Waspada! Konspirasi Illuminati Berlanjut dalam Deus Ex Mankind Divided

Deus-Ex-Mandkind-Divided-3

Square Enix mengkonfirmasikan Deus Ex Mankind Divided, sekuel dari Deus Ex: Human Revolution, awal April 2015 lalu. Game tersebut tengah disiapkan untuk PlayStation 4, Xbox One dan juga PC. Khusus untuk versi PC-nya, port dilakukan oleh Nixxes, studio yang sama yang juga menangani port PC untuk Deus Ex Human RevolutionTomb Raider dan Hitman Absolution.

Deus-Ex-Mandkind-Divided-6

Mankind Divided Dikonfirmasikan

Adam masih belum bisa tenang di sini, karena Illuminati masih mengancam perdamaian dunia!
Baca Juga

Game Deus EX terbaru ini sendiri sudah pernah kami tuliskan sedikit detailnya setahun silam, yang saat itu memang sudah dipastikan konsol now-gen menjadi sasarannya. Judul Deus Ex Mankind Divided sendiri juga sudah disebut-sebut eksistensinya sejak akhir Maret 2014 lalu. Selama event Electronic Entertainment Expo 2015, mungkin Deus Ex Mankind Divided kalah hype dibandingkan Final Fantasy VII Remake, namun Square Enix tidak melewatkan E3 2015 dan memberikan trailer barunya, sekaligus memberikan sedikit petunjuk kapan game ini bakal dirilis. Deus Ex Mankind Divided bakal muncul kuartal pertama / kedua tahun 2016 mendatang. Berikut trailer terbarunya yang dirilis selama E3 2015 kemarin, video tech demo engine Dawn yang digunakannya, plus 25 menit video yang dirilis developernya, Eidos Montreal memberi kita gambaran jelas seperti apa gameplay-nya:

Deus Ex Mandkind Divided – E3 2015 Trailer 

Waspada! Konspirasi Illuminati Berlanjut dalam Deus Ex Mankind Divided

Video sepanjang 25 menit di dalam perlihatkan bagaimana Illuminati berhasil menjadikan manusia dengan kemampuan lebih akhirnya dikucilkan, dan dianggap menjadi ancaman dunia.

Abaikan

Deus Ex Mankind Divided – Dawn Engine Tech Demo

Waspada! Konspirasi Illuminati Berlanjut dalam Deus Ex Mankind Divided

Video sepanjang 25 menit di dalam perlihatkan bagaimana Illuminati berhasil menjadikan manusia dengan kemampuan lebih akhirnya dikucilkan, dan dianggap menjadi ancaman dunia.

Abaikan

Deus Ex Mankind Divided – World Premiere Gameplay Demo

Waspada! Konspirasi Illuminati Berlanjut dalam Deus Ex Mankind Divided

Video sepanjang 25 menit di dalam perlihatkan bagaimana Illuminati berhasil menjadikan manusia dengan kemampuan lebih akhirnya dikucilkan, dan dianggap menjadi ancaman dunia.

Abaikan

Game ini mengambil setting tahun 2029, atau dua tahun setelah Deus Ex Human Revolution dan ‘Aug Incident’ di Panchaea, yang berimbas pada kematian banyak manusia di tangan mereka yang meng-install augmentation. Kejadian tersebut berujung pada terbentuknya jurang lebar antara manusia “normal” dan mereka yang memiliki skill augmentation. Dan di tengah gejolak emosional tersebut, rupanya ada berbagai pihak yang memanfaatkan keadaan serta memanipulasi opini publik demi kepentingan tujuan pribadi mereka, serta menyembunyikan apa yang sebenarnya telah terjadi.

Deus-Ex-Mandkind-Divided-2

Square Enix menyebut keadaan di tahun 2029 tesebut sebagai Mechanical Apartheid. Dimana dunia mengasingkan semua manusia yang memiliki kekuatan mesin augmented, dianggap sebagai ancaman yang berbahaya di tengah masyarakat, ditakuti dan bahkan dicap sebagai teroris. Tegang dan kacau, apalagi mereka kalangan yang memiliki kekuatan augmented juga menolak pemisahan tersebut.

Deus-Ex-Mandkind-Divided-4

Deus Ex The Fall Untuk iOS dan Android

Pertama kali dikonfirmasikan awal Juni lalu, Square Enix akan menghadirkan Deus Ex: The Fall untuk smartphone dan tablet. Game tersebut menjadi kelanjutan cerita dari versi novelnya, Deus Ex: The Icarus Effect.
Baca Juga

Adam Jensen, mantan kepala keamanan perusahaan biotech yang kini menjadi agen anti teroris berbekal kemampuan super-augmented, kembali menjadi karakter utama kalian. Dia kini bekerjasama dengan satuan khusus yang dibentuk oleh para Interpol untuk memburu dan menangkap para teroris yang memiliki kemampuan augmentation, dan mereka menjadi pihak yang sangat ditakuti, apalagi setelah kejadian yang terjadi dalam Deus Ex Human Revolution. Kemudian ditambah dengan kejadian di akhir Deus Ex Human Revolution, Illuminati telah menjadikan setiap manusia yang memiliki kemampuan augmentation menjadi lebih agresif dan bisa saja menyerang siapa saja di sekitar mereka.

