Sekilas Ini Seperti Patung Kaligrafi Biasa, Tapi Sebenarnya Adalah…

patung kaligrafi

Patung kaligrafi karya Bassam Al Selawik dan Maysoon Masalha mempesona dengan permainan bayangan yang memukau

Patung-patung kaligrafi yang dibuat oleh pasangan suami istri Bassam Al Selawik dan Maysoon Masalha sekilas seperti patung kaligrafi biasa. Tapi jika dipancarkan sinar lampu, kita akan melihat bayangan yang memukau. Bayangan ini bisa berupa tulisan kaligrafi, wajah orang, suasana padang pasir, orang yang sedang berdoa maupun shalat, sehingga apa yang kita lihat pada patung kaligrafi ini ternyata memiliki makna tersembunyi di balik bayangan yang terpancarkan.

bassam al selawik (1)

Al Selawik dan Masalha lulus pada jurusan seni dari Universitas Yarmouk di Yordania. Setelah mengajar selama bertahun-tahun di PBB untuk Sekolah Pengungsi Palestina, pasangan ini pindah ke Abu Dhabi pada 2012, di mana mereka bekerja di The Art Hub.

Kami telah bekerja dengan kaligrafi selama bertahun-tahun, tapi dua tahun lalu kami mulai bereksperimen dengan menggabungkan kaligrafi dengan seni bayangan. Kami telah mencoba untuk mengembangkan gaya yang unik dengan menggunakan bahan-bahan baru dan teknik. Kami seperti bentuk seni Karena itu memberi kami banyak ruang untuk mengekspresikan kreativitas kita, dan Memungkinkan kami untuk memperkenalkan unsur figuratif dalam pekerjaan kami sementara tetap setia kepada tradisi budaya kita. Kami baru-baru ini membuat kaligrafi untuk sebuah masjid di Dubai, dan hal ini mendorong kami untuk bereksperimen dengan bentuk seni ini dalam membuat inovasi baru karya seni bayangan

– Al Selawik.

Patung-patung kaligrafi Al Selawik terbuat dari resin. Patung-patung ini dibuat dalam edisi terbatas. Proses pembuatan patung ini antara lain adalah brainstorming ide tentang apa patung yang dibuat beserta bayangannya, lalu membuat banyak sketsa, kemudian membuat model tanah liat. Cetakan ini dibuat untuk casting final dengan resin. Pemilihan resin karena mudah untuk ditangani dan biayanya tidak mahal. Setelah itu proses finishing dan detil tetap dikerjakan dengan ketrampilan tangan.

Nuansa-nuansa pada patung kaligrafi Al Selawik yang diangkat antara lain adalah nilai spiritual, romantisme, sejarah, hingga kemegahan bangunan-bangunan.

16 bassam al selawik (9) bassam al selawik (8) bassam al selawik (6) bassam al selawik (5) bassam al selawik (4) bassam al selawik (3) 6_0 &MaxW=640&MaxH=427&EP-140709358 &MaxW=640&MaxH=427&EP-140709358 (2) &MaxW=640&MaxH=427&EP-140709358 (1) &MaxW=640&imageVersion=default&AR-140709358

Pada Ramadhan kali ini, Bassam Al Selawik dan Maysoon Masalha sedang menyelenggarakan pameran ‘Spiritual Shadows’ di The Medical Pavilion lobby di Shaikh Khalifa Medical City, Abu Dhabi.