4 Fakta Unik Final Fantasy VII Ini Belum Tentu Ada di Versi Remake!

Fakta Unik Final Fantasy VII

Sebagai raja RPG pada masanya, game konsol tahun ’90-an ini punya banyak hal spesial dan misteri yang terselip di sela-sela cerita dan permainannya. Kalau Cloud versi crossdress akan tetap ada, keempat fakta unik Final Fantasy VII ini tampaknya terlalu unik hingga ada yang mustahil dimunculkan di versi remake.


1

Penampakan Hantu Aerith


Sebagian pemain Final Fantasy VII yang stres berat atas meninggalnya Aerith mengaku melihat penampakan almarhumah Aerith di gereja Midgar. Sebelumnya, penampakan hantu Aerith ini dinyatakan muncul setelah meninggalnya gadis penjual bunga tersebut. Khususnya di versi PC, walaupun tampilan yang paling umum dilihat adalah Aerith yang berdiri di lorong, sebagian gamer bersaksi mereka mendapati Aerith sedang merawat bunga.

Fakta Unik Final Fantasy VII - Hantu Aerith 1Versi PSX

Fakta Unik Final Fantasy VII - Hantu Aerith 2Versi PC

Hal ini memicu munculnya satu teori dugaan mengenai hubungan penampakan Aerith dengan perlakuan kita selama wanita Cetra terakhir itu hidup. Jika perlakuanmu baik, kamu akan melihatnya merawat bunga. Kalau biasa saja, kamu hanya melihatnya berdiri di lorong. Jika perlakuanmu buruk, mungkin hantu Aerith takkan muncul. Teori lain mengatakan perbedaan posisi tersebut hanya dibedakan oleh waktu loading ruangan, di mana salah satunya tidak disengaja alias bug.

Saat kamu berpikir sepertinya Square memang sengaja mengesetnya untuk memancing emosi pemain, ternyata ada temuan lain: hantu Aerith sudah dapat dilihat sejak ia diculik Tseng dan belum terbunuh. Jadi, apa fakta unik Final Fantasy VII yang satu ini cuma bug? Atau bisakah kita berharap melihat sosok hantu Aerith versi Sadako 3D remake?


2

Status Dewa All Lucky 7s


Fakta Unik Final Fantasy VII - All Lucky 7s

Giving Frenzy, Game Barokah yang Mengajak Sedekah

Gamers, sudah tahu? Menyambut Ramadhan tahun ini, sedekah lewat Dompet Dhuafa sekarang cukup dengan main game saja!
Baca Juga

Status “All Lucky 7s” adalah salah satu fakta unik Final Fantasy VII yang paling menyenangkan karena efeknya yang bakal membuat karaktermu tak terkalahkan. Status ini muncul hanya jika karaktermu memiliki HP tepat sejumlah 7777. Karakter dengan status All Lucky 7s akan memberi serangan normal dengan damage 7.777 untuk 77 kali tanpa jeda serangan karakter lain ataupun musuh.

All Lucky 7s di FF VII bisa menjadi senjata jika pemakaiannya tepat dan memang disengaja, tapi bisa juga jadi bumerang kalau kamu apes. Status ini, kalau dibarengi dengan status poison di karakter yang sama, akan menghasilkan damage racun senilai 7.777 yang mematikan pada karakter tersebut. Musuh pun bisa mendapatkan status All Lucky 7s, di mana damage mereka akan bernilai 7.777 saat menyerangmu.

Menurutmu, mungkinkah status dewa ini masih bisa diakses di versi remake Final Fantasy VII?


3

Easter Egg Xenogears


Setelah menerima Huge Materia pertama di disc 2, kamu dapat mendengar gumaman Cloud yang mempromosikan Xenogears. Simak video berikut!

4 Fakta Unik Final Fantasy VII Ini Belum Tentu Ada di Versi Remake!

Hantu Aerith, iklan Xenogears... Eh, Xenogears itu aslinya konsep awal buat FFVII?

Abaikan

“A billion mirror fragments… small… light…”

Pemain Xenogears pasti tahu kalau ocehan Cloud ini mirip dengan penggalan lirik lagu tema game dengan sajian plot berat tersebut, “Small Two of Pieces”. Yang menarik, ternyata kisah Xenogears adalah konsep awal yang dicanangkan untuk Final Fantasy VII! Semasa masih bekerja di Square, Tetsuya Takahashi dan Kaori Tanaka mulanya mengajukan naskah untuk Final Fantasy VII. Walau dinyatakan “terlalu gelap dan rumit untuk fantasi”, Takahashi diizinkan mengembangkannya untuk proyek lain. Yup, Xenogears!

Mungkin wajar mengingat dulunya FF VII memang dirilis setahun sebelum Xenogears. Tentu mustahil kalau easter egg ini akan muncul lagi di versi remake-nya nanti, kecuali kalau tiba-tiba game RPG lawas nan apik tersebut mau dibuat ulang juga.


4

Animasi Supernova Sephiroth dan Knights of the Round yang… terlalu panjang!


Dua adegan keren ini sepertinya memang terlalu berlebihan dan membuang waktu. Dipraktekkan pada Final Fantasy VII versi PC, cutscene jurus Supernova-nya Sephiroth menghabiskan sampai 149 detik sendiri (normalnya kurang lebih sama, sekitar 2 menit)! Jelas-jelas mengalahkan waktu summon Knights of the Round yang bahkan sudah sepanjang 100 detik. Silakan bandingkan kehebohannya!

4 Fakta Unik Final Fantasy VII Ini Belum Tentu Ada di Versi Remake!

Hantu Aerith, iklan Xenogears... Eh, Xenogears itu aslinya konsep awal buat FFVII?

Abaikan

4 Fakta Unik Final Fantasy VII Ini Belum Tentu Ada di Versi Remake!

Hantu Aerith, iklan Xenogears... Eh, Xenogears itu aslinya konsep awal buat FFVII?

Abaikan

Entah apakah kita juga bisa melihat pemandangan hancurnya planet-planet oleh jurus Sephiroth yang tak sanggup membunuh Cloud dkk tersebut di versi remake Final Fantasy VII nanti. Bagaimana pula adegan penggebukan ala summon terkuat FF, Knights of the Round, bisa dianimasikan secara riil? Dengan korban penggebukan yang tetap kokoh berdiri sambil disiksa?

Ada adegan atau fakta unik Final Fantasy VII lainnya yang menurutmu mustahil muncul di versi remake? Tambahkan saja di kolom komen! ;)


SHARE
Previous articleLytogame Global Launcher, Cukup Satu Aplikasi untuk Main Semua Game Lyto!
Next articleCelestian Tales: Old North Hampir Rampung, Versi Beta Sudah Bisa Di-Download!
Wanita yang jatuh cinta pada game sejak tahun '90-an ini pernah dijuluki Dewigim sewaktu SMA. Selain punya hobi simpang siur antara game, anime, manga, dan dorama, dia juga memiliki ketertarikan akut pada musik video game. Berkarir di dunia game publishing selama 2 tahun terakhir diyakininya sebagai passion seumur hidup.