Jaga Dompet Kalian, Game Ini Buktikan Jika Nintendo Kini Makin Rakus!

Fire-Emblem-If-23

Sistem Senjata Dalam Fire Emblem Ini Makin Kompleks

Segitiga Senjata Dalam Fire Emblem If Bikin Game Ini Makin Kompleks, game Fire Emblem terbaru, guide Fire Emblem If, Strategy RPG terbaik.
Baca Juga

Nintendo menggelar Nintendo Direct 31 Mei kemarin, dan seperti biasanya, ada banyak informasi baru mengenai game Wii U dan 3DS diungkapkan selama presentasi online tersebut, khususnya untuk game mereka yang dirilis mulai pertengahan hingga akhir tahun ini. Untuk kalian penggemar game Strategy RPG, tidak ada judul lain dari Nintendo yang paling dinantikan selain Fire Emblem If, yang bakal dirilis untuk 3DS 25 Juni mendatang, dan ditawarkan dalam dua versi berbeda Fire Emblem If: White Kingdom dan Fire Emblem If: Black Kingdom (ya, trik yang sama seperti serial Pokémon untuk membuat gamer galau dengan pilihan, yang pada akhirnya bisa jadi membeli kedua versi). Berikut trailer terbarunya yang dirilis selama Nintendo Direct:

Fire Emblem If – Nintendo Direct

Jaga Dompet Kalian, Game Ini Buktikan Jika Nintendo Kini Makin Rakus!

Bukan hanya publisher game Barat saja yang menerapkan diversifikasi konten game, memecah cerita yang harusnya bisa masuk dalam satu paket, Nintendo pun juga melakukannya di sini!

Abaikan

Video di atas menjelaskan salah satu fitur barunya, yang disebut “My Castle.” Melalui fitur tersebut, kalian bisa membuat dan membagikan markas yang kalian kembangkan dengan pemain lain. Seperti halnya game simulasi, kalian bakal mendirikan dan mengelola markas untuk tentara, yang dilengkapi dengan fasilitas seperti toko senjata dan item di lahan yang tersedia, ada lahan pertanian dimana kalian bisa menanam tanaman dan menghasilkan makanan, serta menjelajahi My Castle dalam grafis 3D.

Adegan pertarungan Black Kingdom
Adegan pertarungan Black Kingdom

Preview Fire Emblem If

Nintendo emang kreatif. Bagaimana Kalian Membeli Fire Emblem If Bakal Tentukan Seperti Apa Endingnya! Download Fire Emblem, Fire Emblem terbaru!
Baca Juga

Kemudian kalian bisa menunjuk siapa yang menjaga toko tersebut (Rinka yang ditunjuk dalam video), berinteraksi dengan karakter lainnya (memperdalam hubungan dengan mereka) dalam sebuah pemandian, di Lilith’s Shrine kalian bisa memberi makan makhluk bernama Lilith (dia bisa naik level bergantung pada makanan yang diberikan), dan bahkan juga dengan pemain lain melalui StreetPass. Karakter utama bisa mendapatkan kamarnya sendiri (My Room), dan kalian bisa mengundang karakter lain ke dalam untuk berinteraksi, sekaligus memperdalam hubungan dengan mereka.

Fire-Emblem-If-1

Toko-toko tersebut bisa dinaikkan levelnya, dan mereka bakal menyediakan item yang lebih baik. Kemudian di restoran yang dikelola Felicia, kalian bisa memesan makanan, yang mana memberi beragan efek untuk karakter, entah itu positif atau negatif. Dan ketika kalian mengunjungi area My Castle pemain lainnya, kalian bisa membeli senjata dan item yang tidak tersedia di permainan kalian sendiri (seperti kami jelaskan sebelumnya, karena Fire Emblem If tersedia dalam dua versi, dan masing-masing menawarkan item yang berbeda pula), bahkan merekruit karakter. My Castle juga bisa digunakan sebagai sarana pertarungan antar pasukan dengan pemain lain di dalam arena, atau menguji keberuntungan kalian di Kujibiki Shop, dengan memutar roda undian untuk mendapatkan item.

