TEORI: Apakah Jutsu Yang Digunakan Oleh Boruto Adalah Rasengan Berelemen Petir?

Apakah benar bahwa jutsu yang digunakan Boruto adalah Chidori? Ada kemungkinan bahwa jutsu tersebut adalah Rasengan berelemen petir! Simak penjelasan teorinya didalam!

TEORI: Apakah Jutsu Yang Digunakan Oleh Boruto Adalah Rasengan Berelemen Petir?

rasengan berelemen petir thumbs

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/20/boruto-menggunakan-chidori-dalam-trailer-boruto-the-movie/" title="Boruto Menggunakan Chidori dalam Trailer Boruto the Movie!?"]

Apakah benar bahwa jutsu yang digunakan Boruto adalah Chidori? Ada kemungkinan bahwa jutsu tersebut adalah Rasengan berelemen petir! Simak penjelasan teorinya didalam!

Dalam trailer pendek yang baru saja muncul beberapa saat yang lalu, sempat ditampilkan sesuatu yang benar-benar menarik: Boruto tampak menggunakan jutsu (yang mirip dengan) Chidori. Memang sampai saat ini belum ada konfirmasi yang pasti mengenai jurus yang akan digunakan oleh Boruto adalah Chidori, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa Boruto memang menggunakan Chidori dalam trailer tersebut. Nah, berbicara soal kemungkinan ini, ada juga kemungkinan bahwa Boruto menggunakan Rasengan berelemen Petir!

Kok bisa? Begini penjelasannya...

Masashi Kishimoto Mengenai Teknik Bertarung Khas Boruto

TEORI: Apakah Jutsu Yang Digunakan Oleh Boruto Adalah Rasengan Berelemen Petir?

Dahulu sekali, semenjak Boruto the Movie diumumkan akan dibuat, Masashi Kishimoto sempat mengatakan bahwa Boruto akan memiliki teknik bertarung khas miliknya. Nah, jika Boruto hanya menggunakan Chidori, maka jutsu tersebut tidak bisa dikatakan khas Boruto karena Chidori sudah ada sebelumnya dan mengingat bahwa arti dari khas adalah unik dan belum pernah ada sebelumnya. Jadi, hal ini bisa berarti bahwa jutsu yang kita lihat dalam trailer sebelumnya bukanlah Chidori. Lalu, apa dong? Jawab: Rasen-Chidori!

Rasen-Chidori?

rasengan berelemen petir

Oke, ini adalah nama yang saya berikan untuk sementara waktu kepada Rasengan berelemen petir ini. Jadi tentu saja nama ini bukan ofisial. Kalaupun nantinya jadi ofisial, maka saya akan bersyukur karena mungkin Masashi Kishimoto telah membaca artikel ini. Hehe...

Ehm, kembali ke topik...

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/25/25-jutsu-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="25 Jutsu Terkuat dalam Naruto!"]

Sesuai namanya, Rasen-Chidori adalah rasengan berelemen petir. Mungkin kalian akan berkata, ‘Lho, bukannya Rasengan itu elemen angin ya?’ Begini, pada dasarnya Rasengan adalah jutsu yang tidak menggunakan elemen apapun (tidak menggunakan nature transformation) dan merupakan teknik perubahan bentuk chakra (shape transformation/keitai henkai). Perlu diingat bahwa Rasengan yang memiliki elemen angin adalah Rasen-Shuriken. Jadi, jangan sampai bingung membedakan antara Rasengan dan Rasen-Shuriken ya?

-----

UPDATE:

Banyak yang bilang bahwa Rasengan adalah elemen angin. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang ada Rasengan berelemen angin (Rasen-Shuriken yang belum jadi) seperti dibawah ini:

Wind_Release_Rasengan

Jadi, ya, memang benar bahwa ada rasengan berelemen angin. Akan tetapi, namanya adalah Fuuton: Rasengan BUKAN Rasengan. Nah, disini saya hanya menyebutkan Rasengan dan Rasengan yang saya maksudkan disini adalah Rasengan paling dasar yang belum ditambahi oleh elemen apapun, seperti dibawah ini:

Rasengan

-----

Nah, untuk menguasai Rasen-Chidori ini, tentunya diperlukan latihan yang cukup keras dan satu hal penting yang jangan kalian lupakan: penguasaan terhadap elemen petir. Ya, layaknya Rasen-Shuriken, Rasen-Chidori adalah jutsu yang mengkombinasikan pengubahan bentuk chakra (shape transformation) dan juga elemen chakra (nature transformation). Jadi, pertanyaannya kini apakah Boruto memiliki elemen petir?