Deus-Ex-Mandkind-Divided-7

Seperti terlihat pada video di atas, Adam Jensen kini dilengkapi dengan arsenal senjata dan juga augmentation baru, dan kini dia menggambarkan tingkat ke 2 dari manusia ber-augmented. Berkat teknologi baru yang didapatkannya, kalian bisa memainkan game ini lebih dinamis, apalagi dengan Deus Ex yang bisa dimainkan dengan beberapa rute dan opsi berbeda. Menggunakan teknologi nano terbaru, kalian bisa fokus bermain sesuai keinginan, entah itu secara stealth, bertarung frontal, atau kombinasi keduanya, agresif namun tidak tidak mematikan. Berkat augmentation barunya, kalian bisa mendapatkan gaya bermain sendiri. Oh ya, developer juga memastikan jika selama permainan Adam Jansen bisa sepenuhnya “tidak terlihat” oleh musuh, bahkan juga oleh boss sekalipun, istilahnya “ghostable.”

Deus-Ex-Mandkind-Divided-1

Deus Ex Human Revolution Derector's Cut Bukan Hanya Untuk Wii U

Pada 20 Maret 2013 lalu, Eidos Montreal mengkonfirmasikan versi Wii U dari Deus Ex, dengan judul Deus Ex: Human Revolution Director's Cut, yang disebut-sebut sebagai versi "ultimate." Anehnya, game yang seharusnya muncul Mei kemarin itu ditunda perilisannya. Dan ternyata?
Baca Juga

Demikian kalian bisa selesaikan permainan tanpa harus bertarung mekawan musuh, dan bahkan men-skip pertarungan boss (sesuatu yang tidak bisa dilakukan dalam prekuelnya). Meskipun tidak diperlihatkan melalui video di atas, namun bisa jadi imbas bermain sepenuhnya dengan gaya stealth seperti itu tetap ada syarat dan ketentuan berlaku. Mungkin saja akan ada opsi lainnya yang mempengaruhi bagaimana boss harus dilumpuhkan, atau kalian busa melalui begitu saja pertarungan dengan membuat keputusann yang tepat. Fitur baru lainnya yang akan diterapkan dalam sekuel ini adalah mode New Game+ serta yang mengharapkan tantangan lebih, bisa mencoba kembali mode tingkat kesulitan “Give Me Deus Ex,” yang dikembalikan dari prekuelnya.

Deus-Ex-Mandkind-Divided-10

Karena yang dihadapi juga mereka yang diperkuat oleh teknologi augmentation, maka dari itu Jensen juga perlu mendapatkan gerakan augmentation baru yang mendukungnya selama melakukan aktivitas stealth dan bertarung. Kemudian fitur hacking perangkat elektronik juga kembali, bahkan kini Jensen mampu melindungi dirinya dengan nanoshield yang sangat kuat, atau menembakkan nano blade-nya dari kejauhan. Kemudian konsep gamenya juga disebutkan kini lebih terbuka, dimana kalian bisa menentukan sendiri jalan cerita yang dilalui Jansen hingga akhir permainan.

Cerita dalam game ini nanti bakal mencakup banyak lokasi yang menjadi settingnya, termasuk di Prague, Republik Ceko, dimana protagonis Adam Jensen bakal menghadapi Victor Marchenko, seorang petugas Augmented Rights Coalition. Hanya saja sudah disebutkan jika keempat ending dalam Deus Ex Human Revolution ternyata non-canon alias sekadar filler saja, yang artinya karakter tertentu yang tewas atau berhasil diselamatkan selama Deus Ex Human Revolution bisa saja digantikan perannya dalam Deus Ex Mankind Divided.

Seperti dalam Deus Ex: Human Revolution permainan dijalankan dengan sudut pandang first-person, sedangkan saat melakukan cover, berganti ke third-person. Kalian juga masih bisa berganti antara gaya permainan stealth (mengendap-endap, menghindari pertikaian) atau langsung frontal bertarung dengan musuh. Kali ini berkat penggunaan engine baru, AI musuh menjadi lebih cerdas dan mereka makin susah dilumpuhkan. Mereka bergerak berkelompok, dan jika menyadari ada yang salah, mereka memanggil rekannya untuk memeriksa setiap sudut ruangan.

Deus-Ex-Mandkind-Divided-5

Untuk aksinya kali ini, Adam dibekali skill augmentation baru, termasuk itu yang bisa meneliti musuh untuk mengetahui perangkat ekektronik dan amunisi yang dimiliki. Augment lainnya memungkinkan Adam meng-hack turet senjata dan komputer dari kejauhan, mirip seperti Watch Dogs. Ada juga augment x-ray vision agar Adam tetap bisa melihat jelas dalam keadaan ruangan penuh asap. Pisau yang dikenakannya dalam game sebelumnya juga masih ada di sini, dan mendapatkan upgrade karena bisa melancarkan serangan jenis baru dalam Deus Ex Mankind Divided, karena kini dia bisa menembakkannya dari sebuah crossbow.

Deus Ex Mankind Divided bakal menjadi game pertama dari developer Eidos Montreal ini yang menggunakan engine terbaru mereka, ‘Dawn Engine.’ Engine tersebut diposisikan sebagai landasan untuk proyek game Deus Ex mereka ke depan, yang dikembangkan dari dasar engine Glacier 2-nya IO Interactive. Kalian bisa melihat performa Glacier 2 melalui game pertama yang memanfaatkannya, Hitman: Absolution.


SHARE
Previous articleInikah Pertanda Square Enix Siapkan Seri Baru Parasite Eve?
Next articleSquare Enix PHP Lagi! Mereka Pikir PS3 Sudah Mati, Star Ocean 5 Hanya untuk PS4!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.