Segitiga Senjata Dalam Fire Emblem If Bikin Game Ini Makin Kompleks

Fire-Emblem-If-6

Fitur Baru Fire Emblem Mirip Istananya Suikoden!

Jaga Dompet Kalian, Game Fire Emblem If ini Buktikan Jika Nintendo Kini Makin Rakus! Download Fire Emblem If, game Fire Emblem terbaru.
Baca Juga

Nintendo menggelar Nintendo Direct 31 Mei kemarin, dan seperti biasanya, ada banyak informasi baru mengenai game Wii U dan 3DS diungkapkan selama presentasi online tersebut, khususnya untuk game mereka yang dirilis mulai pertengahan hingga akhir tahun ini. Untuk kalian penggemar game Strategy RPG, tidak ada judul lain dari Nintendo yang paling dinantikan selain Fire Emblem If, yang bakal dirilis untuk 3DS 25 Juni mendatang, dan ditawarkan dalam dua versi berbeda Fire Emblem If: White Kingdom dan Fire Emblem If: Black Kingdom (ya, trik yang sama seperti serial Pokémon untuk membuat gamer galau dengan pilihan, yang pada akhirnya bisa jadi membeli kedua versi). Setelah mengulas mengenai fitur barunya, yang menjadikan game ini memiliki fitur istana seperti tipikal Suikoden-nya Konami, berikut beberapa informasi terbaru mengenai sistem dalam game.

Fire-Emblem-If-26

Waspadai Trik Nintendo Dalam Menyedot Duit Gamer

Sudah pusing pala mau beli versi yang mana, ditambah dengan sistem gameplay-nya yang makin kompleks.
Baca Juga

Total disediakan 9 save data slot. Awalnya 3, dan akan meningkat dengan setiap skenario DLC yang kalian mainkan (sampai cerita ketiganya, baca artikel sebelumnya untuk detail ketiga cerita). Kemudian yang juga merupakan pembenahan yang pasti diterima, tidak seperti prekuelnya, senjata dalam Fire Emblem If tidak dibatasi bisa digunakan berapa kali dan kemudian rusak, jadi kalian tidak perlu kuatir membeli senjata yang sama, atau terus menggunakan senjata yang kuat dan efektif. Namun menggunakan senjata yang kuat bakal menurunkan beberapa ability penggunanya. Misalnya, Brave Sword memungkinkan karakter menyerang dua kali, namun yang perlu diperhatikan, ada kompensasi dari mengenakan senjata favorit tersebut, karena juga menurunkan status pertahan fisik dan sihir hingga 4 poin. Berikut beberapa efek senjata yang sudah diketahui ketika dikenakan:

Fire-Emblem-If-5

  • Bronze Sword: tidak bisa menggunakan special attack (critical hit) namun menambah poin 10 ke status evasion dari special attack musuh.
  • Iron Sword: tidak ada ability yang diturunkan.
  • Steel Sword: evasion –5, kemungkinan serangan lanjutan –3.
  • Silver Sword: critical evasion –5, power dan skill –2 untuk turn selanjutanya.
  • Brave Sword: menyerang dua kali, namun –4 untuk defense dan magic defense.

Fire-Emblem-If-4

Dan terakhir, mengenai sistem pertarungan segitiga yang menjadi ciri khasnya, Fire Emblem if masih mempertahankan sistem Weapon Triangle, sebuah sistem dimana sword mengalahkan axe, axe mengalahkan lance, dan lance efektif melawan sword. Namun untuk Fire Emblem If, ada dua rangkaian senjata lainnya dalam Weapon Triangle, dengan Sword dan Magic mengalahkan Axe dan Bow, Axe dan Bow mengalahkan Lance dan Concealed Weapon, serta Lance dan Concealed Weapon efektif melawan Sword dan Magic.

Fire-Emblem-If-25

Intelligent System selaku developer menjanjikan tantangan baru yang belum pernah diterapkan melalui serial Fire Emblem sampai saat ini. Untuk itu, mereka mencoba memasukkan beberapa elemen baru ke dalam Fire Emblem dengan menunjuk beberapa figur baru, seperti desainer karakter Kozaki Yusuke (desainer karakter Fire Emblem Awakening, No More Heroes, Puzzle & Dragons, dan desainer Lucky Chloe Tekken 7), kemudian ceritanya ditangani oleh Shin Kibayashi (penulis manga, novelis dan juga penulis skenario yang pernah mendapat penghargaan Kodansha Manga Award). Kemudian dari awal Fire Emblem If dikonfirmasikan, sudah ditegaskan jika kalian bakal menjumpai pilihan yang jauh lebih besar, dan efek pilihan tersebut pada dunia juga lebih terlihat jelas. Fire Emblem If dirilis di Jepang 25 Juni 2015, dan untuk versi Amerika Utara serta Eropanya menyusul tahun depan.


SHARE
Previous articleJaga Dompet Kalian, Game Ini Buktikan Jika Nintendo Kini Makin Rakus!
Next articleCafe Bertema Naruto Kini Dibuka di Akihabara!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.