Kabar Gembira, Xbox One Bakal Bisa Mainkan Game-game Xbox 360!

xbox one backward compatibility
Dengan fitur backward compatibility ini, game-game Xbox 360 lamamu bisa dimainkan di Xbox One tanpa harus membayar atau upgrade hardware lagi!

Dishonored 2 Dikonfirmasikan, Hadirkan Dua Karakter Playable!

Bethesda mencuri start dengan mengadakan konferensi pers lebih awal di E3 2015. Salah satunya adalah mengkonfirmasikan kehadiran Dishonored 2!
Baca Juga

Masing-masing perusahaan game mulai unjuk gigi dalam perhelatan Electronic Entertainment Expo (E3) 2015. Setelah Bethesda yang mencuri Start dengan mengadakan konferensi pers lebih dulu pada hari Minggu malam (Senin WIB), semalam giiran Microsoft yang mulai menunjukkan senjatanya dalam E3 2015 ini. Mereka mengkonfirmasikan banyak game baru, plus sebuah kabar yang cukup mengejutkan (sekaligus menggembirakan?) bagi para pemilik Xbox One: Xbox One bakal memiliki kemampuan backward compatibility dengan game-game Xbox 360!

Ya, artinya bagi para pemilik Xbox One, jangan buang dulu DVD game Xbox 360-mu, karena sebentar lagi kamu bisa memainkannya kembali di Xbox One, tanpa perlu membayar biaya tambahan lagi! Selain bisa memainkan game-game yang berbasis DVD, fitur backward compatibility ini juga bisa digunakan untuk memainkan game-game dengan format digital. Nantinya, game-game yang berbentuk digital akan langsung muncul di bagian “Ready to Install” di Xbox One.

xbox one backward compatibility

Sedangkan untuk game yang berbasis DVD, kamu terlebih dahulu harus memasukkan DVD-nya ke tray Xbox One untuk memulai proses instalasi. Setelah instalasi selesai, kamu harus tetap membiarkan DVD tersebut di dalam tray selama kamu bermain. Selama kamu memainkan game-game Xbox 360 di Xbox One, kamu tetap bisa bermain secara multiplayer dengan teman-temanmu yang masih menggunakan Xbox 360. Selain itu, fitur backward compatibility ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh game-game Xbox One seperti mengambil screenshot, merekam klip video hingga streaming game ke Windows 10.

Fitur backward compatibility versi beta ini sudah bisa dimainkan sejak hari ini juga bagi mereka yang ikut serta dalam Xbox Preview Program, dan menurut rencana akan diluncurkan untuk umum pada kuartal ketiga tahun ini juga. Saat diluncurkan nanti, tidak semua game Xbox 360 bisa serta merta langsung dimainkan di Xbox One, karena untuk tahap awal Microsoft hanya akan meluncurkan sekitar 100 judul saja. Namun, Microsoft mengkonfirmasikan bahwa judul-judul lain akan menyusul secara bertahap. Dalam konferensi pers semalam, Microsoft membawa demo Mass Effect yang bisa dijalankan lancar di Xbox One menggunakan fitur baru ini.

Kabar Gembira, Xbox One Bakal Bisa Mainkan Game-game Xbox 360!

Jadi, bagi yang pengen upgrade ke Xbox One, jangan buang dulu ya DVD lama Xbox 360-mu!

Abaikan

Oiya, bagi developer game Xbox 360 yang ingin game-nya bisa dimainkan di Xbox One pun tidak perlu melakukan coding atau penyesuaian lagi. Mereka cukup mendaftarkan game-nya, dan menunggu persetujuan dari Microsoft saja. Selain itu, gamer juga bisa request game Xbox 360 yang mereka inginkan bisa menikmati fitur ini melalui situs feedback yang sudah disediakan secara khusus. Di situs tersebut, Microsoft juga sudah menyediakan daftar game awal yang bisa menikmati fitur backward compatibility ini.

Sebuah langkah menarik dari Microsoft di E3 2015 ini. Tinggal menunggu respon dari Sony, apakah PlayStation 4 juga akan memiliki fitur serupa?

Sumber: Xbox