Review Epic War VI: Perang Line Defense yang Semakin Epik!

review epic war VI

ArtLogic Games baru saja merilis kelanjutan seri peperangan epik miliknya, Epic War VI di Kongregate. Apakah game ini lebih baik dibandingkan seri sebelumnya? Simak review Epic War VI berikut ini!

Sekitar akhir tahun 2014 lalu, ArtLogic Games membawa kejutan dengan merilis Epic War VI untuk Windows Phone terlebih dulu. Mengejutkan, karena memang biasanya studio asal Surabaya ini selalu merilis versi Flash di portal game seperti Kongregate lebih dulu, baru setelah itu masuk mobile. Nah, setelah kurang lebih setengah tahun eksklusif untuk Windows Phone, akhirnya di akhir Juni 2015 kemarin mereka merilis Epic War VI ini di Kongregate. Bagaimana seri baru ini dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya?

Review Epic War VI: Perang Line Defense yang Semakin Epik!

Setelah menanti sekitar setengah tahun, akhirnya line defense dari ArtLogic Games ini hadir di Kongregate!

Abaikan

Epic War VI masih mempertahankan ciri khas line defense yang masif seperti game-game sebelumnya, dimana kamu akan mengontrol satu hero dan juga unit-unit lain yang membantunya. Pertempuran akan berjalan secara otomatis, jadi kamu hanya perlu mengatur formasi sebelum pertempuran dimulai dan juga mengatur strategi saat di dalam pertempuran. Strategi dalam pertempuran yang bisa kamu atur adalah kapan harus Assault (langsung maju secara agresif untuk menyerang musuh dan kastilnya), Fallback (sedikit mundur untuk regenerasi health secara otomatis) atau mengatur rally point tempat hero dan unit yang kamu kehendaki.

review epic war VI

Terdapat beberapa hero yang disediakan, dimana masing-masing hero bisa membawa unit sesuai dengan spesialisasinya. Sebagai contoh Viegraff yang merupakan sosok ksatria bisa memanggil unit yang sebagian besar merupakan petarung jarak dekat alias melee. Dalam pertempuran, kamu hanya bisa membawa dua macam unit yang akan terus respawn saat mereka tewas. Masing-masing unit memiliki kapasitas dan waktu respawn yang berbeda-beda, sehingga tentu diperlukan strategi yang baik untuk mix and match agar bisa efektif dalam pertempuran.

Masing-masing hero memiliki skill khusus yang bisa kamu cast setelah waktu cooldown-nya usai. Tidak hanya unit saja yang bisa respawn, melainkan hero juga bisa respawn jika gugur di tengah pertempuran. Dalam press release yang dikirimkan, ArtLogic Games mengungkapkan bahwa game ini memiliki total 6 hero yang bisa kamu pilih, dan juga 36 macam unit yang bisa kamu evolusikan dan naikkan levelnya hingga menjadi kuat.

review epic war VI

Nuansa peperangan yang masif ala Epic War masih tersaji dalam layar pertempuran game ini, dimana darah akan berceceran di mana-mana, dan juga unit yang memenuhi layar. Dari segi animasi saat pertempuran, game ini lebih baik dibandingkan Epic War V sebelumnya. Namun sayang, kadang pertempuran ini terasa kurang “greget” saat tebasan pedang atau senjata dari hero tidak mengenai musuh, tetapi tetap masih memberikan damage.

Selain menyelesaikan campaign, kamu juga bisa bertarung line defense dengan pemain lain lewat fitur PvP yang disediakan. Selain itu, terdapat juga fitur craft untuk mengkombinasikan item dan senjata yang kamu dapatkan agar lebih kuat. Total, ada lebih dari 50 item dan senjata yang bisa kamu dapatkan dan equip ke hero utamamu. Game ini menyediakan dua mata uang berbeda, gold dan kristal. Di game ini, kristal bertindak sebagai mata uang premium yang bisa kamu beli, dan Epic War VI ini juga menyediakan fitur untuk mengkonversi kristal menjadi gold.

review epic war VI

Meskipun secara keseluruhan Epic War VI lebih baik dari seri Epic War sebelumnya, namun masih ada beberapa kekurangan, seperti bug health kastil yang tidak berkurang saat diserang yang muncul ketika pertama kali game ini diluncurkan. Namun penulis mengapresiasi ArtLogic Games yang cepat tanggap dalam menangani bug ini dan memberikan update hanya selang beberapa jam saja bug ditemukan. Selain itu, kekurangan lain dari game ini adalah “nuansa” mobile yang masih terasa dalam beberapa kosakatanya, seperti kata tap yang seharusnya bisa diubah menjadi click.

Bagi kamu yang tertarik ingin mencoba game ini, kamu bisa langsung kunjungi halaman resmi Kongregate-nya di bawah ini. Oiya, selain hadir di Windows Phone dan di Kongregate, kabarnya Epic War VI ini juga akan hadir di Android dan iOS pada kuartal ketiga tahun 2015 mendatang.

Play Now: Epic War VI (Kongregate)

REVIEW OVERVIEW
Overall Experience
80 %

SHARE
Previous articleKronologi Beli iPhone Dapat Sabun, Apes atau Memang Disengaja?
Next articleNaruto Gaiden Bab 10: Sasuke – Sarada – Sakura!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.