Marhaban Ya Ramadhan, Berikut Tips Gamer Hadapi Puasa 2015

hunger games

Marhaban Ya Ramadhan, Bulan Ramadhan 2015 telah tiba! Alhamdulillah, hari pertama Puasa 2015 ini dilangsungkan secara bersamaan oleh NU dan Muhammadiyah.

Sesuai perkiraan, Puasa 2015 dimulai hari ini, Kamis tanggal 18 Juni 2015. Perkiraan ini sebelumnya didasarkan pada hasil analisa LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) dan sejumlah situs referensi alamanak. Hari pertama bulan Ramadhan 2015 ini jatuh pada hari Kamis, artinya terjadi keseragaman antara NU dan Muhammadiyah soal hari pertama Bulan Ramadhan. Alhamdulillah ya.

Nah, di Bulan Puasa ini, tentu kita diwajibkan untuk menahan lapar dan haus seharian. Untuk Anda para gamers, ada tiga tips khusus agar ibadah puasa Anda tak terganggu oleh hobi bermain game Anda. Apa saja tipsnya? Berikut informasinya.


1

Jauhkan Ransum!


Jauhkan berbagai jenis camilan dan minuman hingga radius beberapa meter dari jangkauan Anda. Mengapa? kita seringnya lupa bahwa ketika kita sedang asik bermain game, kita suka tidak sadar tangan kita akan mengambil camilan atau minuman yang ada di dekat kita. Bermain game memang kurang asik jika tidak dilengkapi dengan snacking. Snack atau camilan menjadi pasokan energi ketika sedang bermain game kesayangan. Nah, untuk mencegah ketidaksadaran Anda untuk mengambik camilan lalu memakannya, sebaiknya pastikan tidak ada camilan di sekitar Anda.


2

FOKUS!!


marhaban ya ramadhan puasa 2015

Fokuslah pada tiga jenis game saja, yaitu:

  1. MOBA
  2. Sports
  3. Simulation

Mengapa? Ketiga jenis game ini dapat membantu Anda untuk memangkas waktu. Game DOTA dan LOL, misalnya, baru dapat diselesaikan dengan durasi kurang lebih 60 menit alias satu jam. Sebagai pecinta game, tentu tidak mungkin jika Anda hanya bermain sekali putaran saja. Minimal Anda pasti akan bermain sebanyak dua kali. Sementara untuk jenis Game MOBA, waktu normal yang dihabiskan sekitar empat hingga lima jam.

Lantas, mengapa Sports? Bermain game olahraga seperti sepakbola pastinya akan menghadirkan suasana kompetitif di mana para pemainnya akan sulit untuk berhenti memainkannya. Sedikitnya Anda akan membutuhkan waktu dua jam untuk mengalahkan lawan.

Demikian juga dengan game Simulation. Sebut saja game Sims City, The Sims, dan Civilation 5 yang juga pastinya akan membuat Anda betah di depan layar PC/laptop Anda.


3

Sembunyikan Alat Penunjuk Waktu


marhaban ya ramadhan puasa 2015

Waktu memang sangat relatif. Cepat-lambatnya waktu akan sangat tergantung pada harapan dan pengalaman kita. Ketika kita begitu memperhatikan pergerakan jarum detik pada jam dinding atau jam tangan kita, maka waktu akan terasa semakin lama.

Sebaliknya, ketika kita sibuk dengan suatu kegiatan tanpa kita memperhatikan perjalanan waktu, waktu akan terasa sangat cepat. Salah satu kegiatan yang asik sekaligus memberikan efek time-wrap adalah bermain game.

Berikut tadi adalah tiga tips dari kami. Semoga Ramadhan 2015 ini membawa berkah bagi kita semua dan puasa kita penuh satu bulan. Amin. Marhaban ya Ramadhan!