PS4 Kuasai 70% Market Share Eropa. Sony Juara Console Wars?!

PS4-dual-shock

Pertarungan konsol generasi ini mempertemukan Sony dan Microsoft dalam persaingan antara PlayStation 4 dan Xbox One. Tampaknya Microsoft memang harus berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Sony. Meski sudah menawarkan kebijakan penurunan harga, dari sisi penjualan Xbox One masih tertinggal dari Playstation 4. Sony sendiri mengaku sudah menjual lebih dari 22 juta unit di seluruh dunia dan terus berada di atas angin, bahkan mengklaim bahwa Playstation 4 mendominasi benua Eropa dengan rasio sekitar 70%-90%.

Sony Jadi Juara, PS4 Benar Benar Menguasai Pasar

Sony Hadirkan PlayStation Authorized Dealer, Toko Resmi PlayStation di Indonesia!

PlayStation Authorized Dealer, outlet resmi PlayStation telah hadir di Indonesia, termasuk di antaranya GS Shop, Play Inc., dan Terminal Game.
Baca Juga

Jim Ryan, yaitu presiden dari Sony Computer Entertainment Europe menyebutkan bahwa PS4 telah menjadi pemimpin pasar, terutama di tiap negara yang ada di benua Eropa. PS4 memiliki pangsa pasar lebih dari 70%, yang tentunya ini merupakan prestasi yang luar biasa. “Kami memiliki kepemimpinan pasar yang sangat signifikan,” ujar Ryan.

Sebagai pemimpin pasar dengan jumlah yang sangat signifikan ini, tentu saja memberikan keuntungan tersendiri. Sony tidak perlu lagi mencari cara untuk menarik gamer membeli PS4, sehingga bisa lebih fokus untuk mengembangkan game-game eksperimental, unik, dan niche, yang mungkin tidak akan memiliki performa penjualan fantastis.

Tahun lalu PS4 terjual sebanyak 2 juta unit di Inggris. Sementara itu Xbox One dari Microsoft sampai November 2014 baru mencatatkan penjualan sebanyak 1 juta unit di negara tersebut.

Memang Microsoft belum secara terang-terangan membuka angka penjualan global untuk Xbox One. Tapi laporan keuangan Sony terbaru menunjukkan bahwa sejak pertama kali dirilis, mereka telah berhasil menjual lebih dari 22,3 juta unit PS4 di seluruh dunia.

PS4 Belum Akan Turun Harga

Sony Konfirmasikan PlayStation 4 CUH-1200, Lebih Ringan dan Hemat Listrik!

Sony Konfirmasikan PlayStation 4 CUH-1200, Lebih Ringan dan Hemat Listrik! PlayStation 4 Slim, PS4 Slim, model baru PS4, PlayStation 4 Jailbreak
Baca Juga

Ryan juga menyebut bahwa momentum yang terus terjaga ini kemungkinan besar membuat Sony tidak segera mempertimbangkan penurunan harga PS4 dalam waktu dekat. Menjadi penguasa pasar adalah bukti bahwa konsumen merasa bahwa harga tersebut pantas untuk produk yang mereka dapatkan.

Seperti yang kita tahu, Sony akan segera merilis beberapa varian baru PS4, seperti PS4 CUH-1200 yang disebut-sebut lebih ringan dan hemat listrik. Sayangnya tampaknya kita harus bersabar untuk melihat Sony memangkas harga PS4 mereka.

 


SHARE
Previous articleSempat Mandek, Film Monopoly Akhirnya Dilanjutkan Lionsgate
Next articleGame Indie Berikut Ini Akan Merubah Pandanganmu
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.