Tiga Kompetisi Siap Ramaikan Compfest7!

compfest7

Semakin banyak kompetisi yang diselenggarakan untuk mengasah kreatifitas di bidang teknologi informasi dan industri kreatif. Salah satunya adalah Competition Compfest7 yang diselenggarakan oleh BEM Fasilkom Universitas Indonesia.

Bagi yang belum tahu, Competition CompFest7 sendiri merupakan kompetisi IT berskala nasional yang menawarkan total hadiah 100 juta rupiah. Jajaran kompetisi yang diadakan CompFest7 merupakan salah satu bentuk usaha dalam meningkatkan kesadaran terhadap teknologi informasi di Indonesia, serta memberikan solusi dari berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia melalui teknologi informasi. Tidak hanya itu, kompetisi CompFest7 juga merupakan cara menunjukan ke
masyarakat luas, bahwa sumber daya manusia di Indonesia dalam bidang teknologi informasi juga tidak kalah bersaing dengan yang ada di luar negeri.

Ada tiga kompetisi utama yang bisa kamu ikuti dalam CompFest7, antara lain Indie Game Ignite, Internet of Things Competition, dan Open App Challenge. Berikut adalah deskripsinya.


1

Indie Game Ignite


compfest7 indie game ignite

Indie Game Ignite adalah kompetisi para developer game indie di Indonesia untuk menunjukkan karyanya.  Kompetisi yang berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Chocoarts, Duniaku Network, dan Gameloft ini mendorong para pesertanya untuk berkreasi, berkembang, dan berinovasi tanpa batas. Peserta dapat membuat game dengan tema apapun. Kompetisi ini dapat diikuti oleh umum dan terdiri dari tim yang beranggotakan dua hingga empat orang.

Menurut Pravira Madyakurnia, Person in Charge Indie Game Ignite CompFest7, mengikuti kompetisi game development CompFest7, merupakan langkah awal untuk terjun ke industri game dan dapat memperluas relasi dengan para pengembang game di indonesia.

Para peserta berkesempatan meraih hadiah total Rp. 15.000.000,00 dengan rincian Rp. 8.000.000,00 untuk juara pertama, Rp. 5.000.000,00 untuk juara kedua, dan Rp. 2.000.000,00 untuk juara ketiga. Oiya, yang menarik nantinya pemenang kompetisi ini akan berkesempatan untuk showcase di GDG (Game Developers Garhering) Prime 2015 yang akan diselenggarakan di Bandung bulan November 2015 nanti! Kamu bisa mendaftarkan diri melalui link di bawah ini paling lambat tanggal 30 Juni 2015.

Pendaftaran Indie Game Ignite Competition Compfest7


2

Internet of Things Competition


compfest7 iot competition

Internet of Things atau IoT merupakan sebuah istilah baru di dunia IT yang belakangan ini banyak ditemui. Apa sih sebenarnya Internet of Things itu? Secara singkat, IoT yaitu konsep bagaimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi dan berhubungan satu sama lain melalui jaringan internet. IoT adalah sebuah inovasi baru dunia IT yang diprediksi dapat menjadi “the next big thing” dalam dunia teknologi informasi. Banyak perusahaan besar mulai mendalami bidang ini, sebut saja Intel, Microsoft, dan Oracle. Penerapan IoT sendiri juga sudah banyak bermunculan, seperti di smart car dan smart home, misalnya.

Kompetisi yang merupakan kompetisi IoT pertama di Indonesia ini diharapkan dapat memunculkan dan menggali bakat orang-orang yang unggul dalam bidang IoT.  Tema yang diusung dalam IoT competition tahun ini yaitu ‘Build Limitless Connection of Things to Shape the City of Tomorrow’. “Dengan mengusung tema ini, diharapkan peserta dapat berinovasi seluas-luasnya terutama dalam mendukung perkembangan IoT di Indonesia.” ujar Irene Yulinda, Person in Charge IoT Competition Compfest7 seperti dikutip dari pernyataan resminya.

Peserta harus berstatus mahasiswa diploma/sarjana pada masa pendaftaran kompetisi dan dapat terdaftar sebagai individu ataupun dalam tim beranggotakan maksimal 3 orang. Selain itu peserta juga harus memilih satu dari tiga kategori yang tersedia, yaitu Kesehatan dan Sanitasi, Transportasi dan Fasilitas Publik, dan Bencana.

Peserta yang terdaftar diberikan kebebasan dalam pemilihan perangkat serta ide berkreasi di bidang IoT asalkan sesuai dengan tema yang diberikan. Diharapkan, dalam pemilihan ide, peserta dapat memanfaatkan Open Data. Open Data sendiri yaitu data yang bebas digunakan dan disebarluaskan. Dalam hal ini, IoT Competition CompFest7 sudah bekerja sama dengan One Data, World Bank, Global Facility for Disaster Reduction and Recovery (GFDRR), The United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA), UPT Smart City, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Komunitas Robot, dan Geeknesia.

Internet of Things Competition CompFest7 menyediakan total hadiah sebesar Rp. 21 juta, dengan rincian; Rp. 10.000.000,00 untuk juara pertama, Rp. 5.000.000,00 untuk juara kedua, dan hadiah sebesar Rp. 2.000.000,00 untuk di setiap kategorinya. Kamu bisa mendaftarkan diri melalui link di bawah ini paling lambat tanggal 30 Juni 2015.

Pendaftaran IoT Competition Compfest7


3

Open App Challenge


 

compfest7 open app challenge

Sesuai dengan temanya yaitu “Solving National Problems through Innovation”, dalam kompetisi ini peserta ditantang untuk menyelesaikan masalah lokal dan nasional dengan menggunakan open data. Open data sendiri merupakan data yang bebas digunakan dan disebarluaskan. Open App Challenge juga telah berkolaborasi dengan One Data, World Bank, Dicoding, Global Facility for Disaster Reduction and Recovery (GFDRR), The United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA), UPT Smart City, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

Peserta Open App Challenge CompFest7 merupakan tim yang terdiri dari 2-4 orang dan masing-masing berusia minimal 10 tahun. Peserta wajib memilih satu dari tiga kategori yang tersedia, yaitu Kesehatan dan Sanitasi, Transportasi dan Fasilitas Publik, dan Bencana.  Hadiah yang ditawarkan dalam kompetisi ini pun sangat menarik. Peserta berkesempatan untuk meraih total hadiah sebesar Rp. 15 juta dengan rincian; Rp. 7.000.000,00 untuk juara pertama, Rp. 3.500.000,00 untuk juara kedua, dan Rp. 1.500.000,00 untuk pemenang di setiap kategorinya.

Pendaftaran akan dibuka mulai dari tanggal 14 Mei hingga 30 Juni 2015. Kamu bisa mendaftarkan diri melalui link di bawah ini.

Pendaftaran Open App Challenge Compfest7


SHARE
Previous articleInilah Kejelasan Tugas dan Struktur Badan Ekonomi Kreatif!
Next articleTak Terbendung, Furious 7 Menyalip Rekor Box Office Avengers!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.