Nintendo NX Masih Misterius, Kini Dikabarkan Ga Jadi Pakai Android!

Nintendo-NX-1

Nintendo NX Gunakan Android

Tenang, ini hanya salah satu cara Nintendo menarik kembali developer game agar mau membuat game untuk mesin game mereka, bukan untuk memproduksi smartphone mereka sendiri.
Baca Juga

Sebelumnya muncul kabar jika Nintendo bakal menggunakan OS terbuka dari Google, yaitu Android untuk platform baru mereka, Nintendo NX, dengan tujuan untuk menarik minat lebih banyak developer third-party masuk dan mengembangkan game untuk platform Nintendo (yang saat ini, khususnya Wii U, dijejali game-game first-party). Memang belum dikonfirmasikan resmi oleh Nintendo, namun beberapa kali mereka sudah memberi sinyal jika memang kebijakan bisnis mereka sediit berubah. Kerjasama dengan perusahaan yang dikenal melalui game sosial dan mobile Jepang DeNA, dan juga sudah memastikan jika setahun ke depan bakal ada beberapa game mobile dari Nintendo. Namun apakah benar kebijakan bisnis tersebut sampai harus keluar dari pakem, sampai Nintendo perlu merubah keseluruhan sistem software platform game mereka yang selama ini dikembangkan sendiri, dan bakal menggantinya dengan Android? Hari ini kami mendapatkan jawabannya, dan respon Nintendo adalah: TIDAK!

Nintendo-NX-2

Sumber kami menyebutkan, jika untuk platform game yang saat ini merupakan proyek rahasia Nintendo, yaitu Nintendo NX, juru bicara Nintendo mengungkapkan tidak ada fakta yang mengarahkan Nintendo bakal mengadopsi Android.

Nintendo Bakal Membuat Game Android

Laporan terbaru dari salah satu media besar di Jepang Nikkei menyebutkan jika Nintendo bisa jadi akan meluaskan lini bisnisnya dengan mengembangkan game Android.
Baca Juga

Sebelumnya, editorial dari Nikkei Jepang mengangkat topik yang sedang hangat dibicarakan ini. Bahwa Nintendo akan menggunakan sistem operasi terbuka yang dikembangkan Google tersebut untuk konsol mereka, agar mereka bisa sekaligus menarik minat developer software yang sudah mengembangkan game atau aplikasi untuk platform mobile (Android khususnya), agar mem-port game tersebut untuk mesin game Nintendo, dan menghasilkan perpustakaan game third-party yang besar.

Nintendo NX, Inikah Penerus Wii U?

Jadi sekarang ini sudah waktunya kita move on dari Wii U... ?
Baca Juga

Dengan Nintendo yang telah mengenalkan konsep bermain game menggunakan kontroler berlayar sentuh, bahkan satu-satunya di ranah konsol game, serta dianggap cukup berhasil memanfaatkan layar tersebut, menggunakan Android yang saat ini sudah banyak diterapkan untuk smartphone dan tablet berlayar sentuh, bahkan juga sudah merambah ke televisi dan wearable device, bakal lebih memudahkan Nintendo menarik minat developer pihak ketiga. Satu masalah yang dialami Nintendo saat ini, dimana Wii U sepertinya diasiingkan oleh para developer game konsol karena cost pengembangannya yang mahal (ya, karena memang Wii U arsitektur hardware-nya juga berbeda dibandingkan PlayStation 4 dan Xbox One, dua pesaingnya saat ini).

Nintendo-NX-2

Wii U Menjadi Masa Depan Nintendo NX

Nintendo ingin seperti iOS dan Android, tiap tahun bisa muncul mesin game baru ber-merk Nintendo!
Baca Juga

Langkah Nintendo mengadopsi Android bisa memberi bukan hanya efek positif, seperti makin banyak developer software dan game indie yang masuk ke perpustakaan Nintendo. Namun dengan sebuah sistem operasi Open Source, Nintendo bakal lebih disibukkan dengan masalah yang selama ini masih melanda Android, seperti isu keamanan dan pembajakan software.

Sejauh ini Nintendo belum mengungkapkan detail yang cukup mengenai Nintendo NX, dan Satoru Iwata, CEO Nintendo juga menjanjikan jika pihaknya baru akan mengungkapkan detail awalnya paling cepat tahun depan. Kita tunggu saja kelanjutan kabar platform baru Nintendo NX ini. Apakah jadi menggunakan Android, atau tetap bertahan dengan OS Nintendo sendiri, dan yang terpenting, seperti apa bentuknya nanti. Semoga bukan smartphone, dan semoga bukan micro console.

Sumber: WSJ


SHARE
Previous articleGame of Thrones: Tiada Joffrey, Ramsay Bolton Pun Jadi
Next articleNunggu Final Fantasy Type-Next? Sabar, Mainkan Dulu Type-0 HD di PC!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.