Pria Ini yang Diduga Paksa Serial Metal Gear, Silent Hill dan PES Tamat!

Konami-Metal-Gear-1

Konami Pensiun Bikin Game Konsol?

Sepertinya kita mulai mengetahui faktor yang mungkin memicu perselisihan antara Konami dengan Hideo Kojima...
Baca Juga

Kami yakin Konami tidak sengaja merangkai kabar yang berhembus beberapa bulan belakangan. Mulai dengan polemik yang terjadi di dalam dapur Konami, dan berujung pada keputusan mengundurkan diri Hideo Kojima dari Konami, dibatalkannya pengembangan Silent Hills, ditariknya demo playable Silent Hils yang disebut P.T. dari PlayStation Store, hingga yang juga menghebohkan, dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh media Jepang Nikkei Trendy Net kepada CEO Konami Hideki Hayakawa, disebutkan jika Konami bakal lebih terfokus membuat game-game mobile ke depannya. Dan seperti beberapa kabar kontroversi mengenai salah satu publisher game tua di Jepang tersebut, mereka sampai memberikan pernyataan klarifikasi bahwa berita yang berkembang saat ini tidak sepenuhnya tepat.

Hideki-Hayakawa-1
CEO Konami Hideki Hayakawa yang mulai aktif memimpin 1 April 2015 lalu.

Konami Butuh Duit Nih, Jualan Jaket Metal Gear Harga Sejutaan!

Memang butuh biaya besar untuk menjadi kolektor Metal Gear Solid V...
Baca Juga

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, memang bisa saja ada translasi yang kurang tepat dari isi wawancara dalam Nikkei Trendy Net tersebut, dan kita juga masih perlu menunggu konfirmasi resmi Konami mengenai hal ini. Dan ternyata benar, Konami memberikan konfirmasi resmi, tidak perlu sampai harus menunggu selama E3 2015. PR Konami mengirimkan respon atas kabar “fokus mobile” yang berkembang, bahkan mereka juga mentranslasikan dalam versi mereka isi wawancara yang dilakukan pada Nikkei Trendy Net, serta menegaskan jika mereka masih akan membuat game untuk konsol serta arcade untuk mengikuti perubahan tren yang berkembang. Meskipun menurut kami sendiri, press release mereka ini sekadar manis di mulut saja untuk menenangkan para penggemarnya.

Jika Konami sendiri menghapus eksistensi tim Kojima Productions, lantas apakah mereka mampu melanjutkan Metal Gear?

Silent Hills thumb

Dibalik Gegernya Perseteruan Kojima - Konami

Intinya sih, serial Metal Gear tidak akan berakhir di MGS V The Phantom Pain!
Baca Juga

Dalam konfirmasi mereka, Konami menyebutkan jika Maret kemarin mereka mengalami restrukturisasi besar-besaran. Salah satu imbasnya sudah kita ketahui, Hideo Kojima yang digeser dari posisi eksekutif. Namun meskipun terjadi perubahan strategi yang sangat besar, mereka mengatakan jika konsol masih menjadi bagian penting bagi masa depan Konami. Namun dalam bagian pernyataan mereka, kami bisa memperkirakan maksudnya adalah memang benar Konami ingin merubah arah strategi masa depan mereka menjadi publisher yang lebih mengedepankan platform mobile, namun sesekali mereka masih akan menawarkan video game ber-budget tinggi, seperti Silent Hills yang baru-baru ini dibatalkan pengembangannya. Tren semacam itu sudah sangat lumrah terjadi di Jepang, dan kami rasa sebagian besar publisher besar di Jepang berbondong-bondong mulai menarget pasa casual dengan game-game mobile saat ini untuk menyedot duit gamer dengan cara yang lebih efisien (baca: budget kecil, hasil besar).

duniaku-kojima-1

Metal Gear Rising 2 Tinggal Impian!

Tenang, biasanya rumor itu perlu jalan berliku untuk menjadi kenyataan...
Baca Juga

Pada bagian lain press release mereka tersebut, beberapa kali judul Metal Gear disebutkan, juga ada sang mastermind, Hideo Kojima. Namun seperti pernyataan mereka sebelumnya, tidak ada kejelasan bagaimana status Kojima. Apakah memang benar Kojima dipecat. Kami sendiri berpikir, Kojima yang memang tidak berpengalaman di platform mobile, tidak akan dibutuhkan Konami dalam strategi jangka panjang baru mereka. Daripada membebani perusahaan, lebih baik disingkirkan saja, bukan!? Sepertinya baik Konami dan Kojima sedang menunda mengungkapkan status mereka, karena pertaruhannya adalah Metal Gear Solid V The Phantom Pain itu sendiri, yang bakal segera dirilis 1 September 1015 nanti.

Metal-Gear-Solid-V-10
Kalau Konami ga mau lanjutkan Metal Gear, Quiet diam-diam bisa saja lho selingkuh dengan Sony, atau Microsoft!

Suikoden II Untuk PS Vita, Semoga Juga Untuk Smartphone!

Suikoden dan Suikoden II, Resident Evil Revelations 2 dan The Banner Saga menjadi beberapa amunisi baru PS Vita!
Baca Juga

Konami juga mengatakan jika selama ini mereka selalu memelihara dengan baik serial Metal Gear serta Silent Hill. Pada kenyataannya, beberapa game Silent Hill terakhir tidak mampu memenuhi ekspetasi penggemarnya seperti seri-seri awal Silent Hill. Dan dengan dibatalkannya Silent Hills, kita bisa mengatakan juga Konami tidak ingin membuat game Silent Hill lagi. Namun beda lagi jika dibatalkannya proyek tersebut ada hubungannya dengan Kojima, yang sekali lagi, kami menduga memang sengaja disingkirkan karena tidak sejalan dengan tujuan baru perusahaan. Sedangkan untuk Metal Gear, memang Konami yang memiliki hak atas serial ini. Namun selama ini dikembangkan oleh timnya Kojima Productions. Jika Konami sendiri menghapus eksistensi tim tersebut, lantas apakah mereka mampu melanjutkan Metal Gear?

Lanjut ke halaman 2….

1
2

SHARE
Previous articlePokeball Yang Satu Ini Sulit Sekali Untuk Ditolak!
Next articleYuk Berkenalan dengan Para Pembicara GDG 2015 Jakarta
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.