Fire-Emblem-If-2

Untuk koneksi melalui StreetPass untuk bertarung dengan pemain lain di istana, diperlihatkan dalam video bagaimana gedung bisa hancur sembari bertarung dengan pemain lain. Namun kerusakan bakal dipulihkan ke kondisi normal begitu pertarungan usai. Kalian juga bisa merekruit karakter yang dimiliki pemain lain setelah pertarungan tersebut. Karakter antara kedua versi game ini berbeda, dan itu salah satu cara untuk mendapatkan mereka. Demikian juga menggunakan StreetPass untuk mengunjungi My Castle pemain lain, untuk mendapatkan item yang tidak ditawarkan di istana kalian sendiri (karena perbedaan dua versi game).

Fire-Emblem-If-3

Selain menjelaskan fitur baru tersebut, Nintendo juga mengkonfirmasikan jika amiibo Marth, Ike, Robin, dan Lucina kompatibel dengan game ini nanti. Menyentuhkan mereka ke 3DS, memunculkan karakter tersebut ke dalam area My Castle, dimana kalian bisa berinteraksi dan bertarung melawan mereka. Jika kalian berhasil menang, mereka bisa direkruit ke tengah party. Selain itu, ada cara lainnya.

Fire Emblem If: White Kingdom
Fire Emblem If: White Kingdom
Fire Emblem If: Black Kingdom
Fire Emblem If: Black Kingdom

Berhubungan dengan dua karakter ikonik serial ini, Marth dan Lucina, ternyata mereka muncul dalam game sebagai bagian konten DLC. Kalian bisa mendapatkan kode untuk mengunduhnya dengan membeli salah satu starter deck game TCG Fire Emblem 0 (Cipher) yang dirilis bersamaan dengan Fire Emblem If di Jepang. Selain itu, booster pack-nya juga memberi bonus kode untuk mengunduh DLC karakter lawas lainnya, Minerva. Promosi silang yang sangat menguntungkan, mengingat masing-masing starter pack dijual 1,300 yen (sekitar Rp. 140 ribuan), dan booster pack-nya 350 yen (sekitar Rp. 38 ribu).

Versi Limited Edition Fire Emblem If
Versi Limited Edition Fire Emblem If

Musuh Utama Batman Ternyata Toko-toko Online

Musuh Terberat Batman Arkham Knight Itu Justru Para Pedagang Online! download Batman Arkham Knight, guide Batman Arkham Knight, cheat Batman Arkham Knight
Baca Juga

Meskipun produk TCG tersebut jelas menjadi trik Nintendo mendulang lebih banyak yang, namun di Jepang Fire Emblem If ini begitu disambut baik, dan bahkan versi Special Edition-nya yang dibuka pre-ordernya per awal April 2015 lalu saja sudah ludes dipesan tidak sampai sebulan. Kok bisa? Trik menyebar konten juga dilakukan oleh Nintendo (ya, bukan hanya publisher Barat yang lihai dalam hal ini). Hanya melalui versi limited edition tersebut, gamer bisa mendapatkan cerita bagian ketiga Fire Emblem If. Padahal versi limited edition itu saja ditawarkan dengan harga 9,250 yen (atau sekitar Rp. 1 jutaan). Bahkan bagaimana cara kalian membelinya (versi retail atau digital), juga perlu diperhitungkan, karena itu pun juga berpengaruh (baca penjelasan kami sebelumnya).

Adegan pertarungan White Kingdom
Adegan pertarungan White Kingdom

Nintendo NX Bakal Gunakan OS Android

Nintendo NX, Calon Platform Game Nintendo, Diduga Gunakan OS Android! Nintendo NX news, gambar Nintendo NX, berita Nintendo NX, bentuk Nintendo NX
Baca Juga

Versi terbatas ini datang dengan dua cartridge kedua versi gamenya, White dan Black, serta cerita ketiganya, dilengkapi dengan art book dan kartu TCG terbatas Fire Emblem 0 (Cypher). Dengan satu game yang memiliki dua versi berbeda, trik yang sama seperti serial Pokémon untuk membuat gamer galau dengan pilihan, yang pada akhirnya bisa jadi membeli kedua versi, Nintendo sepertinya paham bagaimana memaksimalkan game first-party mereka ini (mengingat mereka sangat minim dukungan developer third-party). Yah, semoga saja untuk versi translasinya yang direncanakan tahun depan, ketiga skenarii dipaketkan dalam 1 bundle, dan tidak ada trik marketing yang memaksa kalian berpikir membeli versi retail atau digitalnya.


SHARE
Previous articleKebijakan Refund Steam Diberlakukan. Kabar Baik atau Kabar Buruk?
Next articleSegitiga Senjata Dalam Fire Emblem If Bikin Game Ini Makin Kompleks
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.