Bosen Survival Horror Musuh Zombie? Danganronpa Another Episode Musuhnya Teddy Bear!

Danganronpa Another Episode Ultra Despair Girls (1)

Ah, saya melihat ada senyum gembira di bibir para gamer PlayStation Vita, sambil berkata dalam hati, “Masih belum saatnya menjual handheld Sony ini!” Meskipun tidak sepanjang 3DS daftar game PS Vita yang termasuk keren, namun kalian yang bisa menikmati pilihan niche seperti serial Danganronpa bisa berharap mendapatkan obyek mainan baru ketika versi translasi Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls dirilis publisher NIS America 1 September 2015 mendatang di Amerika Utara, dan 4 September di Eropa. Berikut trailer konfirmasi versi US-nya:

Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls — Official Trailer 1

Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls menjadi seri baru game action adventure dengan nuansa horor anime (survival horror, namun musuhnya boneka beruang?), yang dikembangkan Spike Chunsoft eksklusif PS Vita. Menjadi spin-off serial game visual novel Danganronpa, dan mengambil setting antara event Danganronpa: Trigger Happy Havoc serta Danganronpa 2: Goodbye Despair. Game ini sudah dirilis di Jepang 25 September 2014 mendatang, dan saat ini juga sudah muncul adaptasi manganya oleh Machika Minami mulai Januari 2015 lalu, serta manga kedua dikerjakan Hajime Toya, yang diterbitkan Kadokawa Shoten sejak Februari 2015. Berikut trailer lainnya yang dirilis Juni lalu, dan sudah berbahasa Inggris:

Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls – Welcome to Despair (English Trailer)

Tidak seperti gameplay visual novel dalam dua seri sebelumnya yang lambat, Ultra Despair Girls merupakan action adventure dengan gameplay cepat dan elemen horor, dimana kalian mengendalikan Komaru Naegi sering dia mencoba selamat di tengah kota yang dikuasai robot Monokuma. Kalian memanfaatkan Truth Bullet, ini semacam bukti yang kontradiksi dengan statement untuk mengetahui kebenaran, dalam game visual novel-nya. Peluru tersebut digunakan Komaru bersama Hacking Megaphone, yang bisa menggunakan beragam Truth Bullet. Berbagai jenis Truth Bullet terbuka seiring permainan berjalan.

Danganronpa Another Episode Ultra Despair Girls (4)

Danganronpa Unlimited Battle Bukan Lagi Visual Novel, Dirilis Eksklusif Untuk iOS

Danganronpa Unlimited Battle Bukan Lagi Visual Novel, Dirilis Eksklusif Untuk iOS
Baca Juga

Menggunakan megaphone, Komaru bisa melakukan beragam aksi, seperti menyerang musuh, mengendalikan mereka, mengaktifkan equipment, atau memindai lingkungan untuk menemukan petunjuk atau item rahasia. Selama permainan, Komaru juga ditemani Toko Fukawa, karakter dari game pertamanya, yang menggunakan stun gun yang terisi penuh, dengan tujuan mengganti kepribadiannya menjadi pembunuh berantai Genocide Jack (atau Genocide Jill). Dengan kondisi sementara menjadi Genocide Jack, kalian bisa menyerang menggunakan gunting. Menyerang musuh bisa memenuhi gauge “Scissor Fever.” memungkinkannya melancarkan serangan spesial yang mampi dengan instan mengalahkan banyak musuh sekaligus.

Danganronpa Another Episode Ultra Despair Girls (2)

Setiap musuh yang dikalahkan menghasilkan Monocoin. Koin tersebut bisa digunakan untuk membeli upgrad untuk Hacking Gun Komaru dan guntingnya Jack, atau menambah skill mereka. Developernya Spike Chunsoft menyediakan tiga tingkat kesulitan, dengan tingkat kesulitan yang tertinggi membatasi amunisi, serta memperkecil kesempatan Fukawa beralih kepribadian menjadi Jill.

Mengambil setting setengah tahun setelah event game pertamanya, dan sebelum event dalam game kedua, di sini Komaru Naegi, adik protagonis game pertamanya, Makoto Naegi, telah menghabiskan waktu setahun belakangan terkunci di dalam kompleks apartemen di Towa City, dan dia tidak menyadari apa yang terjadi di dunia luar. Tidak heran jika dia langsung kabur ketika diserang robot Monokuma. Kemudian dia bertemu anggota Future Foundation, Byakuya Togami, yang memberikan Hacking Gun pada Komaru, dan bisa digunakan untuk melawan robot, sekaligus menganjutkannya keluar kota.

Danganronpa Another Episode Ultra Despair Girls (10)

Komaru gagal lolos, dan ditangkap sekelompok murid SD yang menyebut dirinya Warriors of Hope, yang diketahui memiliki misi membangun sebuah tempat ideal bagi anak-anak, namun caranya salah, membunuh semua orang dewasa menggunakan robotnya, karena menilai para dewasa tersebut telah salah memicu tragedi. Komaru dipaksa bergabung dalam permainan “Demon’s Hunting” anak-anak tersebut (sebuah permainan dimana Warriors of Hope bertarung untuk melihat siapa yang berhasil mengalahkan demon perama kali), dan menempatkannya di kota, dimana dia bertemu Toko Fukawa, salah satu korban selamat dari Hope’s Peak Academy dari prekuelnya, yang kini menggunakan stun-gun untuk mengendalikan kepribadian gandanya yang berbahaya, Genocide Jack. Toko memiliki agendanya sendiri, mencari Byakuya yang mungkin diculik Warriors of Hope, dan bergabung dengan Komaru.

Danganronpa Another Episode Ultra Despair Girls (16)

Seiring perjalanan Komaru dan Toko bertarung melawan Warriors of Hope, menjumpai banyak despair (sebutan manusia yang terinfeksi keputusasaan, dan menjadi anarkis), merka juga mengetahui jika Warriors of Hope ternyata memuja Junko Enoshima, Ultimate Despair yang bertanggung jawab atas tragedi yang mengacaukan dunia, dan saat ini sedang mencari penerus. Well, ceritanya menarik, apalagi untuk sebuah game horor yang setidaknya tidak memaksa kalian melawan zombie, dan berhubungan dengan wabah virus, plus ada banyak humor khas Danganronpa di sepanjang permainan.

Berikut trailer terbarunya yang dirilis kemarin:

Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls – Official Thematic Trailer

Danganronpa Another Episode Ultra Despair Girls (22)

Jika tertarik mengoleksi game ini, NIS America melalui NISA Online Store menawarkan limited edition Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls, dengan harga US $64.99, dan bonusnya antara lain:

  • A copy of the game
  • 32 page, soft cover art book
  • 15 track, single disc original soundtrack with jewel case
  • Collector’s box
  • Bonus Item #1: Warriors of Hope & Kurokuma Set Box (Includes: 4.5″ Diameter Tie Clip, Warriors of Hope Pin)
  • Bonus Item #2: Kurokuma Tie
  • Bonus Item #3: Kurokuma Eyepatch

 


SHARE
Previous articleLebih Dekat dengan Perfume Selama 10 Hari dalam Perfume Anniversary PPPPPPPPPP!
Next articleSiap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.