Colossal Titan Ikut Kampanye Anti Narkoba Jepang!

attack on titan (6)

Karakter Attack On Titan menjadi tokoh kampanye anti narkoba di Jepang!

Poster maupun iklan anti narkoba biasanya memiliki cara tersendiri untuk menarik perhatian kita. Ilustrasi pada kampanye anti narkoba biasanya bernuansa gelap, depresi, bernuansa kematian untuk mendapatkan kesan negatif dan perlu dijauhi oleh semua orang. Namun tidak selamanya kampanye anti narkoba bernuansa kelam. Atau setidaknya ini terjadi di Jepang.

Kepopuleran manga dan anime Attack on Titan di Jepang seringkali menjadi simbol kampanye maupun iklan produk tertentu. Hal ini juga terjadi pada kampanye anti narkoba di Jepang yang memanfaatkan kepopuleran Attack on Titan.

di Jepang, kampanye anti narkoba memiliki strategi yang berbeda. Alih-alih menakut-nakuti masyarakat, gambar animasi digunakan untuk menginformasikan dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat atas bahaya narkoba. Hal itu terjadi ketika Tokyo Metropolitan Government (東京都庁舎, Tōkyō-to Chōsha) meminta bantuan Survei Corps dan Colossal Titan untuk berperang melawan narkoba. Hasilnya adalah kampanye anti narkoba yang menarik perhatian semua orang.

The Tokyo Bureau of Social Welfare and Public Health adalah otak di balik kolaborasi ini. Mereka menciptakan kampanye populer ini untuk membangun kesadaran masyarakat menjelang International Day Against Drug Abuse and Illicit Trafficking pada 26 Juni di Jepang.

Puncak kampanye ini adalah video satu menit dibintangi karakter favorit dari Attack on Titan yang terjebak dalam sebuah adegan pertempuran.

Colossal Titan Ikut Kampanye Anti Narkoba Jepang!

Kepopuleran manga dan anime Attack on Titan menjadikan mereka terlibat pada kampanye anti narkoba di Jepang yang memanfaatkan karakter Attack on Titan.

Abaikan

Kampanye anti narkoba ini menekankan pada Eren, yang karena tubuhnya bisa bertransformasi, mengaitkannya dengan bahaya transformasi pikiran dan tubuh akibat efek negatif dari obat-obatan yang berbahaya.

attack on titan (4)

Narkoba memiliki efek berbahaya karena dapat menyebabkan halusinasi dan delusi, kehilangan kesadaran, pernapasan, dan bahkan kematian. Semua dijelaskan dalam ilustrasi kelam ala Attack on Titan.

anti narkoba

Colossal Titan bahkan turut andil menolak narkoba dengan pose tangan menyilang. Dalam budaya Jeang, pose ini dinamakan “batsu”, yang biasa digunakan di Jepang untuk mewakili tanda “X”, yang berarti “tidak” atau “tidak baik”.

▼ tagline Colossal Titan berbunyi, “Seluruh umat manusia, lawan obat-obatan berbahaya!”

attack on titan (3)

Ingat, semuanya: jangan mengonsumsi narkoba. Atau kalian akan berurusan dengan murka dari Colossal Titan!


SHARE
Previous articleGamer Indonesia Bisa Ikut Cicipi Street Fighter V Beta. Begini Caranya!
Next articleDibuat Makin Realistis, Forza Motorsport 6 Bakal Bikin Kalian Sampai Basah!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.