Naruto Global TV Bikin Group Trans TV Meradang!

naruto global tv

Naruto Global TV buktikan keperkasaannya di layar kaca Indonesia!

Seperti Inikah Silsilah Keluarga Naruto?

Jika silsilah tokoh-tokoh Naruto diurutkan mungkin akan membentuk gambar silsilah keluarga Naruto seperti ini!
Baca Juga

Hal ini terbukti dari perolehan rating pada akhir bulan kemarin (Mei 2015) yang berhasil naik menempati posisi ke-7 teratas menurut data kepermisaan ABC. Jika menengok data Top 15 parameter ABC Jumat, Naruto Global TV meraih TVR 2,5 dan TVS 12,5. Sebelumnya, Naruto Global TV hanya mampu menduduki di peringkat 12.

Tentu saja meningkatnya perolehan penonton Naruto, mempengaruhi performa Global TV di dunia pertelevisian. Jika biasanya posisi Global TV berada dibawah Trans 7 dan Trans TV, kini Global TV konsisten diapit oleh dua Trans tersebut. Trans 7 berada diposisi ke-6 sementara Trans TV menempati posisi ke-8.

Awalnya Naruto pernah ditayangkan di Trans TV, tetapi waktu itu anime tersebut tayang pada Senin hingga Jumat pukul 11.00 WIB. Lantaran jam tersebut merupakan jam aktif bekerja dan sekolah, tak heran bila penonton Naruto di Trans TV minim. Akhirnya stasiun Global TV yang dekat dengan target penonton anak-anak itu membeli hak tayang Naruto dan menambahkan episode Naruto di jam tayangnya, yang dimulai dari season pertama sampai Shippuden.

10 Momen Paling Emosional dalam Naruto!

Siapkan tisu kalian karena kita akan mengikuti sebuah perjalanan penuh feels dalam 10 momen paling emosional dalam Naruto ini!
Baca Juga

Meski belum sekuat MNCTV, kakak Global TV, namun tayangan animasi di Global TV telah memiliki penonton setia. Parameter All Kamis 16 April 2015 menunjukkan, animasi Rabbids Invasion yang tayang pukul 05.30 WIB meraih TVR 1,0 dan TVS 14,8. Tertinggi di jam tayangnya.

Meningkatnya posisi Global TV ini juga dipengaruhi lemahnya program Trans TV dan Trans 7. Seperti kita tahu, Trans TV yang pernah menjadi nomor 1 berkat Yuk Keep Smile (YKS), kini mengandalkan Best YKS yang berisi tayangan ulang program lawak tersebut. Sedangkan Trans 7 sempat mengandalkan rerun Opera Van Java, Kangen OVJ, di slot primetime. Jika tidak segera meluncurkan gebrakan, bukan tidak mungkin Global TV terus menguat dan mengungguli keduanya.

Perlu diketahui bahwa tayangan Naruto pernah diberhentikan dari Global TV dengan alasan tidak ada jam tayang karena terhalang oleh beberapa tayangan baru. Namun, akhirnya Global TV melanjutkan kembali episodenya dengan memajukan jam tayang menjadi pukul 17.00 WIB. Strategi ini pun bisa dirasa cukup berhasil bagi Global TV.

Ini menunjukkan untuk perolehan rating dan share yang tinggi itu memang bukan hanya ditentukan oleh program/acara yang bagus, tapi juga ditentukan oleh jam tayang (time slot) yang tepat.

Saya berharap kesuksesan Naruto Global TV ini membuka mata stasiun-stasiun TV lain untuk kembali menyiarkan anime di jam tayang yang tepat. Di era 90 dan awal 2000an dulu, anime-anime bagus macam Samurai X, Sailor Moon, Saint Seiya, Born to Cook, Digimon, dan banyak lagi juga disiarkan di Indonesia.