Jokowi Mantu, Rakyat Turut Berpesta!

jokowi-mantu-4

Jokowi Mantu mungkin menjadi topik paling hangat dibicarakan, tidak hanya oleh masyarakat, tetapi juga banyak portal berita yang mengangkat kabar ini sebagai tajuk utama mereka. Hal ini bukannya tanpa alasan. Pernikahan anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, ini terbilang lain daripada yang lain, bila dibandingkan dengan pernikahan anak Presiden-Presiden sebelumnya. Salah satu yang paling mencolok adalah keterlibatan rakyat biasa dalam acara ini.

Berkah Buat Tukang Becak di Jokowi Mantu

Prabowo dan Jokowi Bertarung di Super Smash Bros

Prabowo dan Jokowi bertarung sebagai karakter playable di Super Smash Bros. Ayo pindai barcode-nya sekarang!
Baca Juga

Para tukang becak mendapatkan rejeki dengan adanya acara ini. Sekitar 250 orang tukang becak yang biasanya beroperasi di daerah sekitar tempat pernikahan disewa oleh panitia pernikahan anak Jokowi. Mereka bertugas untuk mengantarkan tamu dari tempat parkir yang berlokasi di lapangan sepakbola Banyuanyar, Banjarsari, Solor menuju Graha Saba Buana, tempat dilangsungkannya resepsi pernikahan, serta kembali lagi ke lapangan ini.

Lapangan sepakbola ini memang dipilih sebagai tempat parkir para tamu undangan, karena area di sekitar gedung tidak terlalu luas untuk menampung kendaraan para tamu. Jarak antara lapangan ini menuju ke gedung Graha Saba Buana juga cukup jauh, yaitu 1 kilometer, sehingga bila ditempuh dengan berjalan kaki, maka akan menghabiskan terlalu banyak waktu. Setiap tukang becak ini mendapatkan sekitar Rp. 150 ribu hingga Rp. 250 ribu untuk jasa mengantarkan tamu bolak-balik dari tempat parkir ke gedung resepsi lalu kembali ke tempat parkir.

jokowi-mantu-3

Penjual Makanan Kaki Lima Menjadi Penyedia Konsumsi Tamu

Resepsi Pernikahan Unik Hadirkan Power Ranger Sebagai Pengawal

Bosan dengan pernikahan yang biasa-biasa saja, kedua mempelai ini memilih untuk mengadakan acara resepsi pernikahan unik dengan mengundang Power Ranger.
Baca Juga

Selain tukang becak, penjual makanan yang setiap hari berjualan di sekitar gedung juga mendapatkan rezeki dari acara ini. Sebanyak 20 penjual makanan dikontrak oleh panitia pernikahan untuk menyediakan makanan secara gratis untuk tamu, termasuk wartawan dan petugas keamanan.

Ada berbagai macam makanan yang disediakan, mulai dari siomay, ketupat tahu, gado-gado, ayam bakar dan lainnya. Menurut salah seorang penjual makanan yang dikontrak yaitu Suparman, dia dikontrak untuk menyediakan 1.100 porsi ketupat tahu. Dengan harga per porsinya sekitar Rp. 9.000, dia mendapatkan sekitar Rp. 10 juta dari penjualannya ini. Akan tetapi, untuk pedagang lainnya yang tidak dikontrak, mereka diberikan kompensasi sebesar Rp. 1 juta tiap pedagang.

Menurut panitia pernikahan, Gibran merasa tidak enak karena mereka tidak dapat berjualan dengan adanya penutupan jalan dan pengamanan karena adanya acara Jokowi Mantu.

jokowi-mantu-2

Layar Lebar Di Luar Gedung

Mengintip Blog Jenaka Si Anak Bungsu Presiden Jokowi

Jokowi memang kerap dikenal sebagai tokoh politik yang aktif di media sosial dan sifat kreatif ini ikut tertular kepada diri si bungsu.
Baca Juga

Masyarakat yang tinggal disekitar gedung tempat dilangsungkannya resepsi ini juga dapat menyaksikan berjalannya resepsi pernikahan ini. Meskipun mereka tidak dapat masuk dan mengikut acara resepsi, mereka dapat menyaksikannya melalui layar lebar yang dipasang di luar gedung. Bahkan ada banyak orang yang datang dari luar daerah tempat berlangsungnya acara ini untuk menyaksikannya. Misalnya, Jinutiani warga Sumber Krajan, Solo datang dengan anaknya yang masih kecil hanya untuk menyaksikan acara ini dan tamu-tamu penting yang datang. Mereka bahkan membawa bekal makanan. Lalu ada pula Masal Woto Asmorodi. Pria berusia 50 tahun warga Gondangrejo, ini yang pernah mengayuh becak dari Solo ke Jakarta pada saat pelantikan Jokowi tahun lalu selama seminggu penuh ini turut serta dalam kemeriahan acara ini.

Keterlibatan para rakyat biasa ini menarik banyak perhatian tidak hanya masyarakat, tetapi juga berbagai media. Banyak tokoh juga yakin dengan adanya banyak rakyat biasa yang terlibat seperti ini, maka banyak pula yang mendoakan kelancaran dan kelanggengan pernikahan antara Gibran dan Selvi.


SHARE
Previous articleMark Ruffalo Berharap Hulk Muncul di Civil War
Next article6 Karakter yang Meninggalkan Kita Bersama Sir Christopher Lee
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.