eksklusif Best Buy:

  • WayneTech Booster Pack

    • Explosive Gel Takedown: Menyiapkan jebakan untuk melumpuhkan musuh dari jauh.
    • Aerial Juggle: Menyerang musuh di udara untuk menghasilkan damage besar.
    • Weapon Upgrade: Meningkatkan kekuatan senjata Batmobile.
    • Batarangs While Gliding: Melemparkan beberapa batarang saat melayang.

Eksklusif Walmart:

  • 4 challenge map eksklusif dimainkan sebagai Harlee Quinn.
  • Batmobile khusus dengan fitur gameplay eksklusif.

Esklusif Steam

  • Gotham's Future Skin Pack

    • Kostum Dark Knight Returns.
    • Kostum Batman Beyond.

Limited Edition

  • Steel book
  • Artbook
  • Comic Book
  • Skin Pack

    • Tiga skin dari seri DC Comics New 52.

  • Patung Limited Edition Batman

Batmobile Edition

  • Steel book
  • Artbook
  • Comic Book
  • Skin Pack

    • Tiga skin dari seri DC Comics New 52.

  • Patung Limited Edition Batmobile

DLC Eksklusif PS4

  • Scarecrow Nightmare DLC Pack, termasuk di dalamnya skin “Justice League 3000″ untuk Batman, misi Scarecrow Nightmare dan skin serial Classic TV Batman dan skin Batmobile

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Menyebar konten yang seharusnya, dan sepantasnya -- jika Warner Bros. berorientasi ke konsumen, bukan retailer -- dimasukkan ke dalam paket gamenya tersebut bisa membuat banyak fanboy menjadi korban. Apalagi memang tidak ada penghargaan khusus ketika kalian mendapatkan semuanya lebih awal, yang ada hanya gigit jari, karena bisa saja, pada akhirnya menyadari jika konten dari retailer lainnya lebih baik dari yang sudah dibeli. Warner Bros. memang ingin membuat para retailer senang dengan eksklusifitas pembelian di masing-masing toko tersebut, dan bahkan dengan kenyataan tidak ada bundle yang memang berisi semua bonus. Penulis yakin, jika ada dengan harga lebih mahal pun, gamer hardcore, fanboy Batman yang berkocek tebal, tetap akan membelinya.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Namun kalian yang sudah pengalaman dengan trik publisher dewasa ini, membeli game yang masuk “kelas atas” seperti ini di saat perilisan pertamanya sama saja buang-buang duit. Ya, kecuali kalian memang masuk pada kategori early adopter yang memang ingin memainkan game tersebut begitu dirilis. Namun jika sabar menunggu sampai setengah tahun kemudian, atau untuk Batman: Arkham Knight yang dirilis 23 Juni 2015 nanti, seharusnya akhir tahun nanti kita sudah mendapatkan informasi versi murahnya yang biasanya disebut edisi “Game of the Year” dengan embel-embel complete edition, semua konten yang sudah pernah dirilis dipaketkan menjadi satu -- ya, kami juga tahu itu trik untuk mendapatkan duit lebih banyak. Namun selain lebih murah, dipaketkan dengan semua konten DLC-nya, kalian juga terhindar dari kemungkinan kekecewaan jika ternyata gamenya tidak sesuai ekspetasi trailer awalnya.

Ternyata Musuh Terberat Batman Itu Justru Para Pedagang Online!

Sebagai perbandingan, untuk versi GOTY kedua prekuelnya, Batman: Arkham Asylum dan Batman: Arkham City saja hanya $19.99 (Rp. 136 ribuan di Steam), atau tinggal 1/5 dari harga awalnya! Belanja hemat, belanja cerdas! Ya, sayangnya untuk Batman: Arkham Origins, sejauh ini belum ada edisi GOTY-nya. Memang sempat dijual edisi Complete-nya, namun itu pun tidak merata, hanya di wilayah tertentu saja.

Sekali lagi, membeli game kelas AAA yang ditawarkan dengan trik memanen duit gamer melalui penyebaran konten ke banyak retailer seperti ini merupakan pilihan yang buruk. Kami sarankan untuk sabar dulu, menyewa saja, atau membeli second hand, atau memilih game lain yang tidak terlalu membuat kalian sampai harus berpikir berat hanya karena kontennya yang terbatas, atau versi lengkapnya secara cepat memangkas limit kartu kredit. Khusus untuk Batman Arkham Knight ini, penulis pribadi memesan awal tanpa pedulikan bonusnya, asal bisa main, dan klaimkan uang pembelian ke manajemen... dan begitu GOTY / complete edition-nya keluar, langsung pre-order deh... hehehe!

*jangan coba-coba meniru trik tersebut di kantor kalian masing-masing ya guys, karena itu hanya bisa terjadi di duniaku*

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU