10 Fitur Terbaik Windows 10 yang Perlu Kalian Ketahui

Sebelum install Windows 10 di desktop, laptop atau tablet kalian, kenali dulu 10 fitur terbaiknya ini!

6

Multitasking yang Lebih Baik

Tombol Task View di sebelah tombol Search / Cortana.

Tombol Task View di sebelah tombol Search / Cortana.

Microsoft menerapkan sistem virtual desktop yang disebut Task View. Meng-klik tombol Task View di taskbar, atau cukup menyapukan jadi dari sisi layar untuk pengguna perangkat berlayar sentuh, bakal meunculkan semua jendela yang terbuka, dan memungkinkan pengguna berganti mengakses jendela lainnya yang berada dalam desktop berbeda.

Banyak jendela terbuka? Kalian bisa atur masing-masing jendela aplikasi ke dalam virtual desktop khusus. Misalnya, aplikasi yang berhubungan dengan aktivitas browsing menjadi satu virtual desktop. Tekan Atl-Tab untuk berganti setiap desktop, dan kalian juga bisa melihat detail jendela yang terbuka di masing-masing desktop.

Banyak jendela terbuka? Kalian bisa atur masing-masing jendela aplikasi ke dalam virtual desktop khusus. Misalnya, aplikasi yang berhubungan dengan aktivitas browsing menjadi satu virtual desktop. Tekan Atl-Tab untuk berganti setiap desktop, dan kalian juga bisa melihat detail jendela yang terbuka di masing-masing desktop.

Fitur ini mirip seperti fitur Space-nya Apple dalam OS X, dan bakal sangat membantu kalian dalam mengatur beberapa jendela dan aplikasi yang terbuka, Kalian tidak perlu membuarkan beberapa jendela dan aplikasi terbuka tidak beraturan dalam satu desktop, kalian cukup buat virtual desktop lainnya untuk membuka jendela atau aplikasi tersebut. Sehingga kalian bisa mengoperasikan aplikasi lainnya yang lebih aktif digunakan sekarang ini, tanpa terganggu dengan banyak jendela aplikasi yang harus di-scroll ketika menekan tombol Alt -Tab misalnya. Task View ini jelas memudahkan pengoperasian menggunakan jari.

Windows-10-14

Seperti tipikal aplikasi untuk tampilan Live Tile-nya Windows 8, aplikasi Windows Store sebelumnya juga hanya bisa digunakan dengan tampilan full-screen. Namun kini, kalian bisa bernafas lega karena toko online Microsoft tersebut bisa diakses dalam bentuk jendela terpisah di desktop, atau bisa juga dalam tampilan full-screen.

7

Snap Assist, Jalankan Empat Aplikasi Bersamaan

Saat kalian snap satu jendela, kalian langsung ditawari aplikasi  yang berhubungan bisa di-snap juga untuk empat jendela yang mendapat porsi sama di tengah layar.

Saat kalian snap satu jendela, kalian langsung ditawari aplikasi yang berhubungan bisa di-snap juga untuk empat jendela yang mendapat porsi sama di tengah layar.

Bagi kalian yang membutukan membuka dan mengoperasikan beberapa aplikasi bersamaan, kini Windows 10 juga memungkinkan aplikasi dikunci ke salah satu dari empat bagian layar (atau salah satu dari dua sisi jika hanya ada dua jendela saja) dengan cara mudah, tinggal digeser saja jendelanya ke salah satu dari empat sudut layar. Ketika satu jendela aplikasi di geser ke salah satu sisi, maka kalian bakal diminta untuk memilih jendela keduanya, agar tampilan dapat terbagi dengan baik, menjadi dua atau empat jendela. Fitur itu disebut sebagai Snap Assist.

Melihat jendela yang aktif bersamaan dengan Snap Assist.

Melihat jendela yang aktif bersamaan dengan Snap Assist.

Banyaknya program yang bisa diatur dalam dua sisi yang berbeda dipengaruh oleh resolusi layarnya. Bahkan sistem juga menyarankan aplikasi lain apa saja yang bisa kaloan gunakan untuk memenuhi ruang yang tersedia.

8

Microsoft Terapkan Ikon Metro Di Desktop

Windows-10-6

Google mungkin terinspirasi dengan bahasa desain Metro-nya Microsoft dalam menerapkan Material Desidn pada Android Lollipop. Meskipun nama Metro tidak lagi diterapkan, dan kini lebih disebut sebagai Windows Universal Apps, namun bahasa desainnya tetap dibawa dalam Windows 10 ini, dengan desain baru yang lebih datar, serta bisa kalian temui langsung di desktop, bukan lagi harus masuk ke tampilan Start menu-nya Windows 8.

Lanjut ke halaman 4….


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.