Setelah FF VII, Nomura Ingin Remake FF VI?!

Remake FF VI - Logo

Kejutan Square Enix mengenai remake FF VII di E3 minggu lalu memang sukses membuat banyak gamer angkatan ’90-an gempar saking senangnya. Pasalnya, Square Enix sudah sempat nge-troll dengan publikasi tentang porting game tersebut ke PS4 di akhir tahun lalu; yang awalnya dikira remake HD. Ditambah lagi, reputasi FF VII bisa dibilang paling tinggi di antara seri-seri Final Fantasy lainnya. Bicara soal popularitas, ada sebuah judul FF klasik yang sering dikatakan sebagai FF dengan plot cerita terbaik: Final Fantasy VI. Bagaimana reaksimu kalau ternyata akan ada perwujudan remake FF VI?

Remake FF VI - Characters

Chocobo Bisa Terbangkan Kamu ke Langit FF XIV: Heavensward

Karena Chocobo Final Fantasy yang main di darat udah terlalu mainstream~ FF XIV: Heavensward rilis hari ini!
Baca Juga

Sebuah petisi muncul tak lama setelah remake FF VII diumumkan. Petisi yang kurang sukses menjangkau fans Final Fantasy kebanyakan tersebut berisi permintaan remake FF VI ke Square Enix. Siapa sangka, ternyata tanpa petisi pun sebetulnya Tetsuya Nomura memang sudah memperhitungkannya!

Memang masih belum banyak yang diketahui dari remake FF VII selain grafisnya yang jelas meningkat pesat, tapi tak ada salahnya kita memandang sedikit ke masa depan. Adakah niatan Square Enix mengolah kembali seri terdahulu FF selain FF VII? Hal inilah yang ditanyakan oleh Venture Beat pada Tetsuya Nomura beberapa hari lalu saat berlangsungnya Electronic Entertainment Expo 2015 di Los Angeles. Meski saat itu yang ditanyakan adalah niatan Nomura membuat remake seri Final Fantasy di konsol PlayStation 1, ternyata ia melihat jauh lebih ke belakang.

Keinginan Remake FF VI Langsung dari Mulut Tetsuya Nomura

Remake FF VI - Terra

4 Fakta Unik Final Fantasy VII Ini Belum Tentu Ada di Versi Remake!

Hantu Aerith, iklan Xenogears... Eh, Xenogears itu aslinya konsep awal buat FFVII?
Baca Juga

Sebagai director dari remake Final Fantasy VII, Tetsuya Nomura juga sudah terlibat dalam pembuatan seri FF sejak Final Fantasy V di tahun 1995. Maka tak heran jika gamer maupun kalangan media antusias menanyakan apakah ia berminat untuk me-remake judul Final Fantasy jadul lainnya. Pastinya banyak yang berharap dapat memainkan Squall Leonhart atau Zidane Tribal versi HD. Namun untuk jawaban pertanyaan tersebut, beginilah komentar Nomura.

“Mengingat kami sudah membuat remake Final Fantasy sampai seri IV dan sekarang yang ke-VII — saya sudah bekerja dengan (Yoshinori) Kitase sejak Final Fantasy V, dan kami sadar kalau V dan VI kelewatan. Saya merasa bimbang. Bagaimana bisa kita melewatkan 2 seri itu?”

Seperti yang diketahui, remake FF I dan II pernah hadir di GameBoy dan PSP. FF III dan IV versi remake dapat kita temui di Nintendo DS. Sekarang – walaupun memang berdasarkan permintaan terpopuler – fans Final Fantasy dimanjakan dengan berita remake FF VII. FF V dan VI yang rilis pertama kali di Super Nintendo terlewat begitu saja, padahal keduanya cukup digemari di pasaran. Adapun saat FF V dan VI dirilis ulang lewat platform mobile, mereka hanya menerima tambahan artwork baru yang bahkan dikatakan lebih buruk dari aslinya oleh sebagian gamer.

Kabarnya, Nomura berencana merampungkan Final Fantasy VII versi remake secepatnya. Apakah setelahnya kita akan mendengar berita dibuat ulangnya FF V atau mungkin versi remake FF VI terlebih dulu? Hmm, mana yang lebih kamu tunggu?

Remake FF VI - Terra vs Kefka