Lanjut ke halaman 2...

Boruto Kemungkinan Besar Menguasai Lebih dari Satu Elemen

Rasengan Berelemen Petir

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/03/20-kage-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="20 Kage Terkuat dalam Serial Naruto!"]

Sebelumnya, banyak fans yang berspekulasi bahwa Boruto memiliki elemen angin seperti ayahnya. Yah, hal tersebut tidak sepenuhnya salah –karena sampai saat ini tidak bukti yang mengatakan bahwa Boruto tidak menguasai elemen angin. Nah, meskipun Boruto menguasai elemen angin, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa dia juga menguasai elemen petir.

Kok bisa menguasai dua elemen? Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang aneh dalam dunia Naruto. Perlu diingat bahwa setiap ninja tidak terbatas hanya bisa menggunakan satu elemen –sudah menjadi fakta umum bahwa ninja setingkat Jonin bisa menggunakan dua buah elemen. Beberapa ninja malahan menguasai kelima elemen dasar, sebut saja: Kakashi Hatake, Hashirama Senju, Tobirama Senju, dan Hiruzen Sarutobi, serta tak lupa Naruto dan Sasuke.

Jadi, Boruto Memiliki Elemen Petir?

rasengan berelemen petir 2

Saya bisa saja menyebutkan bahwa Boruto menguasai elemen petir karena namanya dalam romanji ditulis ‘Bolt’ yang berarti gemuruh petir. Selain itu, Masashi Kishimoto sendiri tentu saja tidak menamai anak Boruto begitu saja tanpa alasan. Meskipun begitu saya akan coba menggunakan alasan yang lebih logis dan scientific kenapa Boruto menguasai elemen petir.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/13/bukti-bahwa-ibu-sarada-adalah-sakura/" title="Bukti Bahwa Ibu Sarada Adalah Sakura!"]

Pertama, mari kita membicarakan tentang DNA dan Chakra. Dalam artikel sebelumnya, yang membutikan bahwa Ibu Sarada adalah Sakura, sudah pernah dibahas bahwa DNA dan Chakra saling berhubungan satu sama lain. Chakra mempengaruhi DNA –begitu pula sebaliknya. Bukti lainnya bisa kalian lihat dari Madara yang menggunakan sel milik Hashirama (yang tentunya mengandung DNA) sehingga dia membangkitkan chakra milik Asura yang terdapat dalam keturunan Uchiha dan mendapatkan Rinnegan. Lalu jangan lupakan Edo Tensei yang membutuhkan DNA dari orang yang ingin dihidupkan kembali. Mereka yang dihidupkan kembali pun kembali dengan chakra yang sama persis ketika mereka hidup dulu.

Lanjut ke halaman 3...

Untitled

Jika DNA dan Chakra saling berhubungan, maka, layaknya DNA, chakra juga diturunkan dari orang tua kepada anak mereka. Tentu saja, chakra yang diturunkan ini mengandung elemen yang juga dimiliki oleh kedua orang tua (atau salah satunya). Contohnya saja seperti anggota klan Uchiha yang kebanyakan memiliki chakra elemen api.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/31/seperti-inikah-silsilah-keluarga-naruto/" title="Seperti Inikah Silsilah Keluarga Naruto?"]

Nah, orang tua Boruto adalah Naruto dan Hinata (bukan Sasuke!). Naruto, meskipun dominan dan sering menggunakan elemen angin, tetapi dia juga menguasai elemen lainnya termasuk petir. Hinata juga menguasai elemen petir. Jika kedua orangtuanya menguasai elemen petir dan melihat trailer sebelumnya, bisa dibilang bahwa Boruto menguasai elemen petir dan elemen dominan miliknya adalah petir.

