Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Apakah powerbank ini worth untuk dimiliki? Simak review dari Duniaku berikut ini!

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Dengan era komunikasi dan teknologi informasi yang pesat seperti sekarang ini, membawa daya cadangan untuk gadget saat bepergian mungkin sudah menjadi sebuah kebutuhan. Untuk itu, beberapa vendor IT pun merilis powerbank untuk menjawab kebutuhan daya cadangan tersebut. Salah satunya adalah Asus, yang kembali membawa brand Zen yang mereka miliki untuk melabeli powerbank yang baru mereka rilis akhir Mei lalu, yaitu Asus ZenPower.

Dengan mengusung tagline "powerbank pertama di dunia berukuran sebesar kartu kredit ini", Asus ZenPower memiliki kapasitas baterai 10.050 mAH, cukup besar untuk mengisi daya smartphone dua hingga tiga kali, atau tablet satu kali. Dari segi ukuran, powerbank ini bisa dibilang mungil dengan berukuran 90.5 mm x 59 mm dan dengan ketebalan 22 mm serta berat 215 gram. Lebih mungil dibandingkan dengan powerbank dengan kualitas setara yang beredar di pasaran. Bahkan, ukuran powerbank ini tidak sampai dua kali lebih besar dibandingkan powerbank 3400 mAH yang sebelumnya dimiliki oleh penulis.

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Powerbank ini didesain dengan bentuk yang ergonomis serta dipadukan dengan casing alumunium ringan, membuat Asus ZenPower menjadi terlihat elegan dan kokoh. Powerbank ini pun hadir dalam beberapa pilihan warna menarik seperti Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red,Azure Blue, dan Brilliant Silver yang bisa kamu pilih sesuai dengan warna favoritmu. Desain powerbank ini sekilas mengingatkan kita akan Mi Power Bank, namun dari segi dimensi powerbank ini lebih mungil dan nyaman digenggam maupun dikantongi.

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi Pilihan warna Asus Zenpower[/caption]

Performa Asus ZenPower

Desain mini, performa maksi. Mungkin kalimat tersebut cocok disematkan dalam Asus ZenPower ini. Saat pengisian daya, powerbank ini bisa terisi penuh dari keadaan kosong dengan waktu charging yang cepat, sekitar 6 jam dengan menggunakan charger keluaran 2 A. Sedangkan jika menggunakan charger keluaran 1 A, kamu bisa mengisi powerbank ini sampai penuh dengan jangka waktu kurang lebih 9 jam. Powerbank ini dilengkapi dengan satu kabel USB yang sangat disarankan untuk digunakan saat mengisi daya powerbank, ataupun saat mengisi gadget.

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Saat penuh, powerbank ini bisa mengisi daya smartphone dua hingga tiga kali hingga penuh. Sebagai contoh, untuk Zenfone 5, Asus Zenpower bisa mengisi penuh hingga lebih dari 3x. Sedangkan untuk Zenfone 6 atau Zenfone 2 yang memiliki kapasitas baterai lebih besar, powerbank ini bisa mengisi hingga 2x dengan masih ada sisa daya. ZenPower ini memang ditujukan sebagai aksesoris pelengkap untuk smartphone keluarga Zen keluaran Asus. Namun, saat dicoba untuk gadget lain seperti Xiaomi Redmi 1S, ZenPower ini tetap menunjukkan performa maksimalnya, dan bisa mengisi daya hingga 3x dengan masih ada daya sisa.

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Asus ZenPower bisa mengisi daya gadget lebih cepat dengan fitur ultra fast charging yang diusungnya. Dengan keluaran 2.4 A, Zenpower ini bisa mengisi daya Redmi 1S dari 5% menuju 50% hanya dalam waktu kurang dari satu jam saja. Hal ini didukung dengan kabel USB yang berkualitas, yang mencegah terjadinya arus pendek ke gadget saat diisi menggunakan Asus ZenPower ini. Konektor USB yang digunakan di tubuh Asus Zenpower pun terlihat sangat kokoh, dan diklaim mampu bertahan hingga 5000 kali lepas pasang. Jika asumsi kamu menggunakan powerbank ini tiga kali sehari (tiga kali lepas pasang), maka konektor ini bisa bertahan hingga 4 tahun!

