Keren! Sistem Baru Street Fighter V Ini Bikin Hadoken Sekuat Kamehameha!

Street-Fighter-V-System-2

Sony Sogok Capcom 6 Milyar Agar Street Fighter Eksklusif PS4

Terungkap, alasan dibalik eksklusifitas versi konsol Street Fighter V hanya untuk PlayStation 4.
Baca Juga

Setelah terakhir meresmikan M. Bison kembali berlaga di tengah arena Street Fighter V, selama event Electronic Entertainment Expo 2015 Capcom memastikan karakter lainnya yang kembali untuk seri baru Street Fighter ini. Melalui press conference E3 2015 Sony, Capcom mengkonfirmasikan Cammy dan Birdie bakal playable dalam Street Fighter V. Namun sebelum E3 2015 berlangsung, Capcom juga telah menjelaskan beberapa sistem baru yang mereka terapkan untuk Street Fighter V. Seri baru ini mendapatkan sistem “Variable” yang terdiri dari mekanis baru antara lain sebagai berikut ini:

Street-Fighter-V-System-7

  • V-Skill – Skill unik per karalter yang bisa diakses kapan saja dengan menekan medium punch dan medium kick bersamaan. Skill ini tidak membutuhkan V-Gauge dan memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk setiap karakter (misalnya, meningkatkan mobility, offensive, defensive). V-Skill bisa menjadi penting selama bertarung, karena bisa membantu karakter di status yang seharusnya mereka lemah, atau membantu mengisi V-Gauge lebih cepat. Dengan menggunakan secara efisien V-Skill bisa menjadi kunci kemenangan karakter. Berikut beberapa contoh variable skill karalter.
    • Ryu V-Skill: “Mind’s Eye” – Ryu bisa memperkirakan gerakan selanjutnya yang akan dilancarkan musuh, dan bisa menangkisnya. Semua serangan (high, low, mid) dan proyektil bisa ditangkis jika kalian tepat melakukan V-Skill. Serangan beruntun juga bisa ditangkis jika timingnya tepat. Penggemar Street Fighter III mungkin ingat, bahwa saat itu gerakan “parry” atau menangkis menjadi inti mekanis pertarungan! Mekanis ini kembali melalui V-Skill-nya Ryu, dan memperlihatkan keseriusan Capcom dalam menjadikan setiap karakter Street Fighter V unik dibandingkan lainnya. Untuk setiap tangkisan yang berhasil, Ryu akan mengisi V-Gauge.

Street-Fighter-V-1

  • Chun-Li V-Skill: “Rankyaku” – Chun-Li dengan kuat menendang ke tanah, dan terbang ke arah musuh dengan sudut yang lebih rendah dari lompatan normalnya. Selama di udara, Chun-Li bisa menggunakan serangan udara, dan gerakan spesial seiring dia melayang turun ke arah musuh.

Street-Fighter-V-4

  • Nash V-Skill: “Bullet Clear” – Skill ini memungkinkan Nash menyerap serangan proyektil normal yang mengarah padanya. Jika gerakan ini dilakukan cukup dekat dengan musuh, Nash bisa menyerap life force mereka, dan menimbulkan damage. Setiap kali Nash menyentuh musuh, atau dia membersihkan proyektil yang mengarah padanya, dia sedikit mengisi V-Gauge-nya.

Street-Fighter-V-6

Street-Fighter-V-7

  • M. Bison V-Skill: “Psycho Reflect” – M.Bison menggunakan Psycho Power untuk menyerap proyektil normal yang mengarah padanya. Dan jika kalian terus menahan Psycho Reflect setelah menyerap proyektil atau serangannya, M.Bison bakal melemparkan Psycho Shot kembali ke arah musuh. Dia mengisi sedikit V-Gauge setiap kali variable skill tersebut sukses dilakukan.