(Sekali lagi, ini tidak menutup kemungkinan bahwa Boruto juga menguasai elemen angin.)

Ok, jadi Boruto menguasai elemen petir. Lantas, apakah Boruto bisa menguasai Rasen-Chidori ini?

Tentu saja Boruto bisa menguasai Rasen-Chidori, jika memang jutsu yang digunakan Boruto dalam trailer adalah Rasengan berelemen petir. Meskipun begitu, mungkin ada beberapa fans yang agak sangsi mengenai kemampuan Boruto dalam menguasai Rasen-Chidori ini. Jadi, saya menambahkan halaman ekstra kenapa Boruto bisa menguasai Rasengan berelemen petir.

Lanjut ke halaman 4...

Guru Boruto Adalah Sasuke

TEORI: Apakah Jutsu Yang Digunakan Oleh Boruto Adalah Rasengan Berelemen Petir?

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/24/ini-lho-kira-kira-7-hal-yang-akan-sasuke-ajarkan-kepada-boruto/" title="Ini Lho, Kira-Kira 7 Hal Yang Akan Sasuke Ajarkan Kepada Boruto!"]

Dalam sinopsis ataupun trailer, ditunjukan bahwa Boruto akan beguru kepada Sasuke. Meskipun dia memiliki skill sosial yang buruk dan juga bukanlah guru terbaik dalam serial Naruto (karena sejauh ini guru terbaik adalah Jiraiya) Yah, kalian tahu sendiri ‘kan bagaimana jeniusnya Sasuke dalam serial original Naruto? Kejeniusan Sasuke tersebut mampu membuatnya paham akan bagaimana cara kerja dari Rasengan. Bukanlah hal sulit, mengingat selain jenius dia juga menguasai satu jurus yang dasarnya mirip dengan Rasengan, yaitu Chidori. Chidori mirip dengan Rasengan? Ya, hal tersebut pernah diterangkan Kakashi kepada Naruto ketika mengajari Naruto menambahkan elemen angin ke dalam Rasengan.

‘Sasuke ‘kan tidak bisa Rasengan!’

Saya tidak ingin memperdebatkan bisa tidaknya Sasuke menguasai Rasengan karena sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Sasuke memahami cara kerja Rasengan. Tidak bisa menggunakan Rasengan bukan berarti dia tidak bisa mengajarkan Rasengan. Lagipula saya percaya, sebenarnya Sasuke bisa menggunakan Rasengan (jika melihat Kakashi juga bisa menggunakan Rasengan).

Oke, lupakan kalimat terakhir karena nantinya arah artikel ini keluar dari topik.

Boruto Adalah Jenius

sinopsis boruto the movie

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/19/hal-penting-yang-belum-diketahui-di-cerita-naruto-bahkan-oleh-fans-berat-sekalipun/" title="Hal Penting Yang Belum di Ketahui di Cerita Naruto (Bahkan Oleh Fans Berat Sekalipun)"]

Tidak seperti ayahnya yang cukup telat berkembang, Boruto sudah dianggap sebagai anak jenius semenjak kecil –dia bahkan bisa menggunakan setidaknya dua buah Kagebunshin ketika berlatih dengan Naruto. Akan tetapi, jenius saja tidak cukup bagi Boruto untuk menguasai Rasen-Chidori. Dia membutuhkan keuletan dan kerja keras yang setara atau mungkin lebih daripada ayahnya ketika menguasai Rasen-Shuriken. Yah, tapi dilihat dari ayahnya, kemunculannya dalam manga Naruto Gaiden dan juga caranya berbicara dalam trailer sepertinya dia adalah seorang pekerja keras seperti Naruto. Bukankah begitu?

Itulah tadi teori yang memungkinkan bahwa jutsu yang digunakan oleh Boruto adalah Rasengan berelemen petir:  Rasen-Chidori. Perlu diingat, ini semua masih berupa teori. Jadi, bisa salah dan bisa tidak. Bagaimana menurutmu tentang teori ini? Apakah kamu menantikan adanya Rasen-Chidori?

Boruto –Naruto the Movie– akan mulai dirilis di Jepang pada tanggal 7 Agustus.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU