Sosok Ibu Farida ‘RCTI OKE’ Kini Berjualan Gorengan dan Kue

RCTI OKE 1

Buat kamu semua yang terlahir pada awal tahun 90’an pasti ingat dengan iklan salah satu televisi swasta yang memperlihatkan pasar apung di Kalimantan. Di iklan tersebut terlihat seorang ibu yang sedang berjualan dengan wajah yang ceria sambil mengacungkan jempolnya mengarah ke kamera, adegan ini terlihat sangat sederhana tapi seakan memberikan kita kesan yang tidak terlupakan.

Banyak orang yang tidak tahu akan siapa sosok wanita ini, atau bagaimana kondisinya sekarang. Beliau bernama asli Farida, atau lebih akrab disapa Wan Sidin. Saat itu Ibu Farida ‘RCTI OKE’ tersebut hanya mendapat honor sebesar Rp. 40.000, Tv 14 Inch, dan uang 1,5 Juta untuk Beasiswa putrinya. Sosok Ibu Farida sekarang sudah terlihat menua dan sakit sakitan, ia  tidak lagi memberikan senyum ceria yang membangkitkan nostalgia kita.

Menurut seorang sumber bernama Iwan C. Ansari, Ibu Farida atau  yang saat ini lebih dikenal dengan nama Hajjah Farida sudah berumur lebih dari 60 Tahun, namun dirinya tidak mau mengatakan umur beliau yang sebenarnya. “Rumahnya bisa dituju dua jam lebih dari Kabupaten Tanah Laut. Kalau dari Bandara Syamsudi Noor, Banjarmasin, Sekitar 30 Menit” ujar Iwan saat ditanya tempat tinggal Hajjah Farida. Iwan sendiri mengenal beliau dari salah satu temannya yang tinggal di daerah Kabupaten Tanah Laut, tapi Iwan juga pernah mengunjungi beliau untuk sekedar berbicara mengenai masa lalu beliau.

RCTI OKE 2

Saat ini beliau tinggal dengan anak anaknya sambil berjualan kue dengan hasil yang seadanya. Namun, karena kendala usianya yang sudah tidak lagi muda, Hajjah Farida hanya dapat berjualan dirumah tidak lagi keliling atau berjualan sayur di pasar apung seperti dahulu. Iwan juga memperlihatkan foto kondisi Hajjah Farida sekarang. Sungguh terlihat sekali perbedaannya, sosok yang dahulu selalu menghiasi layar televisi dengan senyuman yang khas seakan terhapus oleh usia. “Kondisinya sekarang sakit sakitan karena sudah tua, cuma bisa beraktifitas di rumah” ungkap Iwan.

Sedih memang mengingat keadaan Hajjah Farida seperti sekarang. Seakan sudah terlupakan oleh waktu, beliau hanya dapat berjualan gorengan dan kue dibantu dengan anak anaknya hanya untuk bertahan dari hari ke hari. Iklan yang menampilkan sosok Ibu Farida tayang dari 24 Agustus 1996 hingga 24 Agustus 1998. Dan hingga saat ini sudah lewat 15 Tahun sejak pertama tayang iklan ini, maka tidak heran jika kondisi Hajjah Farida tidak lagi ceria seperti dulu. Mengingat honor yang didapat saat itu, beliau masih mampu untuk mensekolahkan anak anaknya hingga mereka lulus dan saat ini tinggal untuk merawat beliau dirumah. Sungguh suatu pelajaran yang berarti bagi kita semua, untuk tetap menjaga kesederhanaan dari hidup kita dan merendahkan diri. Semoga sehat selalu Hajjah Farida.

RCTI OKE 3

Bagaimana pendapat kamu tentang sosok Hajjah Farida? Masih ingatkah kamu dengan senyum khasnya yang dahulu setia menghiasi televisi kita? Berikan pendapatmu melalui kolom komentar yah!


SHARE
Previous articleFoto Naruto Terbaik Yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Lihat
Next articleKontroversi Drama Death Note Episode 1: Kira Wota Culun, L Anak Boyband?
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.