Fallout 4 Perlihatkan Amerika yang Tandus, Versi Xbox Dapatkan Fitur Eksklusif

Fallout-4-E3-2015-20

Bethesda Softworks menabuh genderang Electronic Entertainment Expo 2015 (E3 2015) lebih awal. Mereka menggelar press conference tadi pagi, dan sesuai yang dijanjikan sebelumnya, ada lebih banyak informasi mengenai Fallout 4 yang diungkapkan, selain juga seri Doom terbaru dan sekuel Dishonored. Lihat saja langsung press conference mereka di bawah:

Bethesda 2015 E3 Showcase

Fallout 4 Perlihatkan Amerika yang Tandus, Versi Xbox Dapatkan Fitur Eksklusif

Fallout 4 lebih jauh perlihatkan bagaimana jika kalian menjadi satu-satunya manusia yang selamat dari kiamat nuklir di masa depan.

Abaikan

Fallout-4-E3-2015-3

Dan seperti terlihat dalam video di atas, Fallout 4 memang mendominasi. Tujuh tahun setelah Fallout 3 dirilis (New Vegas yang dirilis 2010 lalu dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, bukan studio inti Bethesda), Bethesda Softworks resmi mengkonfirmasikan Fallout 4 awal Juni 2015 lalu. Todd Howard, pria dibalik kesuksesan Fallout 3 yang memimpin proyek terbaru serial game RPG post-apocalyptic ini untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Bethesda mengungkapkan jika Fallout 4 bakal dirilis 10 November 2015 mendatang, dan tersedia dalam dua varian. Yang standar dipatok dengan harga $59.99 (sekitar Rp. 800 ribuan), dan varian khusus berharga $119.99 (sekitar Rp. 1,6 jutaan) dijuluki sebagai “Pip Boy” Edition. Kami bakal jelaskan lebih lanjut mengenai edisi Pip Boy tersebut dalam artikel selanjutnya.

Fallout-4-E3-2015-2

Selama press conference Microsoft, juga diungkapkan satu fitur eksklusif platform tersebut. Mod yang dibuat untuk versi PC-nya, ternyata bisa ditransfer dan kompatibel dengan versi Xbox One, gratis. Selain itu, setiap pembelian Fallout 4 versi Xbox One, kalian sekaligus juga mendapatkan Fallout 3. Menarik bukan! Kesempatan bagi yang memang belum pernah memainkan Fallout 3, dan juga trik marketing tersebut dimungkinkan karena fitur baru Xbox One, backward compatible bisa memainkan game-game Xbox 360.

Fallout 4 Gameplay

Fallout 4 Perlihatkan Amerika yang Tandus, Versi Xbox Dapatkan Fitur Eksklusif

Fallout 4 lebih jauh perlihatkan bagaimana jika kalian menjadi satu-satunya manusia yang selamat dari kiamat nuklir di masa depan.

Abaikan

Fallout-4-E3-2015-4

Sebuah video yang menunjukkan demo gameplay juga diperlihatkan oleh Bethesda kemarin (video lainnya yang lebih mendetail menyorot tiap fitur ada di bagian bawah artikel ini), yang dibuka dengan opsi pemilihan karakter. Kalian bisa memainkan Vault Dweller male atau female, dan selama proses penciptaan karakter, kalian dengan mudah memilih bagian wajah saja dan memilih langsung penampilan mereka sesukamu, dan itu terjadi di tengan cut-scene. Benar-benar proses caracter creation yang unik ya! Tidak ada slider atau daftar pilihan penampakan wajah mereka.

Fallout-4-E3-2015-5

Fallout-4-E3-2015-6

Fallout 4 Buktikan Jika Dunia Belum Berakhir

Fallout 4, Anjing dan Tagar PleaseStandBy Buktikan Jika Dunia Belum Berakhir!
Baca Juga

Berlanjut pada pembukaan game, kami melihat keadaan sebelum apa yang dianggap apocalypse Fallout terjadi. Kalian di tengah keluarga bahagia, bersama istri, atau suami (bergantung jenis kelamin), dalam sebuah rumah yang terkesan retro banget, dan pelayan robot bernama Codsworth. Sepertinya ini gambaran lebih jelas dari trailer awalnya awal Juni lalu. Bayi kalian ada di kamar lain, sedang menangis. Kemudian kalian dikunjungi perwakilan Vault-Tec, diminta menandatangani formulir registrasi yang bertujuan menjamin agar keluarga kalian mendapatkan tempat di Vault. Namun kemudian suasana langsung panik, karena muncul laporan adanya pengeboman nuklir di New York, dan semua orang bergegas masuk ke dalam Vault. Video diakhiri dengan bom yang dijatuhkan dimana kalian berada.

Fallout-4-E3-2015-7

Video kemudian menyorot kalian, sebagai satu-satunya yang selamat dari Vault 111, dimana kalian muncul 200 tahun kemudian. Game ini memberi pilihan memainkannya dalam tampilan first-person atau third-person, dan ada banyak opsi dialog muncul untuk setiap pilihan yang kalian temui. Setelah melakukan penjelajahan di dunia yang tandus tersebut, karakter menemukan kembali robot pelayannya, dan dia juga mendapati seekor anjing, yang kemudian juga menjadi partner perjalanannya, dan bisa diperintah karakter. Karakter juga menemukan Pip Boy pertamanya untuk mengatur status karakter, diperkenalkan juga sistem armor berlapis, kaset yang bisa didengarkan rekamannya, dan bahkan memainkan mini-game retro sebagai selingan yang menghibur melalui Pip Boy.

Fallout-4-E3-2015-8

Selama permainan, karakter bisa mendirikan pemukimannya sendiri, dan melalui sistem crafting-nya, kalian juga mencari material sisa-sisa dari sepanjang dunia game, menggunakannya untuk membangun pemukiman kalian secara real-time sembari kalian bertualang. Seiring pemukiman kalian berkembang, akan ada lebih banyak manusia yang datang membantu, sehingga makin cepat membesar. Sampai akhirnya kalian juga perlu memikirkan pertahanan pemukinan tersebut, untuk bertahan dari serangan perampok. Membangun pemukiman menjadi tugas opsional kalian dalam game, namun sepertinya bakal membuat permainan makin kompleks dan panjang.

Lanjut ke halaman 2…. untuk artwork dan screenshot baru game ini!

1
2

SHARE
Previous articleKey Visual Dragon Ball Super Dirilis, Perlihatkan Dua Karakter Mirip Beerus dan Whis!
Next articleMass Effect: Andromeda Dikonfirmasikan, Saatnya Jelajahi Galaksi Baru!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.