Spesifikasi OnePlus 2 Makin Gahar! Bikin Lupa Jika Asus Zenfone 2 Itu Ada!

Gambar sementara yang diduga OnePlus 2.
Gambar sementara yang diduga memperlihatkan desain OnePlus 2.

OnePlus 2, Android Virtual Reality Pertama!

OnePlus One 16 GB Dijual di Lazada Hari Ini! Spesifikasi OnePlus One 16 GB, Harga OnePlus One 16 GB, OnePlus One 16 GB Dijual, OnePlus One 16 GB Dirilis.
Baca Juga

Diantara banyak pengalaman penulis menggunakan smartphone yang memiliki spesifikasi flagship, hanya OnePlus One saja yang memuaskan dari sisi maksimalnya feedback pengoperasian (meskipun layarnya lebar), kamera Sony Exmor RS IMX214 dengan hasil memuaskan, speaker yang nendang dan juga baterai yang irit. Ya, saya juga mengalami masalah touchscreen yang sepertinya menjadi kutukan OnePlus One, yang konon tidak ada solusinya selain masuk ke service center, atau menjualnya dengan harapan pemilik berikutnya tidak aware masalah layar sentuh tersebut… hehe! Dan penulis yakin, banyak pengguna OnePlus One yang menantikan kehadiran penerusnya, OnePlus 2, yang rencananya diluncurkan 27 Juli mendatang, dengan harga diperkirakan di bawah US $450, atau sekitar Rp. 5 jutaan. Melanjutkan ulasan sebelumnya, dimana kita sudah mengetahui jika OnePlus 2 adalah smartphone pertama yang bakal terungkap melalui sebuah tayangan virtual reality, kami mendapatkan beberapa update baru spesifikasinya.

Ini Lho Flagship Killer dengan Harga Separuh Flagship!

OnePlus One Adalah Snapdragon 801 yang Harganya Hanya Separuh Dari Galaxy S5
Baca Juga

Sejauh ini, memang tak banyak informasi resmi yang diumumkan mengenai spesifikasi OnePlus 2. Selain pemakaian USB tipe C yang menjadikan OnePlus 2 alergi dengan kabel USB yang kalian miliki saat ini (namun ke depannya dia kompatibel dengan banyak perangkat berbasis USB tipe C), setidaknya info prosesor sudah terpublikasi. OnePlus memilih chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 v2.1, dengan  terpilih sebagai prosesor yang dipercaya mampu memaksimalkan performa produk andalan ini. Meskipun banyak yang melaporkan chipset terkuat Qualcomm tersebut mengalami masalah mudah panas dan overheat (bahkan hampir mencapai 700 celcius), tim OnePlus berkelit sudah mengantisipasinya dengan mengoptimalkan OxygenOS agar bekerja lebih baik menggunakan chipset prosesor tersebut.

OnePlus-2-4

Kembaran Oppo Find 7 Dijual di Indonesia!

Kembaran Oppo Find 7, OnePlus One Dijual di Indonesia! Xiaomi Mi4 dan Asus Zenfone Terancam!
Baca Juga

Selain itu, juga disebutkan jika OnePlus bakal mengimplementasikan thermal paste  (biasa juga disebut thermal gel, thermal compound, thermal paste, heat paste, heat sink paste dan heat sink compound), cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, yang berguna untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis, seperti yang biasa digunakan pada chipset desktop untuk mengurangi panas. Cara tersebut dipadukan dengan teknik yang sudah biasa diterapkan produsen ponsel, yaitu dengan memasang lapisan atau lembaran seperti graphite untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh komponen ponsel, khususnya prosesor.

