Selamatkan Kakatua Jambul Kuning yang Langka Lewat Game Mobile Ini!

pora save jacob - kakatua jambul kuning

Spesies kakatua jambul kuning atau Jacob semakin langka. Untuk meningkatkan kepedulian atas hal ini, NED Studio dari Sumatra Utara membuat sebuah game berjudul Pora: Save Jacob!

Beberapa minggu terakhir mungkin kamu sering mendengar seruan Save Jacob ataupun hashtag #savejacob di media sosial. Seruan tersebut tidak lain mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap populasi Jacob, salah satu jenis burung Kakatua jambul kuning  yang semakin langka di dunia. Sejak tahun 2007, Kakatua Jacob ini telah ditetapkan dunia sebagai satwa langka yang terancam punah dan diperkirakan hanya tersisa sekitar 7.000 ekor saja di seluruh dunia.

Walaupun telah ditetapkan sebagai satwa langka yang dilindungi hukum di Indonesia, namun tetap saja banyak orang Indonesia yang melakukan penyelundupan untuk perdagangan ilegal satwa langka ini. Salah satu fakta yang sedang hangatdiberitakan akhir-akhir ini yaitu penyelundupan kakatua jambul kuning dengan kapal di pelabuhan, dimana burung kakatua dimasukkan secara paksa ke dalam botol air mineral, kemudian botol-botol tersebut dimasukkan ke dalam kotak yang minim udara. Menyedihkan sekali bukan?

pora: save jacob - kakatua jambul kuning

Fakta menyedihkan inilah yang akhirnya membuat salah satu studio asal Sumatra Utara, NED Studio untuk membuat versi game-nya berjudul Pora: Save Jacob. Pora: Save Jacob adalah game untuk Android, iOS dan Windows Phone yang kembali mengisahkan Pora, seekor ikan yang peduli terhadap lingkungan hidup. Dalam game ini, Pora dikisahkan mendengar jeritan burung Kakatua jambul kuning yang sedang kesakitan di pelabuhan akibat kejahatan yang dilakukan oleh para penyelundup. Pora pun merasa kesal dan berinisiatif untuk membantu burung-burung itu agar bisa terbebas dari para penyelundup tersebut.

pora: save jacob - kakatua jambul kuning

Game ini menyajikan sebuah gameplay yang simpel, sehingga bisa dimainkan untuk segala usia. Dalam game ini, kamu harus membantu Pora dengan cara menembakkan torpedo ke arah musuh untuk membebaskan Jacob, lantas menyelamatkannya dari air dengan cara menembakkan gelembung udara. Untuk menembakkan torpedo dan gelembung udara ini, tersedia dua tombol di bagian kanan layar. Dalam pernyataan resminya, NED Studio sendiri berharap game ini bisa membuat semakin banyak masyarakat yang sadar dan peduli terhadap populasi satwa-satwa yang langka di Indonesia, termasuk Kakatua jambul kuning alias Jacob ini.

pora: save jacob - kakatua jambul kuning

Tertarik untuk membantu Pora menyelamatkan Jacob dari para penyelundup lewat game ini? Kamu bisa men-download Pora: Save Jacob secara gratis. Sementara, game ini baru tersedia untuk platform Android saja, dan kabarnya akan disusul dengan versi iOS dan Windows Phone dalam waktu dekat.

Download Pora: Save Jacob (Android)


SHARE
Previous articleTak Terbendung, Furious 7 Menyalip Rekor Box Office Avengers!
Next article4 Clone Paling Berbahaya di Dunia Naruto
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.