Aerith dan Cloud Kembali Hidup Dalam Final Fantasy Tactics Android!

Final-Fantasy-Tactics-Mobile-4

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Genre: Strategy RPG
Pengembang: Square Enix
Tanggal Rilis: 4 Juni 2015

Setelah 2 tahun menunggu, akhirnya Square Enix merilis versi translasi dari game strategi mereka, Final Fantasy Tactics: The War of the Lions, untuk Android.

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions merupakan upgrade game strategi berjudul Final Fantasy Tactics yang sebelumnya hanya direncanakan untuk Playstation Portable saja. Versi PSP-nya sudah dirilis sejak tahun 2007 lalu, tetapi pihak Square Enix sudah merilis port-nya lebih awal untuk iOS sejak tahun 2011 lalu. Keputusan tersebut jelas menganaktirikan pihak android, karena pada saat itu Square Enix tidak memberikan tanggapan apapun untuk versi Androidnya. Sampai pada tahun 2013 lalu, mereka akhirnya merilis versi Jepang Final Fantasy Tactics: The War of the Lions untuk platform Android! Dan kini setelah 2 tahun menunggu, akhirnya Square Enix meerilis versi translasinya pada 4 Juni 2015 lalu.

Game Strategi

Final Fantasy Tactics memiliki permainan yang berbeda dari seri RPG Final Fantasy biasanya. Sistem permainannya terfokus pada penyusunan strategi dan taktik berperangmu secara turn-based. Terdapat beberapa karakter utama yang bisa kamu atur untuk menghabisi pasukan musuh. Mereka masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri, memiliki berbagai pilihan senjata dan magic berdasarkan Job yang mereka miliki. Game ini juga memiliki sistem permadeath, kematian suatu karakter akan permanen, mereka tidak bisa kamu hidupkan kembali bagaimana pun caranya.

Final-Fantasy-Tactics-Mobil

Untuk versi android-nya sendiri memiliki fitur baru yaitu kontrol “multi-touch” sehingga untuk mengendalikan permainan akan lebih mudah dibandingkan dengan versi PSP-nya. Fitur ini mempermudahkanmu untuk men-zoom, memutar, menggeser map yang berada di layarmu hanya dengan melakukan “swipe” dan “mencubit” layar saja.  Meskipun demikian, keseluruhan gameplay dan juga cerita yang ditampilkan game strategi ini tidak ada perubahan.

Game Strategi

Sebagai tambahannya, versi android game strategi ini juga mendapatkan perbaikan dalam sistem “Loading”-nya. Jika versi sebelumnya, waktu loading screen-nya cukup lama, kini Square Enix mampu menyulapnya menjadi super cepat. Bahkan lebih cepat dari versi iOS-nya. Selain itu, kini setiap cutscene bisa kamu skip menggunakan tombol virtual yang tersedia di layar.

Final-Fantasy-Tactics-Mobil

Kenali Semua Cid Final Fantasy Di Sini!

Final Fantasy tidak akan lengkap tanpa karakter yang satu ini....
Baca Juga

Namun yang paling penulis sukai, game ini, dan seperti banyak Final Fantasy dan remake dari Square Enix lainnya, bisa kalian mainkan menggunakan Android yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya. Dengan Android sejutaan yang spesifikasinya sudah quad-core dan RAM 1 GB, game ini penulis coba berjalan dengan mulusnya, bahkan secara grafis menurut penulis juga lebih baik dari tampilan aslinya untuk PSOne yang muncul tahun 1997 silam. Selain itu, bisa menjadi nostalgia bagi kalian yang masih saja tidak terima karena Aerith Gainsborough harus tewas dalam Final Fantasy VII, di sini kalian bisa bertemu kembali dengannya (dan juga “pasangan” abadinya, Cloud Strife). Dia hidup, sehat, masih saja setia berjualan bunga untuk membantu ibunya.

image

Stella Tewas, Gamer Ga Mau Terima Luna Maya Sebagai Pengganti!

Semoga tidak ada pemikiran memasukkannya kembali sebagai DLC nantinya untuk gantikan Luna Maya.... eh, Lunafreya!
Baca Juga

Selain Aerith, Cloud juga bisa kalian rekruit selama permainan. Penggemar Cloud-Tifa mungkin kesal ya, namun kedua dimunculkan kembali bukan tanpa alasan, karena memang Aerith adalah hal terpenting dalam hidup Cloud, yang dipercaya bisa menyembuhnya rasa sakitnya, dan juga alasan kenapa Cloud berambisi menemukan The Promised Land. Sudah mulai merasa kangen dengan Aerith? Oh ya, dalam game ini juga, kalian bisa bertemu dengan Cid terkuat dalam sejarah Final Fantasy, Holy Swordsman, komandan Knights of the Order of the Southern Sky, Cidolfus Orlandeu.

image

image

image

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions saat ini sudah bisa kamu dapatkan dari play store dengan membelinya seharga Rp. 151.756, lebih murah dari versi iOS-nya yang masih saja ditawarkan dengan harga Rp. 159 ribuan. Meskipun harganya tergolong tinggi, game-game dari Square Enix memang memiliki reputasi yang baik soal kualitas game yang mereka rilis. Sebagai game strategi yang melegenda dan total waktu gameplay-nya yang lama, maka harga yang diberikan Square Enix ini termasuk layak! Oh ya, siapkan juga storage di smartphone / tablet kalian, karena game ini membutuhkan penyimpanan data mencapai 650 MB di Android, dan sekitar 500 MB di iOS.

Final-Fantasy-Tactics-Mobile-6 Final-Fantasy-Tactics-Mobile Final-Fantasy-Tactics-Mobil FF4 FF Final-Fantasy-Tactics-Mobile-7 Final-Fantasy-Tactics-Mobile-5