Snapdragon 810 sendiri dibangun dengan arsitektur 64-bit, dan menggunakan prosesor octa-core dengan 4 inti Cortex-A57 dengan kecepatan 2.0 GHz dan 4 inti Cortex-A53 dengan kecepatan 1.55 GHz yang mendukung teknologi Global Task Scheduling (bisa bergantian aktif). Chipset dengan teknologi proses 20 nm HPm tersebut didukung dengan GPU Adreno 430 dengan kecepatan 650 MHz melalui 192 ALU, sehingga mampu menghasilkan kinerja mamsimal hingga 388.8 GFLOPS. Ok, jangan berpikir menyamai konsol game now-gen seperti PS4 dan XOne ya. Ukuran GPU XOne mencapai 1.2 TFLOPS, sedangkan PS4 mencapai 1.84 TFLOPS. Namun setidaknya Adreno 430 bisa dibandingkan dengan kemampuan grafis GPU Wii U yang hanya 352 GFLOPS. Mendukung kinerjanya, teknologi memory-nya pun juga 64-bit dual-channel dengan bandwidth 1600 MHz (25.6 GB/s). Chipset yang dipastikan juga mendukung koneksi 4G LTE tersebut telah digunakan di banyak smartphone dan tablet lainnya, seperti smartphone melengkung LG G Flex 2, Xiaomi Mi Note Pro, HTC One M9, ZTE Nubia Z9, Sony Xperia Z4 Tablet, ZTE Nubia Z9 Max, Sony Xperia Z4, hingga Sony Xperia Z3+ yang beberapa waktu lalu juga mulai dibuka pemesannya di Indonesia.

OnePlus-2-1

Sedangkan untuk USB Type-C, merupakan standar baru USB yang ukurannya masih sama dengan Micro-USB yang kita kenal umum saat ini. Hanya saja USB-C ini lebih cepat, dan lebih mudah digunakan. Keseluruhan fiturnya mungkin sudah ditawarkan port Lightning-nya Apple, seperti port USB-C yang bolak-balik, tidak perlu kuatir salah posisi saat kalian mau mencolokkan kabelnya, universal, serta secara teori mampu memberi laju data pada kecepatan maksimal 20 Gbps. USB-C juga mampu mengakomodasi daya sampai 100 W, sehingga mampi men-charge gadget lebih cepat, serta juga bisa menjadi jalur output video, dan itu memungkinkan gadget terbaru nantinya menampilkan visual 4K entah itu melalui mini DisplayPort atau adaptor HDMI.

Spesifikasi lainnya yang diduga bakal eksis dalam OnePlus 2 adalah sensor sidik jari, atau fingerprint reader. Sejauh ini belum terungkap dimana sensor ini bakal ditempatkan. Dan terakhir, yang terbaru, OnePlus memastikan jika flagship killer kedua mereka ini bakal menggunakan jatah RAM 4 GB, untuk pengalaman multitasking yang lebih halus.

Spesifikasi OnePlus 2
  • OS: Android L v5.1 (Lollipop)
  • Chipset: Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
  • Prosesor: Octa-core dengan 4 inti Cortex-A57 dengan kecepatan 2.0 GHz + 4 inti Cortex-A53 dengan kecepatan 1.55 GHz
  • GPU: Adreno 430
  • RAM: 4 GB
  • Konektivitas: USB Type-C
  • Fitur keamanan: Fingerprint Reader
  • Layar: LTPS LCD capacitive touchscreen, 16M warna, 5.5-inchi (71.9% rasio layar dengan panel depan), resolusi 1080 x 1920-pixel (kerapatan pixel 401 ppi), multi-touch 10 jari, dilindungi Corning Gorilla Glass 4
  • Kamera: 16 MP (5312 x 2988 pixel), 6 Lens Camera
  • Baterai: Li-Po 3200 mAh
  • Sensor: Accelerometer, Compass, GPS, A-GPS, GLONASS, Gyroscope, Ambient Light Sensor, Proximity Sensor, Finger Print Sensor

Sumber


SHARE
Previous articleProject Phoenix Gabungan RPG Jepang dengan RTS
Next articleNaruto Episode Terakhir, Naruto Gaiden 710 Tamat
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.