Batman Arkham Knight Versi PC Penuh Masalah, Gamer Marah!

Batman Arkham Knight versi PC

Di saat versi konsolnya mendapatkan banyak pujian, Batman Arkham Knight versi PC ternyata menyisakan banyak masalah, yang membuat gamer meradang. Apa saja masalahnya?

Hari Selasa, 23 Juni 2015 kemarin seharusnya menjadi salah satu momen bersejarah bagi Rocksteady Studios. Bagaimana tidak, pada hari tersebut mereka akhirnya bisa merilis Batman Arkham Knight untuk seluruh platform secara bersamaan, setelah berkali-kali harus ditunda karena banyak hal. Namun nyatanya, peluncuran Batman Arkham Knight tidak berjalan mulus di seluruh platform. Banyak pemilik PS4 dan Xbox One yang memuji game ini, namun ternyata game ini justru membuat para gamer PC meradang. Lho kok bisa?

Ya, Batman Arkham Knight versi PC yang dirilis di Steam ternyata menyisakan banyaaaak sekali masalah, yang membuat akhirnya lebih banyak user di Steam memberikan review negatif, dibandingkan review positif. Dari sekian banyak masalah yang muncul tersebut, bisa dikategorikan menjadi dua masalah, yaitu masalah mengenai file game dan satu lagi mengenai performa game tersebut saat dijalankan. Saat artikel ini ditulis, sudah ada total lebih dari 4000 user yang memberikan review negatif, berbanding 1800 user yang memberikan review positif. Menyedihkan bukan?

batman arkham knight versi pc

Salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh user adalah framerate game ini yang kacau. Bahkan, ada beberapa user yang hanya mendapatkan framerate kurang dari 30fps saat dimainkan!

batman arkham knight versi pc

batman arkham knight versi pc

batman arkham knight versi PC

Selain itu, ada juga beberapa gamer yang “mensejajarkan” game ini dengan Watch Dogs dan Assassin’s Creed Unity yang dirilis oleh Ubisoft. Bahkan, ada juga beberapa user yang menganggap masalah yang dihadapi oleh Batman Arkham Knight ini lebih parah dibandingkan kedua game tersebut.

batman arkham knight versi pc

Dari sisi file game, ada beberapa user yang mengeluhkan bahwa DLC misi Harley Quinn yang seharusnya menjadi bonus pre order malah menghilang dari game dan tidak bisa diakses.

batman arkham knight versi pc

Banyak yang mengira, bahwa Rocksteady hanya melakukan porting “asal-asalan” dari versi konsolnya. Mereka berpendapat, bahwa Batman Arkham Knight versi PC ini tidak dibangun dengan optimal, dan hanya di-porting ala kadarnya saja.

batman arkham knight versi pc

Dan yang lebih parah lagi, game yang sudah dibeli tidak bisa dimainkan!

batman arkham knight versi pc

batman arkham knight versi pc

Padahal, banyak user yang sangat mengapresiasi gameplay dari game yang jadi penutup seri Arkham ini. Namun sayang, banyaknya masalah performa yang dihadapi sangat mengganggu mereka saat bermain, dan menuntut Rocksteady untuk gerak cepat menemukan masalahnya.

Arkham Knight Dirilis Hari Ini, Sudah Siap Membantu Batman Selamatkan Gotham?

Soundtrack “Mercy” dari Muse yang mengiringi videonya bikin makin semangat... Semangat untuk nunggu versi GOTY-nya, demi mendapatkan semua DLC dengan harga murah!
Baca Juga

Rocksteady pun rupanya sangat tanggap dalam menghadapi banyaknya gamer PC yang marah ini. Dalam pernyataan resmi yang dikirimkan, Rocksteady mengungkapkan bahwa mereka tengah bekerja sama dengan partner eksternal untuk menyelesaikan semua masalah ini. “Kami menyadari, bahwa beberapa user melaporkan masalah performa dari Batman Arkham Knight versi PC,” tulis pernyataan tersebut. “Hal ini adalah sesuatu yang akan kami urus dengan serius. Kami saat ini tengah bekerja sama dengan partner pengembangan versi PC ini untuk memastikan semua isu ini bisa diselesaikan secepat mungkin,” lanjutnya.

Artinya, bagi kamu yang sudah terlanjut membeli versi PC dari game ini diharap bersabar dulu ya. Semoga saja Rocksteady bisa menemukan solusi untuk semua masalah ini dengan cepat, agar tidak berlarut-larut seperti Assassin’s Creed Unity lalu.

Sumber: vg247/Steam