Kronologi Beli iPhone Dapat Sabun, Apes atau Memang Disengaja?

beli iphone dapat sabun

Kasus beli iphone dapat sabun ramai diperbincangkan netizen beberapa hari terakhir. Apa sih yang sebenarnya terjadi?

Inginnya membeli iPhone baru (mungkin untuk Lebaran 2015?), tapi apes justru bukan iPhone yang didapat, melainkan sebuah sabun batangan. Hal inilah yang menimpa salah satu customer salah satu toko online terbesar di Indonesia, Lazada, Danis Darusman beberapa hari lalu. Kasus beli iPhone dapat sabun ini pun lantas menjadi perbincangan banyak orang di dunia maya, hingga memunculkan spekulasi-spekulasi black campaign. Apa sih yang sebenarnya terjadi?

Kasus beli iPhone dapat sabun ini pertama kali mencuat setelah Danis mem-posting sebuah tweet yang mengeluhkan bahwa dirinya tidak mendapatkan iPhone 6 plus sesuai yang dipesannya. Alih-alih dapat yang diinginkan, atau paling tidak beda tipe, yang didapat justru satu buah sabun mandi batangan merk Nuvo. Danis pun tidak lupa mengikut sertakan foto dari sabun tersebut sebagai buktinya.

Danis pun kabarnya sudah menghubungi pihak Lazada melalui Twitter sejak mendapatkan paket tersebut sekitar tiga hari lalu. Namun tidak ada respon dari pihak Lazada terkait komplain tersebut. Seolah tidak cukup dengan foto paket, Danis pun merekam video unboxing paket tersebut.

Kronologi Beli iPhone Dapat Sabun, Apes atau Memang Disengaja?

Kasus beli iphone dapat sabun ramai diperbincangkan netizen beberapa hari terakhir. Benarkah ini merupakan usaha black campaign, atau sekedar apes?

Abaikan

Namun masalah baru muncul, setelah diketahui bahwa Danis merupakan salah satu karyawan dari perusahaan e-Commerce pesaing Lazada, Elevenia. Banyak netizen pun langsung memberikan tuduhan miring bahwa Danis sengaja melakukan black campaign untuk menjatuhkan Lazada. Netizen pun mulai mencari-cari letak kejanggalan laporan dari Danis tersebut, terutama kejanggalan saat melakukan unboxing dan juga bungkus dari paketnya.

beli iphone dapat sabun
XL Planet adalah operator dari Elevenia Indonesia

Namun hal tersebut buru-buru ditampik oleh Danis dalam rangkaian tweet di akun resminya. Bahkan dalam salah satu tweet-nya, Danis mengungkapkan bahwa apa yang dikeluhkan ini murni karena pengalamannya sebagai customer dari Lazada, bukan bermaksud melakukan black campaign atau yang sejenisnya.

Setali tiga uang dengan Danis, Vice President Marketing Division dari Elevenia sendiri, Medeleine Ong De Guzman sudah berkomunikasi dengan pihak Lazada, dan menegaskan bahwa ini hanyalah masalah pribadi, bukan usaha black campaign seperti yang dituduhkan oleh netizen. “Kami telah berkomunikasi secara langsung dengan pihak Lazada dan menegaskan bahwa ini adalah murni masalah personal. Ini merupakan pengalaman antara pembeli dengan penjual, bukannya black campaign atau propaganda hitam,” ungkap Medeleine seperti dikutip dari Liputan 6. “Memang benar Danis adalah staf Elevenia, namun sekali lagi kami tegaskan bahwa ini benar-benar murni consumer experience. Kami pun sudah berdiskusi dengan Danis. Kami yakin bahwa Lazada sudah melakukan investigasi terkait masalah ini,” lanjutnya.

beli iphone dapat sabun
Medeleine Ong de Guzman

Kasus ini pun langsung menjadi viral, dan membuat pihak Lazada akhirnya angkat bicara. Seperti dikutip dari KompasTekno, PR Manager Lazada Tania Amalia mengkonfirmasikan bahwa apa yang dikatakan Danis memang benar, dan order tersebut benar-benar ada. “Ordernya memang ada. Sudah berkomunikasi dengan pembeli lewat e-mail. Link pembeliannya memang ada,” tulis Tania dalam konfirmasi tersebut. Tania juga menambahkan, bahwa order tersebut bukan barang retail langsung dari Lazada, melainkan barang dari toko rekanan. Konfirmasi dari Tania ini juga dibenarkan oleh Danis.

Sampai saat artikel ini ditulis, pihak Lazada masih melakukan investigasi mengenai kasus beli iPhone dapat sabun ini. Tania mengungkapkan, bahwa untuk menjalin rekanan, sebenarnya ada tahapan-tahapan yang harus diikuti agar masalah-masalah seperti ini tidak kembali terjadi. Dan jika diketahui ada toko yang nakal, maka Lazada akan siap memberikan konsekuensi kepada toko tersebut.

Yang menarik, salah satu pesaing dari Lazada lainnya, OLX pun ikut “menyindir” kasus ini lewat sebuah meme. Dalam akun Twitter resminya, OLX menuliskan bahwa untuk belanja yang aman, mending lakukan COD (Cash on Delivery) alias ketemuan saja. Tweet ini pun disertai sebuah gambar dua orang sedang COD-an, dan bertuliskan “Biar gak beli handphone dapat sabun, mending COD saja.” Ada-ada saja…

Yah, ada hikmah di balik setiap peristiwa. Tentunya, kasus ini mengingatkan kita agar kembali lebih berhati-hati saat berbelanja online dengan memperhatikan setiap aspek di dalamnya, seperti reputasi seller, review dan sebagainya. Harapannya tentu saja, agar masalah ini tidak kembali terjadi di kemudian hari.


SHARE
Previous articleAmerika Tantang Jepang Perang Robot!
Next articleReview Epic War VI: Perang Line Defense yang Semakin Epik!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.