Street-Fighter-V-10

Street-Fighter-V-11

  • V-Trigger – Ability unik yang berbeda setiap karakter, dan hanya bisa diaktifkan begitu V-Gauge penuh, dengan menekan tombol heavy punch dan heavy kick bersamaan. V-Trigger, seperti serangan Ultra dalam Street Fighter IV, menjadi salah satu cara untuk merubah keadaan pertarungan jika sukses dilancarkan. Mengaktifkan V-Trigger, yang memberi akses ke potensi terbaik karakter, hanya langkah pertamanya saja. Hanya jika kalian mampu memanfaatkan keuntungan yang diberikan efek V-Trigger saja, kalian bisa saja membalikkan keadaan pertarungan.
    • Ryu V-Trigger: “Denjin Renki” – Ryu menjadi lebih kuat, dan masuk mode Denjin Renki. Dalam mode ini, serangan normal dan EX Hadoken, serta Shinkuu Hadoken mendapat tambahan efek listrik, dan menjadikannya bisa bergerak lebih cepat, serta meningkatkan damage. Dalam mode ini, normal dan EX Hadoken bisa juga ditahan, lebih kuat, dan memberi damage lebih besar, sampai bahkan juga memberi efek guard break jika ditahan (sampai kelihatan tulang-tulangnya tuh!). Selain itu, serangan Shoryuken-nya juga memberi efek tambahan damage ketika mengenai musuh. Denjen Renki juga dibatasi waktu efeknya.

Street-Fighter-V-2

Street-Fighter-V-3

  • Chun-Li V-Trigger: “Renkiko” – Chun-Li mengkonsentrasikan ki-nya ke tangan dan kaki, menghasilkan serangannya bisa masuk lebih banyak dibandingkan serangan normalnya. Serangan light-nya memang tidak mendapatkan keuntungan dari trigger ini, namun serangan medium dan heavy mengenai musuh satu dan dua kali lebih banyak. Namun efek variable trigger ini tidak berlaku untuk serangan spesial. Renkiko juga dibatasi waktu efeknya.

Street-Fighter-V-5

  • Nash V-Trigger: “Sonic Move” – Saat aktif, Nash bakal bergerak dengan kecepatan supersonic dan bakal berhenti di salah satu dari tiga tempat berbeda di dekat musuh, berdasarkan perintah kalian. Kalin bisa memilih menempatkannya di belakang musuh di darat, di belakang musuh di udara, atau di depan musuh namun di udara, dan segera mungkin setelah muncul dia bisa diperintahkan menyerang.

Street-Fighter-V-8

Street-Fighter-V-9

  • M. Bison V-Trigger: “Psycho Power” – M.Bison sepenuhnya melancarkan Psycho Power, yang mempengaruhi pada gerakan dash dan juga beberapa serangan spesial-nya. Dia juga bisa teleport selama melakukan dash, melalui proyektil dan serangan, dan juga bisa menghilang dan muncul kembali serlama gerakan Somersault Skull Diver dan Double Knee Press, menjadikan serangan tersebut makin susah dilacak. Psycho Power juga dibatasi waktu efeknya.

Street-Fighter-V-12

  • V-Reversals – Untuk yang satu ini memakan satu V-Gauge, dan memungkinkan karakter meng-counter serangan musuh ketika bertahan. Mekanismenya mirip dengan “Alpha counters” dari serial Street Fighter Alpha, namun kali ini tidak setiap counter menghasilkan efek universal. Hanya beberapa saja yang mampu mendorong mundur musuh, ada juga yang bisa melumpuhkan mereka, dan ada yang efeknya bisa merubah sisi bertarung karakter. Kalian perlu mengeksplorasi setiap karakter untuk bisa melihat bagaimana fungsi V-Reversal mereka.
  • EX Gauge – Gauge ini terisi seiring kalian menyerang dan menimbulkan damage pada musuh. EX Gauge memungkinkan karakter melakukan serangan yang lebih kuat dari serangan spesial mereka, dan ketika sudah maksimal, untuk melancarkan Critical Art.
  • Critical Arts – Serangan dengan damage yang sangat besar, juga digambarkan dengan adegan sinematik, yang mana juga berbeda-beda visualisasinya untuk setiap karakter.

Dan berikut trailer yang menggambarkan sistem baru tersebut:

Street Fighter V: Battle System Trailer

street fighter v beta

Keren! Sistem Baru Street Fighter V Ini Bikin Hadoken Sekuat Kamehameha!

Sampai bisa bikin Chun Li terbang, dan Nash bergerak dengan kecepatan supersonic!

Abaikan


SHARE
Previous articleTEORI: Apakah Jutsu Yang Digunakan Oleh Boruto Adalah Rasengan Berelemen Petir?
Next articleVideo Terbaru Para Pria Six Pack yang Bertarung Dalam JoJo’s Bizarre Adventure!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.