Lanjut ke halaman 2

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Fitur Keamanan Asus ZenPower

Selain desain yang mini dan performa maksimal, Asus Zenpower juga membenamkan 11 fitur keamanan ke dalam Asus ZenPower ini, baik keamanan untuk gadget-mu, maupun powerbank-nya sendiri antara lain:

  1. Temperature protection: Efek panas saat sel baterai diisi ulang dapat merusak baterai itu sendiri. Disini Asus mendesain sistem yang menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman.

  1. Short circuit protection: Guna mencegah korsleting akibat arus pendek, ZenPower memiliki detektor yang akan memutus jalur koneksi sehingga kejadian tersebut tak menyebabkan kerusakan.

  1. Reset protection: Tombol power di ZenPower juga berguna untuk melakukan reset ketika powerbank mengalami masalah. Fitur ini jarang dimiliki powerbank pada umumnya.

  1. Input over voltage protection: Fitur yang mampu mendeteksi tegangan input/masuk. Jika melebihi batas maka ZenPower akan mati secara otomatis agar powerbank dan gadget Anda terhindar dari kerusakan.

  1. Output over voltage protection: Fitur yang mampu mendeteksi tegangan output dari ZenPower yang mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.

  1. Input reserve direction protection: Saat kabel charger terhubung sekaligus ke input dan output maka ZenPower akan mematikan daya dan memunculkan indikator peringatan, ini demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.

  1. Over charge / over discharge protection: Saat pengisian daya penuh, ZenPower akan mematikan proses pengisian yang dapat menyebabkan baterai kelebihan atau kehabisan muatan sehingga baterai gadget lebih berumur panjang.

  1. Output over current protection: Untuk mengamankan gadget, ZenPower pun akan menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).

  1. Cell PTC protection: Fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai. Jika terlalu panas maka proses charging akan dihentikan saat itu juga guna mencegah kerusakan lebih lanjut.

  1. Adapter protection: ASUS PowerSafe Technology juga mampu memastikan konektor/kabel yang digunakan berada pada suhu yang aman saat proses charging berlangsung.

  1. JEITA protection: Teknologi cerdas berikutnya yang memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik pengisian sehingga powerbank Zenpower 1,8X lebih awet dibandingkan powerbank lainnya.

Dalam paket pembelian ZenPower, kamu akan mendapatkan satu unit powerbank, satu unit kabel USB untuk mengisi daya powerbank dan mengisi daya gadget, satu buku manual dan satu buku garansi selama enam bulan pemakaian.

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Kekurangan Asus ZenPower

Sayangnya, powerbank ini masih membawa sedikit kekurangan. Salah satunya adalah kabel USB bawaan yang terlalu pendek. Asus menyarankan agar menggunakan kabel ini saat mengisi powerbank, atau mengisi daya gadget. Namun dengan kabel USB yang sangat pendek ini, penulis kesulitan menggunakannya untuk mengisi powerbank, apalagi jika soket listrik terlalu tinggi dari lantai atau meja. Selain itu, saat mengisi gadget, pendeknya kabel ini menyisakan sedikit masalah karena kamu tidak bisa mengantongi powerbank terpisah dari gadget yang kamu isi dayanya. Kekurangan lain dari powerbank ini adalah lapisan luar yang sedikit "licin" saat dipegang, apalagi jika telapak tanganmu mudah berkeringat.

Review Asus ZenPower: Powerbank Mini, Performa Maksi

Kesimpulan

Dengan ukuran yang mini dan performa maksimal, membuat powerbank ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik, baik bagi kamu yang menggunakan Zenfone atau gadget lainnya. Apalagi dengan banderol harga yang terjangkau, Rp 269.000 membuat Asus Zenpower semakin worth untuk dimiliki. Selain itu, fitur keamanan yang lengkap juga menambah nilai dari powerbank ini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU