Mengapa Shenmue 3 Harus Berkampanye di Kickstarter Dulu?

Shenmue 3

Mengapa Shenmue 3 harus melalui kampanye Kickstarter terlebih dahulu? Mengapa dana yang dibutuhkan untuk pengembangan “hanya” US $ 2 juta? Berikut ini jawabannya!

Shenmue 3 Benar-benar Ada, Kini Galang Dukungan Via Kickstarter!

Mimpi yang jadi nyata! Dalam E3 2015 ini Sony mengkonfirmasikan bahwa mereka siap membawa Shenmue "bangkit" setelah 14 tahun tertidur lewat Shenmue 3!
Baca Juga

Ada banyak berita mengejutkan yang hadir selama E3 2015 ini. Salah satunya, tentu adalah kemunculan Shenmue 3 yang kini benar-benar dikembangkan untuk PS4. Yang lebih mengejutkan lagi, Shenmue 3 tidak serta merta langsung masuk dalam fase produksi, melainkan menggalang dukungan lebih dulu di Kickstarter dengan target pendanaan US $2 juta selama 31 hari masa kampanyenya. Tentu ada banyak pertanyaan yang ada di benakmu. Mengapa game dengan nama sebesar Shenmue harus melalui kampanye crowdfunding terlebih dahulu? Dan mengapa dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan game ini sangat kecil?

Memang ada bagian “Why Kickstarter?” di halaman resmi Kickstarter-nya. Namun, apakah penjelasan itu sudah cukup menjawab pertanyaan di atas?

shenmue remastered hd

Mengapa Shenmue 3 Harus Berkampanye di Kickstarter Dulu?

Pertanyaan yang mungkin ada di benak kalian. Mengapa harus melalui Kickstarter lebih dulu? Dan apa benar dana yang dibutuhkan cuma US $2 juta? Berikut ini jawabannya!

Abaikan

Pertama dari segi dana dulu. Angka US $2 juta memang sangatlah kecil mengingat skala Shenmue 3 yang seharusnya jauh lebih besar dibandingkan dua game sebelumnya. Sebagai perbandingan, untuk mengembangkan game pertamanya lalu, SEGA mengeluarkan dana lebih dari US $47 juta! Tapi ingat, itu sudah lebih dari satu dekade lalu. Dan tentu seharusnya, Shenmue 3 membutuhkan dana yang lebih besar dari US $47 tadi. Lantas, mengapa hanya US $ 2 juta yang “diminta” kepada fans? Jawabannya ada di diri Sony.

Ya, rupanya Sony ikut mendanai pengembangan proyek ini!

Shenmue 3

Shenmue 3 Raup 2 Juta USD di Hari Pertama Kickstarter!

Tak sampai 24 jam waktu yang dibutuhkan game yang banyak dinanti ini untuk memenuhi target awal $2.000.000! Shenmue 3 siap hadir di hadapanmu.
Baca Juga

Ceritanya, Sony pernah bertemu Yu Suzuki pada saat Game Developer Conference 2014 lalu. Pada saat itu Sony sudah tertarik untuk mewujudkan mimpi Yu (dan juga banyak fans Shenmue) lewat Shenmue 3 ini. Namun Sony ingin mendapatkan “bukti” yang lebih akurat, bahwa fans benar-benar menginginkan judul ini bangkit kembali. Kata-kata di Twitter (dengan hashtag #SaveShenmue) rupanya tidak cukup meyakinkan Sony bahwa banyak fans menginginkan judul ini.

Nah, itulah jawaban mengapa game ini akhirnya menggalang kampanye di Kickstarter: untuk menguji para fans apakah benar mereka bukan hanya sekedar “omongan saja” dan mau menyisihkan uangnya untuk mewujudkan game ini. “Kami berkata, satu-satunya jalan proyek ini terjadi adalah jika fans berkontribusi,” ungkap Gio Corsi dari Sony saat PlayStation Live Show E3 2015. “Kami berpikir bahwa Kickstarter adalah tempat yang sempurna untuk melakukan hal ini. Kami menetapkan target dua juta dollar, dan jika fans datang serta mendanainya, maka tentu saja kami akan membuat game ini menjadi nyata,” lanjutnya.

Shenmue 3

Sony pun membenarkan bahwa mereka ikut serta dalam mendanai game ini. “Sony dan PlayStation tentu menjadi partner dalam game ini. “Kami akan membantu Ys Net untuk menyelesaikan game ini, kami akan berpartner dalam banyak hal dan sangat antusias untuk melihat proyek ini berhasil dalam beberapa tahun ke depan,” ungkap Corsi. Lantas berapa banyak dana yang digelontorkan oleh Sony untuk game ini? Sayangnya, Sony belum mau membeberkan angkanya..

Mungkin ini menjadi salah satu kampanye Kickstarter yang unik, dimana developer menetapkan target pendanaan bukan dari jumlah sesungguhnya yang mereka butuhkan untuk mewujudkan game ini. Sampai saat artikel ini ditulis atau memasuki hari ketiga kampanyenya, Shenmue 3 sudah mendapatkan lebih dari US $3 juta dari total 39.000 backer yang mendanainya. Tentu bukan hal yang mustahil game ini bisa mendapatkan stretch goal tertingginya, US $5 juta mengingat masa kampanye yang masih ada 29 hari lagi.

Sumber: Kotaku/VG247