10 Tahun Lalu Martunis Jadi Korban Tsunami Aceh, Sekarang Jadi Pesepakbola Internasional

cover duniaku

Jadi korban tsunami Aceh, Martunis bangkit kembali dan kini jadi pesepakbola internasional!

26 Desember 2004 adalah saat bencana tsunami Aceh terjadi. Bencana akibat gempa di Samudera Hindia ini menewaskan 230.000 orang di 14 negara. Ibu dan dua saudara kandung Martunis menjadi korban tsunami Aceh ini. Martunis sendiri terdampar di pantai namun bertahan hidup selama 21 hari dan selamat karena berpegangan pada sebuah sofa dan meminum kubangan air. Ia diketemukan mengenakan seragam timnas Portugal dengan nama punggung Rui Costa.

tsunami aceh

Sebagian dari kita mungkin mengingat peristiwa tsunami Aceh ini. Konon Martunis yang terliput media internasional menarik perhatian Portugal. Saat itu Martunis berkata:

Kala itu saya tidak takut sama sekali. Saya masih ingin hidup untuk ketemu dengan keluarga saya kembali dan jadi pemain sepakbola

Hal ini menginspirasi FA Portugal untuk mendonasikan €40,000 untuk membangun kembali rumah Martunis. Bahkan secara khusus, pemain sepakbola internasional, Cristiano Ronaldo menjenguknya pasca tsunami Aceh dan menjadikannya anak angkat. Beberapa kali Ronaldo ke Aceh untuk menjenguknya dan mengajaknya ke markas Sporting Lisbon, klub dimana awal karier dimulai.

I believe that many adults would not even be able to deal with what he has gone through,We must respect him. His was an act of strength and maturity. He’s a special kid

– Cristiano Ronaldo

Ketika tsunami Aceh terjadi, Martunis baru berusia 7 tahun. Kini 10 tahun telah berlalu, dan sepertinya perkataan Cristiano Ronaldo memang tepat.

cristiano ronaldo (2) cristiano ronaldo (3) cristiano ronaldo (4) cristiano ronaldo (1)

1 Juli 2015, dengan mengenakan seragam home Sporting, Martunis diperkenalkan pada gala ulang tahun ke 109 Sporting Lisbon. Sporting Lisbon mengumumkan pemain baru untuk skuad U-19 mereka yaitu Martunis, bocah Indonesia yang selamat dari tsunami Aceh. Ia akan bermain di akademi muda di Alcochete – Tempat yang sama ketika Ronaldo memulai karirnya sendiri sebelum pindah ke Manchester United dan kemudian Real Madrid.

10 Tahun Lalu Martunis Jadi Korban Tsunami Aceh, Sekarang Jadi Pesepakbola Internasional

Semoga perjuangan hidup Martunis menginspirasi korban tsunami Aceh dan pesepak bola nasional

Abaikan

Ada yang sadar gak, baru saja bergabung, Martunis sudah punya fan chants (sorakan) spesial dari fans Sporting Lisbon? Jika kamu adalah pemain baru dan sudah punya fan chants, berarti kamu bukan sembarangan. Dan ini terjadi pada Martunis

martunis cristiano ronaldo (5) cristiano ronaldo (7)

Selamat berjuang Martunis, semoga ini menginspirasi para korban tsunami Aceh terdahulu serta bisa menginspirasi bibit-bibit muda Garuda Jaya untuk meniti karier sebagai pesepakbola internasional!


SHARE
Previous articleResmi, Gemscool adalah Publisher Tree of Savior Indonesia!
Next articleFoto-Foto Terbaru Batman V Superman Menunjukkan Lex Luthor dan Wonder Woman
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.