Apa Kabar Ujian SBMPTN 2015?

sbmptn-peserta

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dilaksanakan selama 3 hari mulai 9 hingga 11 Juni 2015. Ujian tertulis telah dilaksanakan pada Selasa (9/6) lalu. SBMPTN berlaku serentak di seluruh wilayah Indonesia. Seleksi dilakukan guna memperebutkan kouta dan jurusan (program studi) yang diincar pada perguruan tinggi negeri (PTN).

Kini para peserta SBMPTN tinggal menunggu pengumuman dan hasil dari ujian baru saja dilaksanakan. Pengumuman resmi perihal hasil ujian akan dirilis pada 9 Juli mendatang. Pengumuman bisa diakses secara online di website resmi Sbmptn.or.id.

Jalur SBMPTN merupakan alternatif lain masuk ke PTN pilihan bagi peserta yang gagal Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dihelat beberapa waktu lalu. Berikut ulasan dan informasi  SBMPTN 2015.

Tujuan SBMPTN 2015

SBMPTN 2015 dimaksudkan sebagai upaya mencari serta menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi dapat menyelesaikan studinya dengan baik di PTN pilihannya. Selain itu, seleksi ini juga dimaksudkan sebagai upaya dan peluang bagi calon mahasiswa dalam memilih lebih dari satu PTN dalam lintas wilayah di Indonesia.

Seleksi ini tak hanya untuk kepentingan calon peserta didik di PTN namun juga berkaitan dengan kepentingan nasional pemerintah yang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Uniknya dalam SBMPTN yang melibatkan 693.185 peserta ini, 14 peserta bisa memperebutkan 1 kursi atau kouta. Sedangkan jumlah peserta keseluruhan yang diterima masuk di PTN pilihan yang mengikuti SBMPTN hanya 99.223 peserta.

sbmptn

Rangkaian Ujian SBMPTN 2015

Kamu Bisa Jadi Gamer Profesional Hebat Jika Sekolah di Sini!

Ingin jadi juara Dota 2 The International? Sekolah di sini dulu!
Baca Juga

SBMPTN merupakan seleksi bersama yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Peserta yang berhak mengikuti seleksi ini adalah siswa yang memenuhi syarat dari lulusan SMA/sederajat dan program paket C tahun 2013, 2014, dan 2015.

Peserta SBMPTN 2015 diperkenankan memilih prodi maksimal 3 prodi. Prodi yang terdapat di PTN sendiri dibagi dalam dua kelompok yaitu saintek dan soshum. Peserta mengikuti ujian berdasarkan wilayah dan tempat penyelenggaraannya yang sudah ditetapkan penyelenggara.

Ada dua jenis ujian yang ditetapkan penyelenggara dalam SBMPTN kali ini yatu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis dilakukan untuk mengukur bidang kemampuan dasar calon mahasiswa di program studi pilihannya.

Kelompok Ujian SBMPTN 2015

Ujian tertulis meliputi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek). Ujian tertulis yang mencakup tiga bidang tes bisa dipilih oleh peserta dengan beberapa ketentuan.

  1. Bila memilih prodi saintek maka peserta mengikuti ujian tertulis TKPA dan TKD Saintek.

  2. Bila memilih prodi soshum maka peserta mengikuti ujian tertulis TKPA dan TKS Soshum.

  3. Bila memilih prodi yang terdiri dari saintek dan soshum maka peserta mengikuti ujian campuran yaitu TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum.

Sedangkan ujian keterampilan diberikan pada peserta yang memilih program studi ilmu seni atau keolahragaan. Ujian keterampilan wajib diikuti oleh peserta yang memilih prodi tersebut. Dalam ujian keterampilan ada beberapa ujian dan tes yang diikuti.

SBMPTN 2015 diikuti oleh sejumlah PTN yang tersebar di berbagai wilayah mulai Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sebaran PTN tersebut terbagi dalam empat wilayah (wilayah 1, 2, 3, dan 4).

Itulah beberapa ulasan dan informasi penting seputar penyelenggaran SBMPTN 2015.


SHARE
Previous articleHyrule Warriors Hyrule All-Stars Bakal Menjadi Debut Awal Link Perempuan!
Next articleNaruto Gaiden Bab 7: Ibu Sarada Ternyata Benar-Benar Karin!?
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.